Jajanan tradisional yang tetap digemari

Jajanan pasar tradisional yang selalu bikin kangen Indonesia.
Jajanan pasar tradisional yang selalu bikin kangen Indonesia. | shutterstock.com

Indonesia yang menghasilkan rempah tidak hanya membuat kuliner asal Indonesia beraneka ragam. Tetapi juga menghasilkan kudapan tradisional juga beraneka rasa dan bentuk.

Rasa yang enak dan gurih dengan memakai bahan alami dan pengelohan ala industri rumahan, membuat aneka jajanan pasar ini tetap memiliki penggemar setia. Berikut jenis kue pasar yang masih bisa Anda temui di pasar tradisional.

Klepon

Jajan pasar,klepon & cenil,makanan kenangan masa kecil,waktu masih di desa. #jajananpasar #jajananindonesia #jajananmurah #cenil

A photo posted by without You i'm nothing (@yennymardiany) on

Kue berisi gula merah yang terbuat dari tepung beras ketan ini memang masih menjadi incaran pengemar kuliner nusantara. Bentuknya yang seperti bila-bola kecil dengan warna hijau yang terbuat dari campuran air daun suji ini memberikan aroma khas pada klepon. Tip untuk Anda, sebaiknya klepon dilahap bulat-bulat.

Cenil

Jajanan pasar ini mirip dengan klepon. Karena bahan sama-sama terbuat dari tepung kanji dan disajikan dengan parutan kelapa. Menariknya, kue pasar ini kerap kali disajikan dengan berbagai warna yang menggugah selera. Anda tidak perlu khawatir, karena cendil menggunakan perwarna makanan. Cenil biasanya disajikan dengan ketan hitam.

Onde-onde

Onde-onde yang renyah  cocok untuk camilan sore.
Onde-onde yang renyah cocok untuk camilan sore. | shutterstock.com

Kue berbentuk bulat asal Mojokerto ini memang popular hingga sekarang. Awalnya onde-onde berisi kacang hijau tapi Anda juga bisa menikmati onde-onde dengan modifikasi isi, seperti keju atau kacang merah.

Kue putu

Kue putu lebih mudah dijumpai di sore hari hingga malam. Penjual kue putu identik dengan suara siulan nyaring. Kue putu terbuat dari tepung beras yang berisi gula merah. Tidak heran kalau kue putu memiliki tekstur yang lembut. Penambahan kelapa parut, membuat kue putu terasa gurih. Kue putu lebih enak dikonsumsi selagi hangat.

Lemper

Lemper terbuat dari ketan yang berisi suwiran daging.
Lemper terbuat dari ketan yang berisi suwiran daging. | shutterstock.com

Jenis jajanan pasar dengan nama lemper ini terbuat dari ketan. Umumnya ketan berisi abon atau suwiran daging ayam. Untuk lemper yang otentik, biasanya dibungkus dengan daun pisang. Lemper yang enak adalah lemper yang legit.

Kue lapis

Instanusantara & ManaIndonesiamu Of The Day 2015-02-01 yaitu @puji_nandangwuyung --- Kue Lapis merupakan salah satu #Jajanan pasar yang cukup terkenal dan banyak diminati masyarakat, seperti Kue Lapis Beras Batik ini salah satu contohnya. Jajanan khas #Indonesia yang berbahan dasar tepung beras ini, selain memiliki keunikan bermotif #batik, jajanan ini juga memiliki cita rasa yang gurih dan manis yang cukup menggugah selera. Sebenarnya cukup banyak sekali variasi dari resep kue basah ini yang banyak di jumpai di pasar atau toko kue, seperti Kue Lapis Tepung Beras, Kue Lapis Tapioka, Lapis Sagu, Kue Lapis Susu, Kue Lapis Legit atau yang lainnya. --- Resumed by #INSTANUSANTARA IOTD & @ManaIndonesiamu Team --- Selamat @puji_nandangwuyung berhasil menjadi pemenang dalam challenge #ManaIndonesiamu. Kirimkan data diri kamu ke email : [email protected] (Nama, No HP, fotokopi KTP, Alamat) --- Ayo tunjukin #ManaIndonesiamu dan dapatkan hadiah harian voucher MAP 100.000 dan GRAND PRIZE : Go Pro Hero4 & iPad Mini --- Upload foto yg menunjukkan indah & megahnya Indonesia dgn pilihan tema dibawah ini: #JelajahIndonesiaku #JajananIndonesiaku #BudayaIndonesiaku --- Foto HARUS disertai caption berikut: #manaIndonesiamu #instanusantara Challenge. @manaIndonesiamu @instanusantara <HASHTAG TEMA>. --- Follow us: www.manaindonesiamu.com Instagram: @ManaIndonesiamu Twitter: @ManaIDmu Facebook: facebook.com/ManaIndonesiamu --- Kegiatan Instanusantara @instanusantarafeed --- Instanusantara Regional: @instanusantaraBali @instanusantaraBandung @instanusantaraDIY @instanusantaraGorontalo @instanusantaraJakarta @instanusantaraKepri @instanusantaraKuningan @instanusantaraMedan @instanusantaraManado @instanusantaraMalang @instanusantaraPalu @instanusantaraSemarang @instanusantaraSulawesi @instanusantaraSurabaya --- NOTE !! Karya foto yang akan dinilai oleh Team, adalah jika di Share Via Twitter dan Tidak di TAG ulang (RETAG#)

A photo posted by #INSTANUSANTARA (@instanusantara) on

Sesuai dengan namanya, jajanan pasar ini memang memiliki lapisan dengan pola warna berbeda. Kudapan khas Indonesia ini terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna makanan. Rasanya kue lapis ini manis.

Nagasari

Kue yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan dan gula ini memang selalu menggugah selera. Ciri khas kue nagasari ini adalah isinya yang berupa pisang. Anda bisa menggunakan pisang raja atau pisang tanduk. Biasanya nagasari dibungkus dengan daun pisang. Rasanya manis dan gurih.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR