Bahaya mengintai bila tidur menggunakan AC di dalam mobil

SPONSOR: Asuransi Astra
Bahaya tidur di dalam mobil
Bahaya tidur di dalam mobil | /Shutterstock

Saat bulan Ramadan, pengguna mobil kerap tertidur di dalam kabin dengan kondisi mesin dan AC menyala. Hal tersebut disebabkan menurunnya kondisi tubuh akibat dehidrasi sehingga tubuh membutuhkan istirahat lebih lama dari biasanya.

Namun, perlu diketahui bahwa hal tersebut sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Para ahli medis menyarankan bahwa sebaiknya para pengguna mobil tidak tidur di mobil dengan keadaan AC menyala karena bisa menyebabkan tubuh lemas hingga meninggal.

Bahaya tidur di dalam mobil
Bahaya tidur di dalam mobil | Gary RJ /Beritagar.id

Untuk mencegah hal tersebut, Anda tetap bisa tidur di dalam mobil dengan cara aman sebagai berikut.

1. Cari lokasi parkir aman

Saat hendak tidur, pastikan mobil berada di lokasi yang aman. Pilihlah lokasi parkir yang aman seperti di SPBU, mini market, masjid, atau berdekatan dengan pos penjagaan.

2. Buka jendela

Saat memutuskan untuk tidur di dalam mobil, buka jendela mobil tidak melebihi dua jari atau tidak melebihi batas talang air (bagi yang menggunakan talang air) untuk menjaga sirkulasi udara. Pastikan semua barang berharga seperti dompet, tas, atau ponsel tersimpan rapi di tempat yang tidak terlihat dari luar.

3. Matikan mesin dan AC

Saat AC dan mesin mobil menyala dalam kondisi diam dengan waktu lama, bisa menyebabkan membuat racun gas monoksida dari kebocoran asap kendaraan dan masuk ke dalam sela-sela kabin. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mematikan mesin dan AC mobil dan membuka kaca jendela.

4. Kunci pintu mobil

Meski parkir di area yang aman, pastikan Anda mengunci pintu mobil untuk keamanan diri dan meminimalisasi potensi kejahatan.

5. Atur posisi kursi

Sebelum Anda tidur di dalam mobil, atur jok mobil untuk mencari posisi duduk ternyaman. Anda bisa mendorong jok mobil sejauh mungkin ke belakang dan merebahkan sandaran punggung untuk mendapatkan posisi tidur yang tidak membuat tubuh Anda cepat pegal ketika terbangun.

6. Segarkan badan

Usai beristirahat, jangan langsung berkendara. Anda bisa keluar mobil dan merenggangkan tubuh. Bila di lokasi sekitar tersedia toilet umum, Anda bisa membasuh muka agar kembali segar dan siap mengemudi.

Bagi Anda yang menggunakan mobil pribadi sebagai moda transportasi sehari-hari, terlebih lagi saat akan mudik, pastikan sudah melengkapi kendaraan kesayangan berupa asuransi mobil. Pasalnya, ketika Anda tertidur di dalam mobil dalam waktu yang cukup lama, Anda tidak mengetahui kejadian sekitar selama tertidur yang bisa saja menyebabkan mobil Anda tersenggol atau terserempet kendaraan lain.

Oleh sebab itu, Anda dapat memilih layanan asuransi tepercaya dan memudahkan seperti Garda Oto Digital. Khusus pembelian asuransi Garda Oto Digital periode Mei 2019, Anda dapat menikmati promo GOMUDIK.

#TauGitu tentu Anda tidak perlu ragu lagi melindungi kendaraan kesayangan karena saat membeli asuransi Garda Oto Digital dengan promo GOMUDIK, Anda berkesempatan mendapatkan bonus e-Toll untuk 600 km perjalanan, perluasan kecelakaan diri penumpang hingga Rp10 juta, dan layanan cicilan 0% mulai dari 3 hingga 6 bulan. Untuk syarat dan ketentuan seputar GOMUDIK, bisa dilihat pada tautan ini.

Bahaya tidur di dalam mobil dalam kondisi AC menyala /Beritagar ID
SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR