Ilustrasi penggunaan Twitter
Ilustrasi penggunaan Twitter Pixabay

Kilas balik 10 tahun Twitter

Banyak momen bersejarah di dunia telah dibagikan di Twitter. Berikut 10 akun dan momen di antaranya, tanpa bermaksud mengabaikan hal penting lainnya.

Perjalanan Twitter dimulai pada 21 Maret 10 tahun lalu dengan sebuah Tweet dari CEO Twitter, Jack Dorsey (@jack ). Sejak saat itu, orang di seluruh penjuru dunia saling terhubung dengan berbagai hal yang menarik minat mereka, di berbagai momen dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Banyak momen bersejarah di dunia telah dibagikan di Twitter. Beberapa di antaranya adalah kicauan pertama dari luar angkasa oleh Astronot TJ (@astro_tj ) pada 2010, meninggalnya Nelson Mandela (2013) yang menghasilkan 95.000 kicauan per menit, hingga kemenangan Leonardo DiCaprio (@LeoDicaprio ) di ajang Oscar pun yang menembus 440.000 kicauan per menit, memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Ellen DeGeneres saat melakukan selfie di Oscar tahun 2014.

Sementara itu di Indonesia, Twitter telah menjadi bagian tak terpisahkan dari interaksi masyarakat sehari-hari. Dari kisah gerakan pengumpulan #KoinUntukPrita bagi Prita Mulyasari (@pmulyasari ) pada 2009, hingga gerakan #DemiMetallica dari para penggemarnya yang melakukan jual-beli barang pribadi demi dapat membeli tiket konser Metallica kedua di Indonesia.

Dukungan untuk penyelamatan Komisi Pemberantasan Korupsi melalui tagar #SaveKPK pada 2015 lalu gaungnya bahkan mendunia. Begitu pula saat masyarakat Indonesia berbagi momen detik-detik terjadinya Gerhana Matahari Total #GMT2016 dengan lebih dari 500.000 kicauan. Baik momen-momen besar maupun momen lain yang terjadi setiap hari, masyarakat Indonesia dengan semangat membagikannya melalui Twitter.

Memasuki tahun ke-10 ini, masyarakat di Indonesia juga diajak melakukan kilas balik dan berbagi tentang momen-momen apa saja yang menjadikan perjalanan mereka di Twitter berkesan melalui tagar #KarenaTwitter. Dari bertemu idola, menambah teman baru, melahirkan karya baru, hingga bertemu pasangan hidup.

"Satu dekade sudah Twitter menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia; untuk saling berbagi keseruan, momen, serta informasi yang menghubungkan semua pengguna kami di negara ini," kata Country Business Head, Twitter Indonesia, Roy Simangunsong.

"Kami tidak akan menjadi seperti saat ini tanpa mereka. Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang sudah diberikan. Kepercayaan para pengguna menjadi penyemangat bagi Twitter untuk selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia; kemarin, hari ini, hingga 10 tahun yang akan datang," lanjut dia.

Wakil Presiden bagian Media untuk kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika Utara, Rishi Jaitly (@rsjaitly), menyampaikan betapa penting Indonesia bagi Twitter. Ia pun berterima kasih pada jutaan pengguna mikroblog itu di Indonesia, yang aktif terhubung satu sama lain. Twitter, menurut Rishi, akan tetap menjamin suara orang Indonesia terdengar ke seantero dunia.

"Indonesia adalah salah satu pasar Twitter paling top di dunia. Twitter kini menjadi penghubung antarbudaya yang beragam di Indonesia, bagian dari kehidupan sehari-hari warga, dan juga menjadi jendela dunia," ujarnya.

Selain mengenai momen penting di linimasa Twitter, bekerja sama dengan Twitter Indonesia, redaksi menyepakati akun-akun yang dinilai punya peran penting di komunitas, yang akan diangkat dalam rangka ulang tahun Twitter kali ini. Lagi-lagi, dengan tidak mengabaikan momen dan pelaku lain yang juga penting, namun tak terangkut dalam artikel ini.

Berikut ini adalah sekilas perjalanan Twitter di Indonesia, yang akan disajikan dalam dua topik besar: akun-akun yang dinilai sukses memanfaatkan Twitter untuk publik, dan momen atau peristiwa yang ramai dipercakapkan. Sesuai tema ulang tahun Twitter kali ini, yang dibungkus dalam tagar #KarenaTwitter.

Untuk kenyamanan membaca, disarankan mengakses salindia berikut melalui peramban Chrome atau yang berteknologi setara.

Tim penyelamat terlihat seperti titik berwarna orange di sekitar kawah Gunung Merapi, Senin, 18 Mei 2015.
Tim penyelamat terlihat seperti titik berwarna orange di sekitar kawah Gunung Merapi, Senin, 18 Mei 2015. | Ahmad Rafiq /Tempo/STR

Twitter sebagai media sosial juga punya peran besar dalam menggerakkan massa. Di Indonesia, banyak pengguna memanfaatkan Twitter untuk menyatukan berbagai individu yang memiliki tujuan yang sama.

Dari sekian banyak akun yang tersebar, Redaksi Beritagar.id bersama Twitter Indonesia memilih 10 akun yang dinilai layak disebut sebagai akun-akun dengan peran penting. Sederhananya, kami sebut sebagai "Twitter Heroes". Akun-akun ini punya dampak positif, selain membagikan informasi penting dan dapat dipercaya, juga berhasil membangun komunitas.

Tentu saja, pilihan ini tanpa mengabaikan akun lain yang punya peran serupa, namun tak terangkut dalam daftar. Pun dalam daftar di bawah ini, tak diurutkan berdasarkan siapa yang paling berperan, melainkan ditampilkan secara acak.

@Blood4LifeID (101 ribu pengikut)

Sesuai dengan namanya, akun @Blood4LifeID merupakan tempat untuk saling berbagi informasi mengenai donor darah, juga sebagai tempat bagi orang yang membutuhkan darah. Akun yang dibuat sejak Maret 2010 dan diikuti oleh 101 ribu penggguna ini tergolong aktif dalam memberikan dan menyebarkan informasi, bahkan menyediakan informasi nomor telepon dan alamat surel bagi pengguna yang membutuhkan pertolongan.

Tidak sekadar akun Twitter, @Blood4LifeID juga memiliki situs terdedikasi yang terus dikembangkan untuk mendata pendonor sukarela, guna kebutuhan darah tertentu jika ada yang membutuhkan. Akun ini sangat berperan pada momen penting seperti libur lebaran, saat pasokan darah biasanya lebih sedikit dari biasanya.

@nebengers (91,1 ribu pengikut)

Transportasi masih menjadi penarik perhatian di ibukota seperti Jakarta. Akun Twitter @Nebengers hadir sebagai salah satu solusi untuk mendapatkan transportasi yang murah dan nyaman. Akun yang dibuat pada Desember 2011 dan kini telah diikuti lebih dari 90 ribuan pengguna ini menawarkan konsep 'nebeng' dengan imbalan tertentu yang sudah ditawarkan sebelumnya.

Biasanya pengguna yang ingin nebeng atau yang ingin memberikan tebengan akan memposting kicauan dengan tagar #CariTebengan atau #BeriTebengan, berikut informasi rute, waktu, dan imbalan yang diharapkan. Akun Twitter @nebengers kemudian memberikan retweet, agar kicauan tersebut mencapai ke pengguna yang lebih luas.

Akun ini juga mengembangkan sayap dengan menyediakan situs dan aplikasi guna melindungi privasi pengguna sehingga mereka tidak perlu saling membagikan nomor telepon. Mereka percaya, perjalanan ke kantor atau luar kota menjadi lebih menyenangkan, hemat biaya dan aman.

@TMCPoldaMetro (5,28 juta pengikut)

Akun resmi milik Polda Metro Jaya ini dibuat pada September 2009. Meskipun sebagian besar informasi yang diberikan hanya relevan untuk warga di Jakarta dan sekitarnya, namun akun yang memilki pengikut 5 jutaan ini berjasa menyebarkan informasi mengenai keadaan lalu-lintas secara langsung.

Karena diurus langsung oleh pihak Polda, terlebih dengan diberikannnya centang biru penanda bahwa akun tersebut merupakan akun resmi, membuat @TMCPoldaMetro sebagai akun Twitter yang paling banyak memiliki pengikut dalam daftar ini.

Tidak melulu membagikan informasi atau kejadian terkini, sesekali admin @TMCPoldaMetro juga membagikan peringatan disertai contoh bila pengguna jalan lalai dalam berlalu-lintas.

@fiksimini (204 ribu pengikut)

Apakah mungkin bercerita dengan 140 karakter? Akun Twitter @fiksimini mewujudkan dan membuktikan hal tersebut. Akun yang dibuat Maret 2010 ini menjadi ajang kreatifitas bagi pengguna yang menyukai cerita fiksi sekaligus menjadi tantangan bagaimana cara menyampaikan sebuah cerita dengan jumlah karakter yang terbatas.

Buktinya cukup banyak pengguna yang menyukai konsep tersebut. Sudah ada sekitar 200 ribuan pengikut yang secara aktif menceritakan kisah fiksi mereka, dan diretweet oleh akun Twitter @fiksimini.

@_TNIAU (58,9 ribu pengikut)

Tidak seperti kesan yang ditimbulkan oleh lembaga yang menaunginya, TNI Angkatan Udara, akun Twitter @_TNIAU tampil renyah di linimasa. Belakangan, akun ini menjadi favorit netizen lantaran pola interaksi yang dijalankannya mengundang simpati.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Dwi Badarmanto, kepada Detikcom, mengatakan akun ini adalah kerja organisasi yang sifatnya kedinasan. Ia memastikan, admin @_TNIAU adalah prajurit aktif TNI AU, anak gaul, mengikuti perkembangan zaman, dan melek digital. Selain itu, sosoknya disebut sebagai prajurit yang sabar dan punya selera humor tinggi.

Berbagai pertanyaan dari tweeps dijawab dengan tenang, dan tak jarang mengundang senyum. Mulai dari pertanyaan serius, hingga pertanyaan guyon, diladeninya. Bahkan saat TNI diserang dengan berbagai isu, akun ini sanggup meladeninya dengan "kepala dingin". Karakter ini yang rupanya mengundang simpati publik. Dari akun ini, lembaga negara serupa bisa belajar kiat menghadapi publik di linimasa Twitter.

@Sutopo_BNPB (18,2 ribu pengikut)

Sutopo Purwo Nugroho adalah Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Ia memasuki dunia Twitter mulai September 2011. Sutopo sering menginformasikan kondisi terakhir jika sedang terjadi suatu bencana di Indonesia, dan secara aktif menyampaikan kegiatan penyelamatan oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah).

Akun yang kini memiliki 18 ribuan pengikut ini juga sering memposting perkembangan BNPB serta kesiapannya untuk menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Saat bencana kebakaran hutan melanda Sumatera dan Kalimantan pada 2015 lalu, akun ini pun tak jarang mengkritik respons pemerintah.

Dari akunnya bisa didapat penjelasan gamblang tentang bencana-bencana yang terjadi di Indoensia. Mulai dari longsor, banjir, gunung meletus, hingga gempa yang berpotensi tsunami. Tak jarang bisa ditemukan foto-foto petugas yang sedang berjibaku melakukan penyelamatan,

@GanjarPranowo (594 ribu pengikut)

Ganjar Pranowo merupakan Gubernur Jawa Tengah yang telah menjabat sejak 23 Agustus 2013. Untuk akun Twitternya mulai aktif sejak Januari 2010, kini sudah memiliki pengikut sebanyak 590 ribuan. Melalui akun ini Ganjar secara aktif dan terbuka menjawab segala pertanyaan yang masuk.

Terlihat Ganjar menciptakan hubungan yang dekat, transparan, dan terjun langsung ke masyarakat, sehingga aspirasi dan tanggapan yang masuk dapat langsung diketahui dan ditindaklanjuti. Tidak heran Ganjar sering disebut sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia. Akun ini merupakan salah satu dari beberapa akun pejabat pemerintah yang mendapat respon cukup besar dari publik.

@KRLMania (54,9 ribu pengikut)

Bagi Anda pengguna transportasi Kereta Rel Listrik (KRL) pasti ingat akun Twitter yang berdiri sejak November 2009 ini. Akun ini secara aktif menginformasikan, menjawab, dan me-retweet kicauan yang masuk yang berkaitan dengan KRL. Baik tentang keadaan stasiun, kondisi kereta, hingga gangguan yang berujung ke telatnya jadwal kereta.

Dengan pengikut sekitar 54 ribuan, @KRLMania menjadi sebuah wadah para pengguna untuk saling berbagi informasi di lapangan secara langsung. Akun ini menjadi tempat komunitas pengguna KRL berbagi dan berdiskusi seputar Layanan KRL Jabodetabek-Serpong dan permasalahannya, serta pengetahuan tentang perkeretaapian pada umumnya.

@akademiberbagi (115 ribu pengikut)

Akun Twitter @akademiberbagi merupakan sebuah akun yang mewadahi siapapun untuk berbagi ilmu. Seperti tertulis di situs resminya, gerakan yang dimulai sejak Juni 2010 ini adalah kelas belajar gratis tentang berbagai hal: menulis, fotografi, jurnalistik, advertising, atau komunikasi.

Semua kelas dibebaskan dari biaya alias gratis. Peserta tidak dipungut biaya, guru tidak dibayar, tempat juga meminjam. Semua dilatari semangat berbagi, sesuai slogannya, "Karena berbagi bikin happy".

Akun dengan pengikuti lebih dari 100 ribuan ini memiliki banyak jejaring di berbagai kota di Indonesia, seperti Medan, Palembang, Jambi, Bandung, Solo, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Malang, Balikpapan, Makassar, Ambon, Ende, dan Madura. Secara periodik Akademi Berbagi memberikan informasi terakhir atas kegiatan-kegiatan yang dilakukan di daerah.

@JalinMerapi (112 ribu pengikut)

Jaringan Informasi Lingkar Merapi (JALIN Merapi) merupakan tempat disampaikannya informasi-informasi tentang aktivitas Gunung Merapi dan kehidupan warga sekitarnya. Akun ini mengandalkan informasi langsung dari lapangan, dari dan oleh masyarakat, bersama jaringan relawan. Akun Twitter @jalinmerapi dibuat pada 25 Oktober 2010, dan kini sudah memiliki pengikut 112 ribu.

Menurut penjelasan di situsnya, jejaring ini telah terbangun sejak tahun 2006, digagas oleh tiga radio komunitas di Kemalang, Klaten (Lintas Merapi FM), Selo, Boyolali (MMC FM), dan Dukun, Magelang (K FM), bersama beberapa lembaga swadaya masyarakat yang menaruh perhatian serupa. Selain di Twitter, JALIN Merapi dapat diakses melalui website, Facebook, SMS Gateway, radio komunikasi, telepon, dan beragam kegiatan tatap muka di lapangan.

Saat tanggap darurat Merapi pada 2010, jaringan ini semakin luas, dan punya peran penting dalam menginformasikan bencana terkait Gunung Merapi. Gunung ini salah satu gunung api teraktif di Indonesia, terletak di wilayah administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR