3 motor baru mulai unjuk gigi di pasar nasional

Yamaha Aerox saat diperkenalkan di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2016 di JCC, Jakarta.
Yamaha Aerox saat diperkenalkan di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2016 di JCC, Jakarta. | Mustafa Iman /Beritagar.id

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) baru saja merilis angka penjualan jenama-jenama yang menjadi anggotanya untuk periode Februari 2017. Dari data tersebut, tiga motor yang baru dirilis pada awal tahun ini --Yamaha Aerox 155VVA, Suzuki GSX Series, dan Kawasaki Versys-X 250-- bisa dibilang mencapai hasil yang menggembirakan.

Skuter matik (skutik) Yamaha Aerox 155VVA menjadi debutan terlaris dalam daftar tersebut. Motor dengan mesin 155cc SOHC, 4-tak, ini laris 7.006 unit sepanjang bulan tersebut.

Walau tampak menjanjikan untuk sebuah motor baru, angka tersebut masih jauh dari yang berhasil dicapai NMax (13.825 unit). Padahal target PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat meluncurkan Aerox adalah untuk setidaknya bisa menyamai NMax.

Malah, ketika meluncurkan Aerox 155VVA di Sepang, Malaysia, tahun lalu, Direktur YIMM Minoru Morimoto berharap 200.000 unit Aerox bisa laris di Indonesia tahun ini.

Jadi, masih banyak pekerjaan rumah yang mesti dilakukan YIMM untuk terus mendorong penjualan sepeda motor yang bisa mencapai tenaga maksimal 14,8 hp pada 8.000 rpm itu.

Namun GM After Sales & Public Relations YIMM Muhammad Abidin yakin Aerox 155VVA memiliki daya tarik tersendiri.

"Mengenai produk Aerox 155VVA, saya rasa akan dapat diterima oleh masyarakat, desainnya yang sporty dan disediakan dalam beberapa tipe, tentunya diharapkan menjadi keunggulan tersendiri," terangnya pada Beritagar.id pada awal Maret.

YIMM pun terus berupaya terus mempopulerkan skutik ini, salah satunya dengan menggelar Blue Core Yamaha Motor Show (BYMS) 2017 di beberapa kota di Indonesia dari Maret hingga Mei.

Sementara itu, ujung tombak baru PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yakni GSX-R150 laku 4.218 unit sepanjang Februari, naik dari 1.552 unit pada awal tahun, untuk menempati peringkat kedua kelas sport 150cc.

Angka tersebut melebihi target 3.000 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) per bulan yang ditetapkan SIS pada awal tahun.

Walau masih belum bisa mewujudkan cita-citanya menggoyang dominasi Honda CBR150R --yang memimpin pasar 150cc dengan penjualan 7.568 unit pada Februari 2017--, GSX-R150 berhasil melampaui Yamaha R15 (2.268 unit).

Sepertinya persaingan motor sport 150cc akan panas dan menarik untuk diperhatikan tahun ini.

Untuk Versys-X 250, produk andalan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) di segmen motor petualang bermesin 250cc, angka penjualan yang mampu dicapainya memang tak besar bila dibandingkan dua motor di atas, hanya 430 unit.

Akan tetapi, mengingat harga premium yang dipasang, Rp61,9 juta (City) dan Rp72,7 juta (Tourer), jumlah tersebut terbilang lumayan. Apalagi sudah melewati target 417 unit per bulan yang dicanangkan KMI saat memperkenalkannya pada 30 November tahun lalu.

Selain itu, sejak diluncurkan hingga bulan ini, menurut Deputy Head Sales & Marketing Division KMI, Michael Chandra Tanadhi, Rabu (15/3), sudah masuk 1.200 SPK untuk motor tersebut. Pesanan itu kemungkinan akan terpenuhi pada April.

KMI juga memasang target penjualan 5.000 unit pada tahun pertama Versys-X 250 di Indonesia. Mengingat belum adanya produk pesaing pada kelas petualang 250cc, Michael yakin motor itu akan menjadi rujukan pemotor yang suka melintasi alam bebas di Indonesia sehingga target bisa dicapai.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR