TIP OTOMOTIF

Jangan sampai salah memilih ban motor

PAHAMILAH | Kode ban menentukan kenyamanan bahkan keselamatan Anda dalam berkendara.
PAHAMILAH | Kode ban menentukan kenyamanan bahkan keselamatan Anda dalam berkendara. | Kiagus Auliashah /Beritagar.id

Ban adalah bagian yang vital dari motor Anda. Oleh karena itu Anda harus cermat dalam memilih ban agar sesuai dengan spesifikasi motor dan fungsinya.

Semua ban memiliki serangkaian kode khusus yang menginformasikan spesifikasi ban tersebut. Anda harus bisa membaca kode ban agar tak salah pilih. Kode tersebut meliputi ukuran/dimensi, tahun produksi, ukuran tekanan angin (psi/pounds per square inch), dan rotasi kecepatan maksimal, serta ukuran berat beban, dan suhu maksimal saat ban berputar.

Cermat membaca kode ban pada motor, maka Anda telah melakukan langkah pertama untuk berkendara dengan aman. Banyak sekali kasus kecelakaan yang terjadi karena tak cermat ketika memilih ban pada motor, terlebih di musim hujan seperti ini. Komposisi ban dijelaskan oleh kode alfanumerik yang umumnya dicantumkan pada dinding ban bagian terluar.

Dan sebagai penopang bobot dan juga pedukung kinerja laju motor, jenis alur (kontur) ban merupakan bagian yang tak boleh dianggap remeh. Hal ini cukup penting untuk dicermati karena akan mempengaruhi kinerja pengendalian motor yang optimal.

Kali ini kami mencoba kembali memberikan informasi berupa infografik agar lebih mudah dicerna dan dipahami.

Catatan Redaksi: Infografik kami revisi karena dalam versi sebelumnya ada kesalahan dalam menjelaskan ketebalan ban dalam kode "150/60".

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR