Waspada modus penipuan dalam transaksi digital

SPONSOR: BCA
Anda harus berhati-hati saat melakukan transaksi digital.
Anda harus berhati-hati saat melakukan transaksi digital. | Author /Shutterstock

Transaksi melalui platform digital terus meningkat. Menurut data yang dilansir The Nielsen Company, pada 2017 nilai transaksi pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) mencapai Rp4,7 triliun. Angka ini meningkat cukup tajam dibanding tahun 2016 dengan nilai transaksi Rp3,3 triliun.

Di satu sisi, besarnya angka transaksi digital di Tanah Air bisa memberikan celah berkembangnya kejahatan di dunia maya. Hal tersebut dapat dilihat dari munculnya beberapa jenis modus digital, seperti phising, skimming, dan hacking. Tujuan dari ketiga modus tersebut sama, yaitu menguras dana nasabah bank dengan cara berbeda.

Untuk tindakan antisipasi dan menghindari modus kejahatan di dunia digital saat melakukan transaksi online, Anda dapat melakukan beberapa langkah dalam menghindari “aksi perampokan” sebagai berikut.

Jangan sembarangan memberikan data pribadi

Bagi Anda yang gemar melakukan transaksi digital, berwaspadalah pada aksi phising. Istilah phising merupakan aksi yang dilakukan oleh sindikat dalam ranah digital untuk mengecoh nasabah bank agar mengirimkan data tanpa disadarinya. Aksi ini biasanya terjadi kepada penggunaan ATM, mobile banking, dan internet banking.

Modus ini biasanya menggunakan surel (surat elektronik) yang dikirim pelaku secara acak, sehingga siapa pun bisa menerimanya. Bila Anda mulai terkecoh dengan modus seperti ini, Anda dapat mengonfirmasi dengan menghubungi pihak resmi yang mengirimi surel tersebut.

Abaikan isi surel yang mencurigakan

Bila Anda mendapat kiriman surel yang tidak jelas asal-usulnya seputar pembaruan data atau transaksi, sebaiknya Anda mengabaikan isi pesan tersebut, terlebih Anda pernah menerima surel yang mencurigakan seperti surel spam. Pasalnya, pihak bank atau perbankan selalu meminta nasabah melakukan pembaruan hanya di kantor bank dan bukan melalui surel.

Jangan mengunduh tautan di dalam surel yang tidak dikenal

Bila Anda mendapat pesan di dalam surel untuk mengunduh tautan atau berkas yang tidak dikenal, jangan pernah membuka dokumen tersebut. Pasalnya, bila Anda melakukannya, dapat menginfeksi perangkat atau gawai Anda berupa penyebaran virus malicious software (malware).

Malware sendiri merupakan program untuk menduplikat data dan bisa terinstal di gawai Anda saat proses mengunduh selesai. Jika penyebaran virus malware sudah terpasang di perangkat Anda, “penjahat” online dapat leluasa mengintip data-data pribadi, termasuk data perbankan hingga kartu kredit.

Bila Anda memiliki kepedulian tinggi serta wawasan luas lebih seputar aksi kejahatan di dunia maya saat ini, Anda dapat menuangkan ide dan kreativitas dalam lomba komik Beritagar.id pada 11 April 2019.

Lomba Komik 2019 yang mengangkat tema "Dibikin Simpel dengan Teknologi Digital" ini terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya. Anda dapat mendaftar secara individu atau membentuk tim yang terdiri dari maksimal dua orang.

Bagi peserta yang memiliki karya komik terbaik, akan mendapatkan hadiah Apple Macbook Pro untuk pemenang utama. Selain itu, ada pula 5 unit Samsung Galaxy A7, 11 Tabungan Sakuku senilai Rp500 ribu, dan 5 unit Wacom Intuos CTL-4100WL Bluetooth Small.

Caranya mudah, peserta yang telah menyelesaikan desain komik dapat mengunggah materi lomba mulai dari 11 April sampai 15 Juni 2019. Untuk informasi lengkap dan ketentuan lomba, bisa Anda lihat pada tautan https://beritagar.id/lomba/komik.

SPONSOR: BCA
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR