TIP OTOMOTIF

Cara mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti ban

Ilustrasi ban pada motor
Ilustrasi ban pada motor | Shutterstock /Shutterstock.com

Mengecek ban sebenarnya pekerjaan yang mudah, namun kerap dilupakan oleh para sepeda motor. Padahal pengecekan mesti rutin dilakukan karena adakalanya sekilas ban terlihat baik-baik saja namun ternyata mesti diganti demi keselamatan pengendara.

Bagus Ardian, Marketing Communication Manager Planet Ban, seperti dikutip Detik, menjelaskan ban motor memiliki masa pakai yang berpengaruh pada kualitas dan kelayakan pakai ban tersebut.

Menurut Bagus, motor yang digunakan harian itu umur bannya biasanya antara 1-1,5 tahun untuk ban depan dan 10-12 bulan untuk ban belakang.

"Itu sesuai dengan riset kita dan itu hitungan untuk ban tubeless. Itu untuk merek lokal. Kalau merek luar bisa tiga bulan lebih lama," ujarnya. "Sedangkan untuk ban yang ada ban dalamnya atau tube type, selisih satu bulan lebih sebentar dari ban tubeless. Tapi kalau ban dalam, bila sama sekali tidak pernah bocor atau kena paku, umurnya bisa sampai 1-1,5 tahun."

Sebenarnya ada cara mudah untuk mengetahui masa pakai ban. Anda dapat membaca kode pada dinding ban. Sebagai contoh, jika di sana tertulis angka ''5212'', artinya ban tersebut dibuat pada minggu ke-52 tahun 2012.

Menurut Indomoto, banyak mekanik yang menyarankan agar ban diganti jika sudah berumur tiga sampai empat tahun dari waktu produksi yang tertera pada ban tersebut.

Selain itu, Anda bisa mengetahui kapan waktu yang ideal untuk mengganti ban dengan mengecek Tread Wear Indicators (TWI) yang terdapat di dinding dan tapak ban. TWI, yang berbentuk segitiga kecil di dinding ban dan tonjolan kecil di telapak ban, merupakan tanda batas keausan ban yang diizinkan. Jika tanda itu sudah tipis, sebaiknya segera ganti ban motor Anda.

Tak hanya berpatokan pada kode pada dinding ban atau TWI yang menjadi alasan Anda untuk mengganti ban. Laman resmi jenama FDR menuliskan beberapa faktor yang mempengaruhi masa pakai ban.

Salah satunya adalah cara Anda dalam berkendara. Jika Anda adalah pengendara motor yang agresif dan selalu mengendarai motor dalam kecepatan tinggi, jangan heran jika umur ban Anda tidak lama.

Berkendara dalam kecepatan tinggi, melewati tikungan dengan cepat dan akselerasi cepat bisa mengurangi usia ban motor dibandingkan pengendara yang menunggangi motornya dalam kecepatan yang normal. Juga kondisi jalanan yang Anda lalui setiap harinya akan dapat mempengaruhi usia ban motor Anda.

Jadi, kami sarankan Anda untuk terus mengecek ban motor Anda secara berkala.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR