Bagaimana membedakan suku cadang mobil asli dan imitasi

SPONSOR: Asuransi Astra
Ilustrasi membedakan suku cadang mobil asli dan imitasi
Ilustrasi membedakan suku cadang mobil asli dan imitasi | /Shutterstock

Memilih suku cadang mobil tidak boleh sembarangan. Di zaman serba mudah seperti saat ini, banyak bermunculan suku cadang (spare part) dengan model yang sama dengan aslinya namun dari jenama berbeda.

Meski tidak ada ketentuan penggunaan spare part mobil dari jenama tertentu, ada risiko yang harus dibayar akibat barang imitasi dengan harga relatif murah serta umur pemakaian yang cenderung pendek. Hal tersebut biasanya membuat pemilik mobil kebingungan mencari referensi spare part mobil orisinal.

Untuk mengatasi kegamangan akibat minimnya wawasan dalam membedakan spare part mobil asli atau imitasi, ada beberapa tip untuk meminimalisasi mendapatkan barang palsu atau berkualitas tidak baik.

Membeli di tempat resmi

Cara paling aman untuk pembelian spare part asli adalah menyambangi diler resmi. Dari segi kualitas, diler resmi menyediakan spare part yang tidak diragukan lagi karena telah melewati serangkaian pengujian.

Meski dari segi harga, spare part asli terbilang mahal bila dibandingkan dengan imitasi, setidaknya pengguna mendapat jaminan kualitas barang yang lebih awet. Selain itu, sebelum melakukan penggantian spare part, lakukan pengecekan barang sebelum terpasang. Jika ada kendala, silakan mengajukan penggantian unit.

Memiliki garansi

Faktor penting untuk menjamin kualitas spare part adalah memiliki garansi. Meski terlihat kecil, garansi pada spare part cukup krusial dari segi keawetan selama berkendara. Jadi, ketika spare part yang dibeli mengalami masalah terdapat penggantian produk yang dibeli dalam masa periode yang ditentukan.

Bahkan, dengan adanya garansi pengguna mobil juga bisa menghindari spare part palsu yang banyak dipasarkan. Pastikan dalam melakukan penggantian spare part disarankan untuk membawa mobil ke bengkel resmi dan tepercaya.

Belanja melalui aplikasi digital

Jika ragu dan tak memiliki banyak waktu untuk mengecek spare part asli atau imitasi, langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah berbelanja melalui aplikasi digital. Salah satu penyedia aplikasi untuk belanja kebutuhan otomotif adalah melalui Garda Mall.

Layaknya berbelanja di mal namun tidak perlu ke luar rumah, Garda Mall merupakan jawaban bagi pengguna mobil yang memerlukan kebutuhan produk otomotif, keuangan Astra Financial, dan lapak untuk jual beli mobil bekas. Kini para pemilik kendaraan tidak perlu repot berkat aplikasi Garda Mobile Otocare 5.0 yang memenuhi berbagai kebutuhan otomotif.

Bagi Anda yang punya pengalaman berbelanja melalui aplikasi Garda Mall, kini berkesempatan untuk mendapatkan hadiah bernilai puluhan juta rupiah bagi yang berpartisipasi pada momen #TauGitu Challenge.

#TauGitu Challenge
#TauGitu Challenge | Fadhlan A. /Beritagar.id

Pada momen tersebut, peserta dapat menceritakan pengalaman membeli atau mencari kebutuhan otomotif di Garda Mall. Mekanisme turut serta pada tantangan tersebut adalah dimulai dengan mengikuti akun Instagram Garda.oto dan Beritagar.id.

Setelahnya, Anda harus mengunggah (upload) foto yang menunjukkan fitur Garda Mall. Pastikan foto tersebut adalah hasil karya pribadi disertai caption yang menceritakan pengalaman Anda menggunakan Garda Mall menggunakan imbuhan (hashtag) #Taugitu beli di #GardaMall.

Peserta dapat mengirimkan karya lebih dari satu dengan mention kepada tiga teman untuk ikutan #Taugitu challenge.

Sebelum upload, posting karya Anda di Instagram dengan mention @BeritagarID dan @garda.oto beserta hashtag #TauGitu. Tim Beritagar.id dan Garda Oto akan menyeleksi peserta paling kreatif. Bagi pemenang, akan mendapatkan total hadiah Rp20 juta untuk 20 orang berupa saldo Gopay masing-masing senilai Rp1 juta.

#TauGitu Challenge
#TauGitu Challenge | Fadhlan A. /Beritagar.id

Jangan sampai melewatkan kesempatan besar tersebut karena periode kompetisi berlangsung sejak 23 September hingga 23 Oktober 2019. Kapan lagi bercerita belanja kebutuhan otomotif dan mendapatkan hadiah menarik. Yuk, cek di sini untuk informasi lebih lanjut.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR