Trik mengakali penghasilan bulanan

MITRA: smart-money.co
Ilustrasi menyiasati penghasilan
Ilustrasi menyiasati penghasilan | focal point /Shutterstock

Pengeluaran bulanan tiap orang memang berbeda-beda. Namun, pengeluaran untuk cicilan kredit pemilikan rumah (KPR), makan, dan transportasi adalah pengeluaran yang acap kali menguras penghasilan bulanan.

Miliarder Grant Sabatier mencontohkan, 70% generasi muda di Amerika Serikat (AS) menghabiskan uangnya untuk tiga kebutuhan itu. Padahal, pengeluaran itu belum termasuk pajak, asuransi, dan lainnya. Bila Anda mengalami hal sama, Grant punya trik seperti dilansir Business Insider.

Perumahan

Bila 30% pendapatan bulanan habis untuk cicilan rumah, Anda tidak sendirian. Banyak anak muda mengalaminya. Bila Anda serius ingin memperbaiki struktur dan pengelolaan keuangan, coba hitung ulang atau negosiasi ulang dengan bank untuk membuatnya menjadi 25%.

Bila hal ini memungkinkan, ada sisa 5% bisa untuk dana pensiun atau investasi. Ingat, Warren Buffett sekalipun, tinggal di rumah yang nilainya hanya 0,01% dari total kekayaannya.

Transportasi

Setelah rumah, transportasi biasanya menjadi pengeluaran terbesar kedua. Hasil survei US Bureau of Labor Statistics pun mengungkap hal sama. Seringkali, besar cicilan mobil hampir sama cicilan rumah. Memiliki kendaraan pribadi dengan cepat mungkin menyenangkan.

Namun, sebisa mungkin, hindari mencicil mobil terlalu panjang. Kalau bisa, jangan lebih dari tiga tahun. Bila setelah menghitung ulang ternyata Anda bisa mencicil dengan waktu lebih pendek, sebaiknya tunda saja. Tunggu beberapa waktu dan bayar secara tunai, karena selisihnya akan sangat jauh.

Makan

Menurut hasil penelitian Business Insider, biaya makan bisa mencapai 43% total pengeluaran. Apalagi, bila Anda makan bukan lagi sekadar untuk kenyang, melainkan juga untuk gaya hidup dan gengsi. Maka, alokasi anggaran bisa bengkak.

Langkah termudah menekan biaya ini adalah tidak membeli sesuatu yang tidak penting seperti makanan ringan atau makanan manis. Anda juga tak perlu membeli suplemen atau vitamin. Mengapa? Karena hal tersebut bisa membuat pengeluaran bengkak.

Anda juga bisa menyimpan makanan dalam lemari pendingin. Lemari pendingin membuat aroma keaslian makanan berkurang tetapi kualitas makanan sama. Agar lebih hemat, Anda bisa membeli makanan, seperti buah-buahan sesuai musim agar lebih murah.

Berapapun penghematan yang bisa Anda lakukan, langsung sisihkan tabungan dan investasi pada masa depan.

MITRA: smart-money.co
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR