Tren mewarnai untuk relaksasi

Buku mewarnai untuk orang dewasa yang sedang tren saat ini.
Buku mewarnai untuk orang dewasa yang sedang tren saat ini.
© Afrillia Dian

Mewarnai bukan hanya digemari oleh anak-anak, tetapi kini orang dewasa pun banyak yang mulai melirik aktivitas mewarnai. Bahkan, beberapa buku mewarnai yang memang diperuntukkan bagi orang dewasa kini laris manis di pasaran.

Mewarnai diyakini bisa membantu untuk mengurangi tingkat stres. Carl G. Jung pada awal abad 20-an, adalah psikolog pertama yang menerapkan tekni relaksasi, mewarnai. Carl G. Jung mendesain gambarnya sendiri mulai dari bentuk lingkaran hingga siku-siku segitiga menyerupai jendela-jendela gereja tua.

Carl G. Jung, seperti dipaparkan pada laman Huffington Post, mewarnai adalah salah satu cara mengaktifkan kedua belahan otak dan merangsang area otak yang berhubungan dengan keterampilan motorik, indera dan kreativitas.

Mewarnai bisa memberikan dampak kesehatan dan ketenangan jiwa. Pendapat ini dikemukakan oleh Gloria Martinez Ayala. Mewarnai bisa disebut sebagai latihan fokus, sebab membutuhkan konsentrasi dan membawa orang berimajinasi kembali ke masa kecil yang lebih banyak merasakan kegembiraan dan minim tingkat stres.

Sedangkan, psikolog Antoni Martinez merekomendasikan mewarnai sebagai langkah menuju ketenangan pikiran. "Saya anjurkan mewarnai sebagai teknik relaksasi. Karena saat memilih warna, suasana hati kita akan menentukannya. Saya sendiri berlatih dengan cara ini. Biarkan warna dan gerakan tangan mengalir saat hendak mewarnai," kata Martinez seperti dilansir Huffington Post.

Tren buku mewarnai untuk dewasa


Mengutip pendapat Dr. Erwin Kusuma SpKJ, hipnoterapis dari Klinik Prorevital dari laman Liputan6, bahwa tubuh yang sehat ditandai adanya keseimbangan kombinias warna pada aura. Mulai dari merah sampai ungu. Sehingga warna bisa mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang.

Mewarnai tidak hanya untuk bermanfaat untuk kesehatan, setidaknya ada tiga keuntungan yang bisa langsung dirasakan ketika mewarnai buku.

Tidak heran, tren menerbitkan buku mewarnai untuk dewasa berkembang pesat di Eropa dan Amerika. Begitu juga di Indonesia, di toko buku bisa ditemui buku mewarnai untuk orang dewasa. Bahkan, di Spanyol, bahkan melibatkan seorang kartunis terkenal, Forges untuk menyusun buku mewarnai.

Sebut saja, Johana Basford, kreator buku mewarnai orang dewasa yang sudah mengeluarkan banyak buku mewarnai untuk dewasa. Secret Garden dan Wonderlands yang penuh dengan illustrasi tentang Fairytale Forest (Hutan Dongeng).

Buku mewarnai yang terinspirasi dari pengalaman saat berkunjung ke rumah nenek sudah terjual lebih dari 4 juta kopi dan diterjemahkan ke dalam 14 bahasa di seluruh dunia.

Selain itu, beberapa buku mewarnai untuk orang dewasa yang dilansir dari Buzzfeed, Anda bisa koleksi.

Fancy Russian hard backed copies of #SecretGarden & #EnchantedForest landed on my desk today!

A photo posted by Johanna Basford (@johannabasford) on

Re-gram from the beautiful floral feed of @emilyquinton - love this photo (and those pencils!)

A photo posted by Johanna Basford (@johannabasford) on


Tip mewarnai buku

Untuk Anda yang mulai tertarik untuk mewarnai buku, dilansir dari 1health, ikuti langkah berikut ini.

1. Mulai dengan senyum. Karena bisa membantu meningkatkan produksi endorfin (hormon bahagia).

2. Pilih gambar yang sesuai dengan selera Anda.

3. Gunakan alat yang nyaman. Pilihlah pensil warna dan hindari terlalu fokus pada pemilihan warna yang rumit karena bisa membuat Anda stres.

4. Carilah tempat yang nyaman untuk mewarnai. Bila perlu, matikan gawai agar Anda bisa fokus mewarnai.

5. Fokus pada gerakkan berulang ketika mewarnai sambil menikmati suara goresan pensil warna.

6. Jangan berhenti sampai gambar selesai diwarnai.

Inside the adult coloring book craze
© Yahoo
MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.