PARTAI POLITIK

Kartun: Surya Paloh melantik diri, safari ke oposisi

Ketua Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh menemui ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman. Padahal Nasdem mitra partai koalisi pendukung pemerintah, sedangkan PKS adalah oposisi.
Ketua Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh menemui ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman. Padahal Nasdem mitra partai koalisi pendukung pemerintah, sedangkan PKS adalah oposisi. | Salni Setyadi /Beritagar.id

SAFARI| Hari ini (11/11/2019), Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh melantik dirinya sendiri pada acara Kongres II partai 8 sampai 11 November di JIExpo, Jakarta.

"Saya melantik diri saya sendiri beserta semua pengurus DPP," kata Surya Paloh. Di kongres tersebut Paloh mengangkat anaknya sendiri Prananda Surya Paloh sebagai ketua Koordinasi Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu).

Partai Nasdem adalah mitra koalisi pendukung pemerintah. Namun belakangan Nasdem menggelar safari ke sejumlah partai oposisi Jokowi. 30 Oktober lalu saat Nasdem menggelar pertemuan dengan para elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Surya Paloh memeluk Presiden PKS Sohibul Iman dengan akrab.

Presiden Jokowi pernah menyindir keakraban itu, "Saya tidak tahu maknanya apa. Tetapi rangkulan itu tidak seperti biasanya. Tidak pernah saya dirangkul oleh Bang Surya seerat dengan Pak Sohibul Iman."

Setelah jumpa PKS, akhir November 2019 ini Partai Nasdem akan bersafari mengunjungi Partai Amanat Nasional (PAN). "Rencana dengan PAN di akhir November, tapi itu pun dalam rangka silaturahim kebangsaan juga ya. Ini tidak ada juga disebut poros-porosan tidak ada kita belum terpikir sejauh itu," ujar Ketua DPP Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR