TREN MODE

Tren berbusana 90-an ala film Dilan 1990

Ilustrasi jaket ala Milea
Ilustrasi jaket ala Milea | Te9l /Shutterstock

Film Dilan 1990 yang tayang sejak 25 Januari 2018 masih beredar di bioskop. Film ini digarap dari novel Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 karangan Pidi Baiq.

Kisahnya soal percintaan sepasang remaja bernama Dilan (Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla) di bangku sekolah menengah atas. Kota Bandung menjadi setting cerita karena Pidi lahir dan tinggal di sana.

Hingga Selasa (6/2/2018), film tersebut telah menyedot sekitar empat juta penonton. Namun bukan cuma cerita yang disukai publik, melainkan juga tata busananya (h/t Liputan6.com).

Jaket varsity

Pada film ini, karakter Milea terlihat kerap memakai jaket model varsity berwarna kombinasi merah-putih. Sebelum Dilan 1990, film Grease juga pernah mempopulerkan jaket ini.

Menurut sejarahnya, varsity pada awalnya diperuntukkan bagi kalangan tim olah raga sekolah. Varsity memang terkesan lebih sporty, walau sepintas mirip jaket bomber.

Di Indonesia, jaket seperti ini tersedia di beberapa toko daring dengan harga mulai dari seratus ribuan rupiah. Sementara beberapa ritel asing seperti Forever 21 membanderolnya mulai dari Rp180 ribuan, Zara sekitar Rp500 ribuan, hingga Topshop sekitar Rp1 jutaan (h/t detikWolipop).

Jaket denim

Karakter Milea dan Dilan ditampilkan senang memakai jaket. Jika Milea memilih jaket varsity, Dilan identik dengan jaket denim (jin).

Uniknya, jaket denim yang jadi tren grunge pada era 90-an milik Dilan memiliki aksen berupa bahan corduroy cokelat pada bagian kerahnya dan tersemat emblem bendera Amerika Serikat di bagian lengan kanannya.

Di situs e-dagang seperti Shopee atau Lazada, Anda bisa menemukan jaket itu hanya dengan mengetik kata kunci "jaket Dilan". Harganya mulai dari Rp160 ribuan hingga Rp280 ribuan.

Syal

Karakter Dilan adalah bagian dari geng motor yang populer di Bandung era itu. Tak heran gaya berbusananya pun dibuat ramah untuk berkendara. Salah satu aksesori wajib Dilan kala konvoi dengan gengnya ialah mengenakan syal atau selendang (scarf) di leher.

Untuk bergaya dengan syal ini, Anda bisa meniru Dilan, Anhar dan teman-temannya. Misalnya, memadukan dengan setelan jaket denim atau jaket kulit dan celana panjang.

Sepatu Warrior

Bagi generasi sekolah pada era 90-an, sepatu bermerek Warrior boleh jadi tak asing di telinga. Demikian pula Dilan.

Sepatu ini merupakan buatan Tiongkok. Di negeri asalnya, sepatu berwarna hitam dengan aksen bagian depan berwarna putih ini mulai populer di kalangan anak sekolah pada pertengahan 80-an.

Sepintas desain dan bentuknya mirip Chuck Taylor keluaran Converse. Hanya saja harga Warrior jauh lebih murah, sekitar Rp100 ribuan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga pernah mengaku bahwa sepatu Warrior adalah merek sepatu favoritnya saat duduk di SMP (h/t Tribunnews).

Kaus band rock

Pada era 90-an, kaus bergambar band atau tokoh idola khususnya musik yang beraliran rock sangat digemari. Di film berdurasi dua jam ini beberapa kaus bergambar serupa juga sempat terlihat tampil di layar.

Pertama, ada kaus putih bergambar penyanyi sekaligus anggota band rock legendaris The Doors, Jim Morisson. Kaus ini dikenakan Milea dengan paduan celana pendek. Ada juga kaus hitam The Rolling Stones yang dikenakan oleh ibu Dilan (Ira Wibowo).

Tak hanya karakter di film Dilan, pesohor Hollywood Kendall dan Kylie Jenner pun pernah mengenakan kaus serupa. Sayangnya, kaus keluaran rumah mode besutannya, Kendall+Kylie, sempat tersandung masalah karena ia mendesain foto wajahnya di kaus dengan logo The Doors dan KISS.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR