MOBIL BARU

Bilang pada Kaesang, harga resmi GR Supra Rp1,9 miliar

Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy (kiri) dan Kazunori Minamide, memperkenalkan Toyota GR Supra pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Selasa (23/7/2019).
Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy (kiri) dan Kazunori Minamide, memperkenalkan Toyota GR Supra pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Selasa (23/7/2019). | Muhammad Iqbal /Antara Foto

Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Juli lalu, Kaesang Pangarep menyatakan Toyota GR Supra yang dipamerkan adalah mobil impiannya. Putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu bahkan sempat menjajalnya di arena pameran di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Nah kini, Kaesang bisa mewujudkan impiannya untuk memiliki mobil itu. PT Toyota-Astra Motor, Selasa (1/10/2019), mengumumkan harga resmi untuk sportcar produksi pabrikan Jepang tersebut. GR Supra dibanderol Rp1,995 miliar on the road (OTR) DKI Jakarta per unitnya.

Harga resmi tersebut tak jauh dari Rp2 miliar yang dibisikkan petugas di gerai Toyota kepada Beritagar.id saat melihat-lihat mobil itu di ICE BSD.

Versi terbaru dari varian mobil sport yang telah diproduksi Toyota sejak 1978 itu memang menjadi salah satu bintang pada GIIAS 2019. Banyak orang berkerumun memerhatikan detailnya dan berdecak kagum. Tak heran bila sudah ada yang langsung memesan, bahkan sebelum harganya diumumkan.

Executive General Manager TAM, Franciscus Soerjopranoto, menyatakan bahwa sudah ada lebih dari 15 orang yang menyatakan minat mereka untuk memboyong mobil tersebut.

"Sekarang, karena harganya sudah keluar, kami akan mengonfirmasi para peminat itu lagi," kata lelaki yang akrab disapa Soerjo itu.

Akan tetapi, walaupun ke-15 peminat itu positif bakal merogoh kocek dalam-dalam untuk membawa GR Supra ke garasi mereka, tak semuanya bakal kebagian. Masalahnya, menurut Marketing Director TAM, Kazunori Minamide, kuota untuk pasar Indonesia pada tahap pertama penjualan ini hanya tersedia 4 (empat) unit.

Dalam siaran pers TAM, Minamide menyatakan sejak diperkenalkan secara resmi dalam Detroit Auto Show di Amerika Serikat, pada Januari 2019, peminat GR Supra membludak. "Tingginya permintaan global ini sangat mempengaruhi besaran kuota GR Supra untuk pasar Indonesia menjadi terbatas," jelasnya.

Empat orang yang beruntung pada fase pertama penjualan akan menerima mobil itu pada pertengahan Oktober tahun ini.

Untuk tahap penjualan berikutnya, Soerjo mengatakan, TAM tengah mengusahakan agar unitnya mulai tersedia pada akhir Desember 2019 atau paling lambat awal Januari 2020.

Legenda sportcar Toyota

Interior Toyota GR Supra.
Interior Toyota GR Supra. | Toyota-Astra Motor

GR Supra adalah generasi ke-5 dari legenda sportcar Toyota Supra. GR merupakan akronim dari Gazoo Racing, anak perusahaan Toyota Motor Corporation (TMC), yang bertugas mengembangkan versi balap dari sebuah varian. Namun, sebagai versi balap dari mobil jalan raya, GR diklaim tetap mengedepankan kenyamanan pemakaian sehari-hari.

Gazoo juga menjamin para pembeli mobil Toyota yang telah mereka modifikasi akan merasakan kesenangan berkendara.

GR Supra menggunakan mesin yang sama dengan versi standar, yaitu 3.000 cc 6-silinder segaris. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 340 PS, yang dicapai pada putaran mesin antara 5.000-6.000 rpm dan disalurkan ke roda belakang (RWD). Torsi maksimalnya sekitar 500 Nm pada putaran 1.600-4.500 rpm.

Perbedaannya, GR Supra dilengkapi Limited Slip Differential (LSD) yang dikontrol secara elektronik. Teknologi itu memungkinkan mobil lebih mudah melibas tikungan dan bisa kembali ke kecepatan penuh begitu masuk jalan lurus.

Untuk membuat mobil lebih seimbang, Gazoo memutuskan mengurangi rasio wheelbase menjadi 2.470 mm, pusat gravitasinya lebih rendah, dan distribusi berat kendaraan dibuat seimbang, 50:50, antara bagian depan dengan belakang. Oleh karena itu, GR Supra dijamin stabil dalam berbagai kondisi lintasan.

Mobil berbobot bersih 1.520 kg ini bisa berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam dalam 4,3 detik. Kecepatan maksimalnya dibatasi pada 250 km/jam.

Segala fitur canggih, mulai dari 6 lampu LED di depan, sistem multimedia dengan layar sentuh 8,8 inci, hingga 10 speaker, tersedia untuk memanjakan penumpang.

“Pelanggan kini tidak lagi hanya berorientasi pada aspek fungsional, namun juga pada aspek emosional, salah satunya yaitu mobil yang fun to drive. Melalui GR Supra, kami ingin menegaskan komitmen untuk senantiasa memenuhi kebutuhan pelanggan," kata Soerjo.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR