Apakah mobil terdampak kerusuhan akan ditanggung asuransi?

SPONSOR: Asuransi Astra
Ilustrasi kendaraan terdampak kerusuhan
Ilustrasi kendaraan terdampak kerusuhan | /Shutterstock

Beberapa waktu lalu, kondisi Ibukota sempat tidak kondusif. Kerusuhan terjadi di beberapa titik dan menimbulkan kerusakan, terutama kendaraan.

Kerusuhan yang terjadi di Ibukota banyak menyisakan kerugian, baik morel maupun materi. Kios-kios kecil di pinggir jalan menjadi sasaran, tak terkecuali kendaraan, mobil dan motor. Tampak diberitakan beberapa mobil rusak dan dibakar.

Jika sudah demikian, si pemilik kendaraan tentu dirugikan. Apakah kasus seperti ini bisa ditanggung oleh asuransi kendaraan? Mengingat kerusakan yang timbul tentu tidak bisa diperbaiki dan membutuhkan dana besar untuk membeli unit baru.

Polis asuransi kendaraan dasar pada umumnya memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang timbul akibat tindak kejahatan, tabrakan, pencurian, dan kebakaran. Akan tetapi, patut digarisbawahi bahwa peristiwa kebakaran yang dimaksud bukanlah kebakaran akibat huru-hara.

Polis asuransi kendaraan dasar tidak memberikan perlindungan atau penggantian jika kendaraan mengalami kerusakan akibat huru-hara. Hal tersebut dijelaskan dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia pasal 3 ayat 3.

Dalam pasal tersebut tertuang, “Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan, atau biaya atas kendaraan bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh kerusuhan, huru-hara, gempa bumi, genangan air, dan nuklir.”

Apakah artinya Anda tidak bisa mendapatkan jaminan perlindungan dari bahaya-bahaya tersebut untuk kendaraan Anda? Bisa. Hanya saja, pastikan saat membeli asuransi kendaraan Anda membeli perlindungan tambahan yang akan melindungi kendaraan Anda dari dampak buruk akibat kerusuhan, banjir, hingga gempa bumi. Dengan demikian, jika sewaktu-waktu nahas menimpa, Anda tidak perlu pusing dan khawatir akan nasib mobil kesayangan karena semua kerugian akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Sebelum lebih lanjut Anda membeli perlindungan tambahan, pastikan terlebih dahulu asuransi kendaraan yang Anda pilih memberikan kemudahan dalam berbagai hal, mulai dari membeli asuransi hingga klaim, seperti Asuransi Garda Oto.

Asuransi kendaraan Garda Oto menawarkan sejumlah fitur yang memudahkan Anda sebagai nasabah untuk membeli asuransi dan mengklaim hanya lewat aplikasi Garda Oto Digital. Tidak hanya mudah untuk urusan klaim, Garda Oto juga memiliki jaringan bengkel luas dengan jaminan suku cadang asli sehingga Anda bisa lebih tenang karena kendaraan kesayangan ditangani oleh ahlinya.

#TauGitu pastinya tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk menunda memberikan perlindungan dari Garda Oto pada mobil kesayangan. Cari tahu lebih lengkap tentang manfaat asuransi Garda Oto melalui tautan berikut.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR