Pukul 10.10: selamat pagi atau selamat siang?

WAKTU | Rentang waktu menentukan cara mengucapkan sapaan. Beda bangsa dan bahasa bisa berbeda pula caranya.
WAKTU | Rentang waktu menentukan cara mengucapkan sapaan. Beda bangsa dan bahasa bisa berbeda pula caranya. | Sandy Nurdiansyah /Beritagar.id

Cobalah Anda perhatikan cara telemarketer menyapa Anda sebelum menawarkan kredit tanpa agunan dan semoga tanpa angsuran. Atau simaklah cara operator menjawab telepon Anda. Begitu pun cara resepsionis dan satpamwan menyambut kedatangan Anda. Apa yang mereka ucapkan pada pukul 10.10? Sila lihat infografik.

Orang berbahasa Inggris boleh berkukuh bahwa sebelum pukul 12 siang adalah pagi. Mereka juga memiliki penggalan waktu, tanpa harus menjadikannya sebagai salam, yakni early morning (05.00 - 08.00) dan late morning (11.00 - 12.00).

Selain itu ada pula early afternoon (13.00 - 15.00) dan late afternoon (16 .00- 17.00), ditambah early evening (17.00 - 19.00).

Infografik di atas, perihal pembagian waktu bersalam untuk penutur bahasa Indonesia, merupakan hasil pengemasan ulang dari artikel pada 17/8/2014.

Ada cara berucap yang tak terangkut ke dalam infografik itu. Yakni "pagi menjelang siang" dan "siang menjelang sore". Beberapa penyiar radio mulai menyapakan selamat dengan menggunakan penggalan waktu seperti itu. Begitu pula salam melalui perpesanan ponsel.

Lalu pada pukul 01.15, petugas polisi yang menyetop kendaraan Anda untuk memeriksa surat-surat akan mengucapkan "selamat malam" atau "selamat pagi"?

Berbeda dari kelaziman bahasa Inggris, yang menganggap waktu selewat tengah malam adalah "good morning", bahasa Indonesia menempatkan rentang pukul 18.30 sampai 04.00 sebagai "selamat malam".

Bahasa Indonesia juga mengenal dini hari, namun jarang dijadikan salam. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, dini hari adalah "pagi-pagi benar (pukul 03.00-05.00)".

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR