Polri akan hadapi massa yang ganggu TPS

DIHADAPI | Polri dan TNI akan mencegat dan memulangkan rombongan dari luar Jakarta yang akan ke TPS Pilkada DKI. Jika perlu Polri akan memproses mereka secara hukum.
© Antyo /Beritagar.id

Terhadap maklumat Kepala Polda Metro Jaya yang melarang pengerahan massa ke tempat pemungutan suara dalam Pilkada DKI putaran kedua, Rabu besok 19 April, politikus Partai Gerindra Fadli Zon, yang juga Wakil Ketua DPR, berkomentar, "Kalau orang mau datang, gimana larangnya?"

Maklumat Kapolda Metro dikeluarkan bersama Ketua Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta dan Ketua Badan pengawas Pemilihan Umum DKI, kemarin (Senin, 17/4/2017).

"Yang salah itu mengganggu proses. Kalau kita mengawasi itu menegakkan hukum," kata Fadli (Detiknews, 17/4/2017). Gerindra juga akan mendatangkan orang ke TPS, serupa yang dilakukan PDIP. Tak jelas apakah mereka mendatangkan rombongan dari luar Jakarta.

Memang ada rencana pengerahan massa, apalagi dari luar Jakarta, ke sejumlah TPS dengan dalih mengawal pilkada DKI 2017 pada putaran kedua. Misalnya Tamasya Al Maidah, yang digerakkan Maret lalu, dengan aplikasi ponsel untuk pendaftaran.

Waktu itu Direktur Intelijen dan Keamanan Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Merdisyam mengatakan, pengamanan TPS sudah dilakukan oleh penyelenggara pilkada (RMOL, 29/3/2017).

Bahkan maklumat oleh kepala tiga lembaga menyatakan, "... sudah ada penyelenggara pemilukada yaitu KPU Provinsi DKI Jakarta dan Pengawas Pemilukada yang berwenang, yaitu Bawaslu DKI Jakarta dan jajarannya."

Kepala Polri Tito Karnavian sudah mengajak bicara panitia tamasya. Panitia bilang ingin memastikan pencoblosan berlangsung demokratis. Tak ke setiap TPS melainkan hanya TPS yang berpeluang dicurangi.

Maka Tito menegaskan, "Kalau sampai ada pengerahan massa yang terkesan intimidatif, maka Polri sekali lagi dengan diskresinya dapat melakukan penegakan hukum. Bahkan dalam bahasa yang lebih tegas, kami dapat amankan yang bersangkutan paling tidak 24 jam..." (Suara, 17/4/2017).

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.