Telegram: pengguna suka, pemerintah murka

NOSTALGIA | Di luar persengketaan apakah enskripsi dan privasi itu untuk orang baik atau teroris, nama Telegram mengingatkan sebagian, ya sebagian, warganet kepada layanan perpesanan lama yang telah punah pada awal abad ini
© Antyo /Beritagar.id

Masih soal aplikasi layanan perpesanan Telegram. Kalau pihak berwenang sulit memata-matai, karena penyedia layanan menjunjung privasi pengguna, silang sengketa akan berkepanjangan.

Tentu sedikitnya pengguna aktif tiap bulan menjadi tak relevan. Semester pertama 2007, Telegram kalah jauh dari WhatsApp, tak sampai sepersepuluhnya (Oratio). Soal enkripsi itulah yang jadi soal.

Di luar pasal enkripsi, bagi pengguna berusia 35 ke bawah, telegram sebagai nama layanan lama, bukan aplikasi ponsel sebangsa Facebook Messenger dan Line, hanyalah cerita. Cuma tuturan nostalgis generasi sebelumnya.

Telegram versi lama adalah bagian dari keterbatasan sarana komunikasi. Ketika muncul teknologi selular, dan kemudian SMS, telegram itu pun tak ekonomis lagi sehingga ditutup pada 1 November 2002.

Pendepak telegram adalah meluasnya pemilikan ponsel dan pembukaan SMS lintas operator. Sebelumnya, sampai 31 Juli 2001, SMS hanya bisa di antara sesama operator. Selain itu tentu meluasnya adopsi surel.

Sebagai layanan masa lalu yang tidak praktis, telegram yang biasanya cukup diantarkan oleh kurir Telkom, yang disebut Caraka, tetapi itu pun kadang masih harus dikirimkan melalui kantor pos. Blog Marcophily Indonesia menujukkan foto contoh.

LAMA | Pengiriman telegram dan penyampaian ke alamat tujuan bergantung jam buka kantor PT Telkom. Apalagi kalau ditambah dikirimkan melalui kantor pos.
© Marcophily Indonesia /marcophilyindonesia.wordpress.com

Sebagai bagian dari warisan perhubungan kawat, alamat kawat (cable address) masih dirawat oleh koran Kompas sebagai kode alamat: Kompas Jakarta. Serupa dengan kota pos yang juga masih dipiara: P.O. Box 4612. Dalam boks redaksi juga masih ada nomor Giro Pos (A-13.444).

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.