BMW Indonesia siap menyambut era elektrifikasi

The All New BMW 330i M Sport.
The All New BMW 330i M Sport. | Randi /Beritagar.id

Peraturan presiden (Perpres) yang mengatur kendaraan listrik telah ditandatangani dan beredar ke publik. Perpres itu bernama Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Perpres yang ditandatangani oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada 8 Agustus 2019 tersebut memiliki 37 pasal. Perpres dibuka dengan Ketentuan Umum seputar kendaraan listrik, yaitu pengertian motor listrik, baterai, kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, stasiun pengisian kendaraan listrik umum dan lainnya.

Dengan berlakunya Perpres kendaraan elektrifikasi atau mobil listrik, era elektrifikasi kendaraan kian mendekati kenyataan dan menjadi titik terang para Agen Pemegang Merek (APM) yang telah mempersiapkan bahkan menjual mobil terelektrifikasi, salah satunya adalah BMW Group Indonesia.

Sebagai produsen mobil premium di Indonesia, BMW Indonesia sudah menghadirkan kendaraan terelektrifikasi di Indonesia yang diperkenalkan pada GIIAS 2018 melalui BMW seri i8 roadster berteknologi hybrid dan BMW seri i3s di GIIAS 2019 yang sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik.

Kesiapan BMW Indonesia tak hanya pada kendaraan, melainkan penyediaan dealer yang mengintegrasikan pelayanan mobil listrik melalui dua dealer khusus, yakni BMW Astra Serpong dan BMW Tunas Tebet.

Sebagai pembuktian kesiapan BMW Indonesia memasuki era mobil listrik, tim Beritagar.id menyambangi dealer BMW Tunas Tebet dalam kunjungan konferensi pers peluncuran The All New BMW 3 series. Branch Manager BMW Tunas Tebet Herwin membenarkan kesiapan BMW Tebet dalam melayani mobil listrik.

“Karena kita sudah dealer “i” (jajaran mobil listrik) pasti ada pihak after-sales yang lebih tahu dan pasti ada special tools yang memang harus disiapkan dan kita sudah siap (melayani mobil listrik) dari segi sales dan after-sales,” ujar Herwin di dealer BMW Tunas Tebet, Jakarta (22/08).

Selain kesiapan dealer, antusias konsumen BMW terhadap mobil listrik cukup tinggi. Bahkan, sudah ada konsumen BMW Tunas Tebet yang memesan unit i8 hybrid maupun i3 yang sepenuhnya berpenggerak motor listrik

Hybrid i8 sudah dijual dari 2017 dan tahun depan mulai menjual i3 yang full electric. Respon keduanya sangat baik, di mana sudah ada 5 sampai 10 pemesanan untuk i8 dan dua untuk i3. Hanya saja indennya cukup lama jadi customer harus sabar untuk menunggu kedua mobil tersebut,” ujarnya.

Hanya saja, Herwin menyayangkan pajak mobil listrik yang masih tinggi dibandingkan dengan pajak mobil konvensional.

“Dengan adanya aturan mengenai mobil listrik (Perpres kendaraan listrik) bisa membuat harga mobil listrik bisa lebih murah sehingga harga jual ke customer lebih rendah dan peminat mobil listrik akan lebih banyak,” lanjutnya.

The All New BMW 330i M Sport jagoan baru BMW

Sembari menunggu kejelasan regulasi dan infrastruktur seputar mobil listrik, BMW Tunas memperkenalkan The All New BMW 3 Series yaitu The All New BMW 330i M Sport.

Produk tersebut pertama kali diperkenalkan pada publik di ajang Gaikindo Indonesia Internatioanal Auto Show atau GIIAS 2019. Sebagai tulang punggung penjualan BMW di Indonesia, jajaran 3 series ini akan menjadi line-up terbaru di dealer resmi BMW Indonesia tersebut.

The All New BMW 330i M Sport
The All New BMW 330i M Sport | Randi /Beritagar.id

COO BMW Tunas William Chai mengatakan bahwa dengan pengalaman lebih dari 30 tahun dan staf profesional, BMW Tunas siap menjembatani konsumen untuk memiliki The All New BMW 3 Series.

"Kepuasan pelanggan adalah komitmen yang selalu kami pegang di BMW Tunas. Sebagai dealer yang sudah berdiri lebih dari 30 tahun, kami senantiasa memberikan layanan dan solusi terbaik bagi pelanggan dan calon pelanggan kami," pungkas William di sela-sela peluncuran BMW 3 series.

William menjabarkan bahwa model terbaru BMW 330i M Sport merupakan sedan midsize premium yang mengombinasikan kenyamanan dan kesan sporti.

Model ini dibekali mesin 2.0 liter, empat silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 258 hp dengan torsi puncak 400 Nm. Mesin ini merupakan penyempurnaan dari seri sebelumnya di mana ada peningkatan 6 daya kuda (dk) pada output dan torsi tambahan 50 Nm.

Dari segi fitur, mobil ini sudah dilengkapi fitur keamanan canggih seperti lane departure warning, park distance control, dan park assist.

Dengan banderol Rp879 juta off the road (Rp1,155 miliar on the road Jabodetabek) pemesanan The All New BMW 330i M Sport sudah mencapai 100 unit sejak GIIAS 2019 dan pengiriman baru dilakukan pada Oktober 2019.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR