Alasan kaca mobil memerlukan coating

SPONSOR: Asuransi Astra
Ilustrasi alasan kaca mobil memerlukan coating
Ilustrasi alasan kaca mobil memerlukan coating | /Shutterstock

Tak hanya bodi dan interior mobil yang dirawat secara ekstra, kaca mobil juga perlu mendapat perhatian lebih. Fungsinya yang berhubungan dengan visibilitas saat berkendara menjadi alasan penting kaca mobil juga patut mendapat perawatan khusus secara berkala.

Salah satu perawatan kaca mobil yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan perlindungan coating. Coating merupakan proses perlindungan pada kaca mobil yang mempunyai sifat tahan lama hingga permanen. Terlebih jika coating menggunakan nano ceramic pada kaca mobil.

Proses coating biasanya memakan waktu sekitar 3 hingga 5 jam tergantung jenis mobil. Lantas, apa saja manfaat yang didapatkan oleh pengendara usai coating kaca.

Menghalau jamur kaca

Dalam coating kaca terdapat proses glass scrub. Glass scrub adalah proses menghilangkan jamur dan mengangkat kotoran dengan cara dipoles menggunakan sebuah alat baik berupa kain atau menggunakan grinder yang telah dilapisi oleh kain poles.

Membuat efek daun talas pada kaca

Manfaat paling terasa usai mobil melewati proses coating adalah membuat adanya efek daun talas. Efek daun talas memungkinkan air yang jatuh ke kaca akan langsung turun. Sebagai ilustrasi, ketika Anda mengendarai mobil dalam kondisi hujan lebat, kerja wiper tidak akan terlalu berat. Bahkan, visibilitas akan jauh lebih baik ketika kaca sudah dilapisi coating.

Mencegah goresan halus

Coating kaca mobil juga mampu meminimalisasi goresan akibat debu dan kerikil. Goresan halus, seperti swirl mark (jaring laba-laba) akan hilang serta dapat memberikan proteksi dari natural acid, seperti air hujan, kotoran burung, getah, dan air tanah sehingga tak ada water spot (bercak air) dan perubahan warna.

Mencegah kotoran menempel

Proses selanjutnya adalah proses IPA atau IsoPropyl Alcohol. Proses ini menggunakan cairan alkohol. Tujuannya adalah menghilangkan sisa minyak yang menempel di kaca mobil. Sisa minyak tersebut merupakan residu yang dihasilkan dari proses glass scrub.

Hal yang tak boleh dilewatkan ketika Anda memutuskan melakukan proses coating kaca mobil adalah pemilihan diler. Pastikan diler atau penyedia jasa coating kaca mobil tersebut memiliki lisensi resmi atau bereputasi tinggi.

Sebagai pedoman dalam mencari bengkel penyedia jasa coating kaca mobil berkualitas, Anda dapat melakukannya dari rumah dengan menggunakan Garda Mall hanya bermodalkan gawai. Garda Mall merupakan fitur terbaru dari aplikasi Garda Mobile Otocare 5.0 yang menyediakan berbagai kebutuhan otomotif.

Sebagai salah satu solusi menemukan layanan serta produk perawatan mobil yang lengkap, dengan berbelanja di Garda Mall Anda akan mendapatkan harga produk dan layanan yang lebih terjangkau dengan adanya promo.

Khusus periode 1 – 31 Oktober 2019, Garda Mall memberikan diskon langsung 63 persen untuk e-voucher pemasangan Oli Shell Helix Astra 10W30 dan diskon produk otomotif hingga 63 persen.

Bagi Anda yang hendak mencari bengkel rekanan coating kaca mobil terbaik, dapat Anda temukan di bagian merchant shop yang hadir di Garda Mall. Untuk mengetahui syarat, ketentuan, dan promo yang sedang bergulir di Garda Mall, silakan mengunjungi tautan ini dan dapatkan potongan harga langsung.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR