4 persiapan sebelum berkendara jarak jauh dengan motor

SPONSOR: Asuransi Astra
Ilustrasi persiapan sebelum berkendara jauh
Ilustrasi persiapan sebelum berkendara jauh | Asuransi Astra

Mempersiapkan diri dengan baik sebelum berkendara jarak jauh dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan selama perjalanan.

Persiapan sebelum berkendara sangat penting untuk dilakukan, terutama jika Anda akan menempuh perjalanan jarak jauh. Kecelakaan sangat mungkin terjadi akibat kelalaian pengemudi maupun kesalahan pada kendaraan yang digunakan.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, persiapan sebelum berkendara tidak boleh diabaikan. Berikut beberapa persiapan yang wajib dilakukan sebelum berkendara jarak jauh dengan motor.

Memanaskan mesin motor

Memanaskan mesin motor sebelum melakukan perjalanan sangat sering diabaikan oleh pengendara, padahal kegiatan tersebut dapat membuat performa mesin tetap terjaga selama perjalanan. Dengan memanaskan mesin, pelumas akan tersebar ke seluruh bagian mesin secara merata, sehingga dapat mengurangi gesekan pada bagian mesin yang dapat menyebabkan turunnya performa kendaraan atau kerusakan pada bagian mesin.

Memeriksa tekanan angin pada ban

Sebelum melakukan perjalanan, para pengendara sangat dianjurkan untuk memeriksa tekanan angin pada ban motor. Saat tekanan angin berkurang, keseimbangan motor akan berkurang akibat kurangnya cengkeraman ban pada permukaan jalan.

Jika dibiarkan, risiko tergelincir saat melalui permukaan jalan yang tidak rata dan saat pengereman mendadak akan semakin tinggi. Maka dari itu tekanan angin pada ban harus selalu diperiksa dan disesuaikan dengan anjuran dari pabrikan sebelum melakukan perjalanan jauh.

Memeriksa lampu-lampu kendaraan

Untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan saat melakukan perjalanan jauh, fungsi lampu kendaraan harus diperiksa terlebih dahulu. Jika perjalanan dilakukan pada malam hari maka lampu utama harus berfungsi agar penerangan saat berkendara lebih maksimal.

Selain itu lampu belakang atau pengereman juga harus berfungsi dengan baik untuk menghindari tabrakan dari belakang akibat pengendara lain yang tidak mendapatkan sinyal pengereman dari kendaraan Anda. Jangan lupa pula untuk selalu menyalakan lampu sein saat akan belok atau berpindah jalur sebagai tanda bagi pengendara lain.

Menggunakan perlengkapan berkendara yang sesuai

Siapkan perlengkapan berkendara yang dianjurkan, misalnya jaket, sarung tangan, sepatu, dan helm berstandar SNI. Perlengkapan berkendara yang sesuai dapat mengurangi risiko terjadinya cedera saat terjadi kecelakaan.

Sebelum memulai perjalanan pastikan jaket, sarung tangan, sepatu, dan helm sudah terpasang dengan baik. Khusus untuk helm, Anda wajib memasang tali pengikat dengan benar hingga mendapatkan bunyi "klik" sebagai tanda bahwa helm sudah terpasang dengan baik.

Jika Anda peduli terhadap gaya berkendara yang aman, Anda dapat berpartisipasi dalam gerakan #1klik1Kebaikan. Gerakan tersebut merupakan bagian dari kampanye keselamatan berkendara 'Always Drive Safely' yang sudah dilakukan Asuransi Astra selama 11 tahun lamanya.

Dengan mengunggah satu foto atau video saat menggunakan sabuk pengaman atau tali helm ke situs #1klik1Kebaikan, Anda telah ikut mendukung Asuransi Astra untuk memberikan perlindungan bagi 1 supir kendaraan umum.

Sebagai bentuk terima kasih atas partisipasi masyarakat dalam menciptakan kesadaran aman berkendara, Asuransi Astra akan memberikan hadiah satu unit iPhone 6 kepada foto atau video paling kreatif dan inspiratif.

Syarat dan ketentuan untuk kampanye #1klik1Kebaikan dapat Anda lihat pada tautan ini.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR