Tren mode bagi para pencinta anjing

Anjing pun punya gaya
Anjing pun punya gaya | Aabeele /Shutterstock

Lupakan New York Fashion Week, pekan mode yang bertabur ragam pakaian mewah untuk manusia. Baru-baru ini, di New York, Amerika Serikat juga diadakan pekan mode tahunan untuk para anjing yang tak kalah gayanya, namanya Westminster Dog Show.

Vogue melansir, anjing-anjing ini tak hanya didandani agar terlihat lebih sehat namun juga agar tampak lebih bergaya. Seluruh bulunya dirapikan, tak sedikit pula yang dipakaikan aksesori dan baju agar terlihat menggemaskan.

Ya, mendandani anjing dan hewan peliharaan lain merupakan kesenangan tersendiri bagi pemiliknya. Tak puas hanya mendandani, mereka biasanya mengikutsertakan anjing-anjing ini ke kompetisi kecantikan atau peragaan busana.

Seiring dengan berkembangnya media sosial, mereka pun membuatkan akun khusus untuk sang peliharaan tersayang. Tak lupa mengunggah fotonya dengan beragam gaya dan pakaian keren, bahkan ada yang memakai koleksi perancang terkenal.

Tren pakaian anjing berawal dari zaman Mesir kuno
Tren pakaian anjing berawal dari zaman Mesir kuno | Tito Sigilipoe/Beritagar.id

Awal mula tren pakaian anjing

Tren ini berawal dari zaman Mesir kuno. Pada saat itu para pemilik hewan biasanya mendandani anjing atau kucing mereka dengan kerah khusus yang dibuat melingkari hewan peliharaan. Kerah ini dibuat dengan model dan motif tertentu, gunanya untuk menandai siapa pemilik hewan tersebut.

Pakaian anjing ternyata tak hanya bernilai estetika semata. Banyak juga yang benar-benar dapat melindungi anjing Anda.
Pakaian anjing ternyata tak hanya bernilai estetika semata. Banyak juga yang benar-benar dapat melindungi anjing Anda. | Tito Sigilipoe/Beritagar.id

Jenis baju

Kini pakaian untuk anjing tak lagi hanya sekadar kerah sederhana. Mirip dengan pakaian yang dikenakan manusia, pakaian untuk anjing pun kian beragam. Mulai dari baju terusan, gaun, jas bahkan pakaian tidur.

Pakaian ini ternyata tak hanya bernilai estetika semata. Banyak juga yang benar-benar dapat melindungi anjing Anda.

Namun jika Anda hendak memakaikan baju-baju tersebut ke anjing peliharaan, sebaiknya sesuaikan model baju dengan jenis anjing.

  • Baju tidur: All Womens Talk melansir, memakaikan baju tidur (piyama) ke anjing Anda akan membantunya tidur lebih nyenyak. Pakaian seperti ini cocok untuk anjing bertubuh kecil dengan bulu yang pendek.
  • Jaket: Sama seperti baju tidur, jaket juga akan membuat anjing merasa hangat. Namun untuk Anda yang tinggal di daerah panas dan lembap sebaiknya hindari memakaikan jaket agar anjing tetap merasa nyaman.
  • Jas hujan: Dog Lover's Book mengulas, membiarkan bulu-bulu anjing basah setelah mandi atau terkena hujan akan membuatnya mudah sakit. Memakaikan jas anti air ketika hujan akan melindunginya dari basah. Jangan lupa untuk kembali memastikan bulunya kering setelahnya.
  • Kaus, gaun dan jas: Anda bisa memakaikan kaus, gaun atau jas untuk anjing Anda sebagai penunjang gayanya.
Tak hanya bergengsi karena keluaran rumah mode ternama, namun koleksi ini juga menjamin kenyamanan anjing Anda karena dibuat dengan bahan berkualitas tinggi.
Tak hanya bergengsi karena keluaran rumah mode ternama, namun koleksi ini juga menjamin kenyamanan anjing Anda karena dibuat dengan bahan berkualitas tinggi. | Tito Sigilipoe/Beritagar.id

Koleksi para perancang mode

Tren pakaian ini pun menarik hati para perancang mode. Bustle melansir, beberapa perancang membuat khusus pakaian dan akesori untuk anjing.

Mereka adalah Louis Vuitton yang dikenal dengan tali kekang dan tas jinjing berlogo LV-nya, Gucci dengan kalung berbandul serta Ralph Lauren dengan koleksi baju hangatnya.

Tak hanya bergengsi karena keluaran rumah mode ternama, namun koleksi ini juga menjamin kenyamanan anjing Anda karena dibuat dengan bahan berkualitas tinggi.

Koleksi perancang kelas dunia tak masuk bujet Anda? Coba saja tengok beberapa situs yang menjual pakaian untuk hewan kesayangan Anda.

Misalnya saja Butik Doggy, Dogue atau akun instagram @warungbajuanjing. Tak hanya menjual ragam jenis pakaian yang lucu, toko-toko daring tersebut juga menjual aksesori unik seperti sepatu bot bahkan kereta dorong layaknya kereta bayi.

Setelah tampil keren dengan beragam jenis pakaian, tak ada salahnya mengikutsertakan anjing Anda di kontes kecantikan dan peragaan busana.
Setelah tampil keren dengan beragam jenis pakaian, tak ada salahnya mengikutsertakan anjing Anda di kontes kecantikan dan peragaan busana. | Tito Sigilipoe/Beritagar.id

Peragaan busana

Setelah tampil keren dengan beragam jenis pakaian, tak ada salahnya mengikutsertakan anjing Anda di kontes kecantikan dan peragaan busana. Beberapa kontes yang terkenal adalah:

New York Pet Fashion Show: Di acara ini, anjing dari berbagai jenis didandani secara total. Pakaian koleksi perancang dunia atau buatan sendiri semua bersaing di panggung titian. BuzzFeed melansir, tak sedikit pula pemilik yang berkostum serupa hewan peliharaannya.

Pet A Porte Harrods Fashion Show: Peragaan busana ini diadakan oleh pusat perbelanjaan terkemuka Harrods di London, Inggris sejak tahun 2002.

Collars & Coats: Bisa dikatakan, Collars & Coats termasuk yang paling mewah. Acara ini seringkali didukung oleh perancang kelas dunia seperti Vivienne Westwood dan Stella Mccartney. Tak hanya pamerkan hewan peliharaan, acara ini juga dibuat sebagai sarana pengumpulan dana.

Anjing pun punya akun Instagram. Mereka punya pengikut dengan jumlah fantastis.
Anjing pun punya akun Instagram. Mereka punya pengikut dengan jumlah fantastis. | Tito Sigilipoe/Beritagar.id

Bintang di media sosial

Karena banyaknya jenis pakaian, aksesori dan kontes yang dapat diikuti, banyak juga anjing yang akhirnya terkenal karena kemolekannya. Para pemiliknya pun tanpa ragu-ragu mengunggah foto-fotonya ke berbagai media sosial. Dalam waktu singkat hewan-hewan lucu berbulu ini dikenal banyak orang dan punya pengikut dengan jumlah fantastis.

@crusoe_dachshund dikenal akan kostum-kostumnya yang selalu mengundang tawa. Mulai dari kostum Batman dan Superman hingga kostum berbentuk T-rex.

@itsdougthepug termasuk anjing yang penurut. Ia cenderung diam saja jika dipakaikan baju. Pemiliknya seringkali membuatnya terlihat lucu dengan baju unik bahkan rambut palsu.

@bluestaffy perawakannya gagah dan kekar ala anjing Terrier pada umumnya. Karenanya pemiliknya menyesuaikan pakaiannya dengan memakaikan kalung atau sapu tangan yang diikat pada lehernya.

@tibbythecorgi mengundang perhatian banyak orang karena pakaiannya yang modis. Selain itu anjing berjenis corgi ini juga aktif mengikuti tren terkini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR