BMW Motorrad akan pajang 4 motor baru di EICMA 2016

Walau hanya dijual di Amerika Serikat, BMW Motorrad akan memajang K 1600 B di ajang Eicma 2016.
Walau hanya dijual di Amerika Serikat, BMW Motorrad akan memajang K 1600 B di ajang Eicma 2016. | BMW Group

Dua pekan sebelum pameran sepeda motor EICMA 2016 dimulai, BMW Motorrad mengumumkan produk roda dua apa saja yang bakal mereka pajang di Milan, Italia, 8-13 November 2016.

Dalam siaran pers, Jumat (21/10/2016), divisi sepeda motor jenama Jerman itu mengumumkan bakal memperkenalkan empat produk terbaru di EICMA.

Pertama adalah penampilan perdana varian terbaru dari keluarga Heritage. Saat ini sudah ada empat varian dalam keluarga ini, yaitu R nineT, R nineT Scrambler, R nineT Pure, dan R nineT Racer. Dua nama terakhir baru saja diperkenalkan pada ajang Intermot 2016 di Cologne, Jerman, awal Oktober.

Selain memperkenalkan varian kelima R nineT tersebut, BMW juga bakal memperlihatkan R nineT versi pertama yang sudah diperbaharui secara teknis dan visual.

Kemudian akan ada dua anggota terbaru dari keluarga Adventure. BMW Motorrad tidak menjelaskan varian apa yang bakal dikeluarkan dari seri ini, hanya menyatakan bahwa dua varian terbaru itu akan membuat "keluarga GS menjadi lebih besar dan serbaguna".

Car and Bike (23/10) memperkirakan salah satu dari dua GS tersebut adalah pembaruan versi performa tertinggi, kemungkinan penerus R 1200 GS. Sementara satu lagi kemungkinan adalah motor petualang kelas pemula yang diberi nama G 310 GS.

Motor kelas pemula tersebut dikabarkan mengambil basis dari G 310 R yang merupakan buah kerja sama BMW Motorrad dengan pabrik motor India, TVS. Kabarnya G 310 GS juga akan diproduksi di India.

Jika benar, maka G 310 GS akan menggunakan mesin injeksi 313cc, DOHC, silinder tunggal, lengkap dengan pendingin cairan. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 34 hp pada 9.500 rpm dan torsi 28 Nm pada 7.500 rpm.

Motor keempat akan datang dari keluarga Tour yang mewah. Motor kelas touring terbaru itu dijanjikan BMW Motorrad bakal "menyuguhkan berbagai fitur mewah yang akan membuat bermotor menjadi senyaman dan semenyenangkan mungkin".

Boyong K 1600 B

2017 new BMW K1600B Bagger first photos & details /MotorcyclesDreams

Selain keempat motor baru tersebut, BMW Motorrad juga akan memajang K 1600 B, motor touring khusus pasar Amerika Serikat yang sudah diluncurkan di Los Angeles pada pekan kedua Oktober 2016.

K 1600 B adalah motor penjelajah yang berbasis pada desain Concept 101 yang diperkenalkan pada 2015.

Huruf B sendiri merupakan singkatan dari kata Bagger, jenis motor custom yang sangat populer di negeri Paman Sam.

Karena dirancang sebagai motor mewah dengan performa tinggi, K 1600 B menggunakan mesin 1.649 cc dengan konfigurasi 6-silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga 160 hp.

Secara garis besar BMW Motorrad mengatakan K 1600 B ini "sinonim dengan keanggunan, tenaga, dan kemewahan di kendaraan roda dua dan mengubah setiap jalan, perjalanan, dan momen menjadi pengalaman yang intens".

Motor ini sebagian besar didasarkan pada teknologi yang digunakan pada BMW K 1600 GT, dengan desain yang spektakuler.

Desain ini tak hanya membuat motor menjadi lebih rendah dan ramping, namun juga mengurangi ketinggian kursi penumpang berkat desain rangka pada bagian belakang.

BMW Motorrad Concept 101 - OFFICIAL REVEAL /Test DRIVE

Selain memajang sepeda motor terbaru, pada gerai seluas 1.600 meter persegi di EICMA nanti BMW Motorrad juga akan memajang aksesori orisinal, termasuk suku cadang yang bisa digunakan untuk memodifikasi keluarga Heritage, perlengkapan berkendara untuk musim mendatang, dan beberapa produk lainnya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR