PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Infografik: Indonesia ikut kongsi dagang terbesar dunia

Neraca perdagangan Indonesia dengan anggota negara RCEP.
Neraca perdagangan Indonesia dengan anggota negara RCEP. | Tito Sigilipoe /Beritagar.id

BEBAS | Indonesia akan segera bergabung dalam blok perdagangan bebas Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Negara-negara yang tergabung dalam RCEP ini yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalalam, Laos, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, India, Australia, dan Selandia Baru.

RCEP bakal jadi blok dagang terbesar di dunia setelah Trans-Pacific Partnership (TPP) kehilangan Amerika Serikat (AS). Kerja sama ini bakal meliputi 3,5 miliar penduduk dunia dengan total produk domestik bruto (PDB) gabungannya mencapai AS $49,5 triliun atau setara dengan 40 persen dari PDB dunia.

Lewat perjanjian ini, terdapat peluang menghilangkan hambatan perdagangan baik dari sisi tarif maupun non tarif. Meski, kemungkinan Indonesia hanya akan menjadi pasar perlu diantisipasi.

Dari 14 negara RCEP, Indonesia mampu mencetak surplus dagang terhadap 9 negara. Artinya, nilai ekspor yang dicatat Indonesia terhadap negara-negara tersebut lebih tinggi dibandingkan nilai impornya.

Tapi Indonesia juga perlu mewaspadai catatan defisit dagang dengan 6 negara anggota RCEP lainnya, terutama dengan Tiongkok, Singapura dan Thailand. Nilai impor Indonesia dengan negara-negara tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai ekspornya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR