Yang harus diperhatikan saat memilih asuransi kesehatan

Ilustrasi pendaftaran asuransi kesehatan.
Ilustrasi pendaftaran asuransi kesehatan. | Author /Shutterstock

Hindari membeli kucing dalam karung. Ketika memilih produk perlindungan berupa asuransi kesehatan untuk Anda dan keluarga, pastikan Anda telah mengulik manfaatnya terlebih dahulu. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena asal beli.

Bagi sebagian orang Indonesia, asuransi kesehatan masih dikategorikan sebagai kebutuhan tersier. Padahal, kesehatan menjadi modal utama dalam beraktivitas, terutama untuk mencari nafkah bagi para kepala keluarga. Mengingat vitalnya kesehatan tentu tidak ada salahnya jika saat ini posisi asuransi kesehatan mulai disejajarkan dengan kebutuhan kita terhadap makanan.

Ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih asuransi kesehatan untuk Anda dan keluarga di rumah.

Rekanan rumah sakit

Kehadiran asuransi kesehatan tentu diharapkan dapat membantu kebutuhan Anda dan keluarga akan fasilitas kesehatan yang diperlukan. Oleh karena itu, ketika memilih produk asuransi kesehatan pastikan perusahaan asuransi yang Anda pilih memiliki rekanan rumah sakit luas di seluruh Indonesia.

Rekanan rumah sakit yang luas menjadi penting pasalnya jika asuransi tersebut memberikan fitur cashless biasanya manfaat tersebut hanya bisa dirasakan saat Anda berobat di rumah sakit rekanan.

Fitur cashless

Selain jaringan rumah sakit rekanan yang luas, penting juga untuk memiliki asuransi kesehatan dengan fitur cashless. Fitur ini akan sangat membantu ketika ada anggota keluarga yang harus menjalani rawat jalan ketika Anda belum gajian atau tidak ada dana lebih saat itu.

Dengan fitur cashless, Anda cukup menunjukkan kartu kepesertaan kepada pihak rumah sakit saat akan berobat. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang jika biaya berobat masih berada dalam batas plafon.

Kemudahan reimbursement

Pastikan juga bahwa asuransi kesehatan yang akan Anda pilih memberikan kemudahan biaya penggantian jika Anda tidak berobat di rumah sakit rekanan. Manfaat penggantian biaya berobat umumnya diberikan jika Anda menjalani rawat inap atau rawat jalan di rumah sakit di luar jaringan. Beberapa asuransi memberikan kemudahan penggantian biaya berobat dengan menyediakan aplikasi. Kemudahan fasilitas digital seperti ini tentu bisa menjadi nilai lebih bagi Anda yang tidak punya waktu banyak.

Asuransi kesehatan konvensional atau syariah

Saat ini, Anda dapat memilih produk asuransi berdasarkan prinsip syariah ataupun yang konvensional. Hal yang membedakan antara asuransi kesehatan syariah dan konvensional adalah prinsip risk sharing yang memungkinkan kerugian dan keuntungan dirasakan bersama oleh nasabah dan juga perusahaan asuransi.

Salah satu produk asuransi kesehatan syariah yang memiliki rekanan rumah sakit luas serta memiliki fitur cashless adalah Asuransi Kesehatan Allisya Care dari Allianz. Asuransi Kesehatan Allisya Care merupakan produk asuransi kesehatan berbasis syariah yang memungkinkan peserta tolong-menolong dengan peserta lain melalui kontribusi yang dibayarkan untuk menghadapi suatu peristiwa yang tidak diharapkan.

Tak hanya itu, untuk urusan kemudahan penggantian biaya berobat, nasabah dapat mengajukan reimbursement melalui aplikasi EAZy Claim. Untuk informasi lebih lanjut tentang produk Allisya Care, Anda bisa mengeklik tautan berikut ini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR