KORUPSI KORPORASI

Kartun: Uang sepanjang Cawang-Mojokerto, melampaui Menara Eiffel

Kokos Jiang alias Kokos Leo Lim mengembalikan Rp 477 miliar terkait korupsi batu bara.
Kokos Jiang alias Kokos Leo Lim mengembalikan Rp 477 miliar terkait korupsi batu bara. | Salni Setyadi /Beritagar.id

PANJANG| Sore ini (15/11/2019) Kejaksaan Agung menerima uang tunai hasil korupsi Kokos Jiang alias Kokos Leo Lim sebanyak Rp 477 miliar. Detik menulis, bila dijejer memanjang, uang itu sejauh jarak Cawang, Jakarta hingga Mojokerto, Jawa Timur (720km). Bila ditumpuk akan setinggi 477 meter, melampaui Menara Eiffel (324m) dan Petronas (451m).

Jaksa Agung ST Burhanuddin menunjukkan tumpukan uang tersebut, namun tidak semuanya, hanya Rp100 miliar, supaya ruangan tidak banjir duit.

Kokos adalah Direktur Utama PT Tansri Madjid Energi (PT TME), divonis atas kasus korupsi dalam perjanjian kerja sama dengan PT PLN untuk proyek pengadaan batu bara. Kokos mengatur sedemikian rupa agar penambangan batu bara jatuh kepada perseroan. Uang negara sebanyak Rp 477 miliar pun mengalir ke rekeningnya.

Kejati lalu menyidik Februari 2018, ditemukan Kokos melakukan serangkaian perbuatan yaitu tidak melakukan desk study dan kajian teknis, melakukan pengikatan kerja sama jual-beli batu bara yang masih berupa cadangan serta membuat kerja sama tidak sesuai spesifikasi batu bara yang ditawarkan.

Mulanya Kokos divonis bebas oleh Pengadilan Tipikor Jakarta (13/6/2019). Jaksa tidak terima dan mengajukan kasasi. Pada tanggal 17 Oktober 2019, MA memvonis Kokos Jiang alias Kokos Leo Lim bersalah melakukan tindakan pidana dan dihukum 4 tahun penjara.

Soal dari mana asal uang sebanyak itu, Kajati DKI Warih Wardono menjawab, "Uangnya berasal dari mana? Kita tidak mengetahui, yang penting yang bersangkutan mengembalikan dan disetorkan kepada rekening titipan Kejaksaan Tinggi Jakarta."

Selanjutnya uang disetor ke kas negara hari ini melalui Sistem Informasi PNBP Online atau Simponi.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR