Asuransi Astra diganjar dua penghargaan bergengsi

Iwan Pranoto (berkacamata), SVP Communication Event & Service Management Asuransi Astra menerima penghargaan Digital Marketing Award 2019 dan Social Media Award 2019 di Jakarta
Iwan Pranoto (berkacamata), SVP Communication Event & Service Management Asuransi Astra menerima penghargaan Digital Marketing Award 2019 dan Social Media Award 2019 di Jakarta | /Asuransi Astra

Tahun 2019 menjadi salah satu momen terbaik Asuransi Astra dengan meraih dua penghargaan bergengsi, yaitu Digital Marketing Award 2019 kategori The Best General Insurance untuk gardaoto.com dan Social Media Award 2019 untuk kategori Car Insurance.

Menurut rilis yang diterima Beritagar.id pada Kamis (3/10), penghargaan Digital Marketing Award 2019 menjadi bentuk apresiasi kepada perusahaan atau jenama dari 87 kategori yang memiliki situs dengan media komunikasi pemasaran digital dengan performa terbaik.

Penghargaan tersebut diberikan oleh majalah Marketing dan dua lembaga riset independen; Media Wave dan SurveyOne. L, kepada SVP Communication Event & Service Management Asuransi Astra Iwan Pranoto di Jakarta, Jumat (27/9).

Asuransi Astra dinilai mampu memberikan kemudahan kepada konsumen, salah satunya adalah pembelian asuransi mobil sesuai tempat dan waktu ditentukan oleh calon pembeli. Belum lagi, Asuransi Astra juga berhasil memanfaatkan media sosial untuk memberikan literasi dan edukasi tentang asuransi kepada masyarakat.

Menurut Iwan, setelah memasuki era disrupsi digital, Asuransi Astra dituntut untuk cepat beradaptasi dan berinovasi menghadirkan produk-produk kepada masyarakat.

“Gardaoto.com adalah bentuk adaptasi dan inovasi dari Asuransi Astra untuk memberikan kemudahan dalam membeli asuransi mobil Garda Oto. Kami juga mendukung program OJK dengan memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan brand awareness Asuransi Astra dan Garda Oto pada khususnya. Harapannya bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan asuransi,” tukas Iwan.

Dari segi penilaian, nominasi setiap kategori dipilih berdasarkan tools yang mengukur kecepatan pengakses situs, jumlah kunjungan, dan traffic di situs tersebut. Metode riset dilakukan dengan melibatkan sekitar 510 orang pengamat di Jakarta dan Surabaya.

Pengamat terdiri dari para profesional, jurnalis, dan mahasiswa dengan rentang usia 21-60 tahun yang merupakan heavy user di dunia internet serta mempunyai kapabilitas untuk mengevaluasi performa situs.

Usai riset, penilaian dilanjutkan dengan melihat enam dimensi, yaitu community, content, context, connection, commerce, dan customization. Dengan begitu, muncul nama-nama perusahaan yang menjadi pemenang dari setiap kategori.

Penilaian Social Media Award 2019 didasarkan pada share of voice milik Asuransi Astra. Memanfaatkan data dari Media Wave, Frontier menganalisis dan mendapatkan daftar jenama-jenama yang saat ini memiliki pangsa dan sentimen pembicaraan yang baik di media sosial. Indeks yang digunakan adalah hasil pengembangan dan modifikasi berdasarkan Social Influence Marketing Score (SIM Score).

Setelahnya, untuk mendapatkan nilai indeks pengukuran Earned Media Share of Voice by Sentiment (EMSS Index), menggunakan rumus persentase pembicaraan suatu jenama di dalam kategori tertentu ditambah persentase pembicaraan netral jenama di kategori tersebut dikurangi persentase pembicaraan negatif jenama tersebut di sebuah kategori.

Berdasarkan metode penilaian tersebut, Asuransi Astra berhasil mendapatkan nilai EMSS Index sebesar 41,8 persen dan berhasil meraih predikat sebagai Car Insurance. Sedangkan gardaoto.com mendapatkan predikat The Best General Insurance dengan nilai Digital Marketing Index (DMI) 2,645 poin.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR