MOTOR BARU

Deretan sepeda motor terbaru nan canggih di IMOS 2018

Sepeda motor kini tak hanya bicara soal desain, tapi juga dilengkapi dengan segudang fitur dan teknologi canggih
Sepeda motor kini tak hanya bicara soal desain, tapi juga dilengkapi dengan segudang fitur dan teknologi canggih | Randi Aditya /Beritagar.id

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menjanjikan pameran sepeda motor yang tak hanya menghadirkan unit motor baru, namun juga menyisipkan teknologi sepeda motor yang fokus pada efisiensi konsumsi bahan bakar, gas buang ramah lingkungan, dan perangkat pendukung keamanan bagi pengendara serta pejalan kaki.

Benar saja apa yang dipaparkan AISI pada konferensi pers ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018. Hal ini dibuktikan oleh empat jenama yang tergabung dalam AISI, yakni Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha. Mereka menghadirkan produk-produk termutakhir dengan teknologi dan fitur canggih.

Setelah hampir satu hari penuh tim Beritagar.id menelusuri pameran IMOS 2018 (31/10), kami sempat melihat produk-produk termutakhir dengan teknologi dan fitur canggih dari jenama tersebut.

Motor terbaru apa saja yang mejeng di IMOS 2018 yang digelar pada 31 Oktober hingga 4 November 2018? Berikut penelusuran yang berlokasi Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Kawasaki ZX-6R

Bagi pencinta Kawasaki di kelas 600cc, silakan menyambangi Assembly Hall, JCC, Senayan. Pasalnya, PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memulai peluncuran Kawasaki New ZX-6R. Motor yang kental dengan aura sport ini mengalami 3 pembaruan dari pendahulunya, yaitu pada fitur teknologi, kelistrikan, dan tampilan.

Kecanggihan teknologi pada motor ini terletak pada fitur Quick Shifter (KQS). Teknologi ini membuat pengendara dapat memindahkan gigi tanpa menarik kopling.

Selain itu, ZX-6R baru juga dilengkapi Kawasaki Traction Control-3 Mode (KTRC) dengan 3 moda yang bisa dipilih saat berkendara; moda 1 dan 2 yaitu maximum acceleration, yang bisa digunakan di aspal kering. Sementara moda 3, Riding Stability, bisa digunakan di aspal basah.

Motor berkapasitas mesin 636cc juga sudah dilengkapi selectable power modes, sehingga pengendara bisa memilih mode power rendah atau tinggi saat berkendara.

Motor dengan banderol Rp299.400.000 ini akan hadir di dealer resmi Kawasaki pada bulan Januari 2019. Tak ketinggalan fitur Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brake System (KIBS) telah disematkan. Sistem ini mampu membuat pengereman dengan presisi tinggi dengan rancang desain untuk karakteristik motor supersport.

ZX-6R yang dibanderol Rp299.400.000 on the road Jakarta
ZX-6R yang dibanderol Rp299.400.000 on the road Jakarta | Randi Aditya /Beritagar.id

Suzuki GSX-R150 ABS

Pada Maret 2017, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan Suzuki GSX-R150 pertama kali di Indonesia. Pada saat itu, motor sport fairing tersebut hadir dengan fitur canggih, seperti modern keyless start dan menjadi motor dengan fitur terlengkap di kelas 150cc.

Selang setahun, Suzuki GSX-R150 ingin membuktikan bahwa motor sport andalan mereka tetap paling canggih dalam urusan perangkat keamanan dan keselamatan. Maka pada IMOS 2018, PT SIS membenamkan fitur keamanan, Anti-lock Braking System (ABS) pada sistem pengereman Suzuki GSX-R150.

Fungsi utama penggunaan ABS pada sepeda motor adalah mengatur sistem pengereman agar tidak mengunci ketika pengendara melakukan tindakan pengereman secara mendadak atau hard braking.

Berkat penggunaan ABS ini pula harga Suzuki GSX-R150 naik sekitar Rp 3 jutaan dari model paling tertinggi atau dijual Rp 33,15 juta dengan status on the road Jakarta.

Suzuki GSX-R150 dengan ABS berkelir putih
Suzuki GSX-R150 dengan ABS berkelir putih | Randi Aditya /Beritagar.id

Honda PCX Elektric

Untuk pertama kalinya, PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan skuter listrik terbarunya pada IMOS 2018. Skutik tersebut adalah PCX Electric, yang hadir di zona Advance booth AHM bersama Forza 250 dan PCX Hybrid.

Honda PCX eletric di IMOS 2018 hanya sebatas dipamerkan, sekaligus melakukan tes pasar terkait motor ramah lingkungan ini. Toshiyuki Inuma, President Director PT AHM Honda PCX electric memaparkan bahwa skutik ini dihadirkan untuk menghadapi tren motor listrik di Indonesia.

Meski dipajang, pihak AHM belum mau mengatakan kapan PCX Electric ini akan resmi dijual di Indonesia.

Yamaha FreeGo

Setelah ramai dengan segmen MAXI Yamaha (NMAX, Aerox, dan Lexi) PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kini melengkapi lini model skutik terbaru di kelas 125cc, Yamaha FreeGo.

Memiliki desain lebih segar, Yamaha FreeGo menjadi senjata baru Yamaha untuk terus bersaing di kelas skutik entry level. Mengusung tagline “The Amazing Matic”, Yamaha memposisikan Yamaha FreeGo di kasta tertinggi skutik harian kelas 125 cc untuk melengkapi jajaran skutiknya saat ini seperti Mio S dan Mi M3.

Meski masuk segmen skutik entry level, FreeGo memiliki fitur canggih yang bahkan belum dimiliki segmen di atasnya. Sebut saja, mesin 125cc Blue Core dengan sistem intake baru ditambah fitur Smart Motor Generator (SMG), Smart Key System (SKS) memudahkan menyalakan mesin tanpa kunci manual, immobilizer serta answer back, lampu utama LED, lampu hazard, electric power socket, speedometer full digital, dan Stop & Start System (SSS).

Selain fitur, FreeGo juga menawarkan kepraktisan bagi pengendara dengan kapasitas bagasi lebih luas dari NMAX yaitu 25 liter, tangki bahan bakar di bawah dek depan, pelek 12 inci, dan menjadi satu-satunya skutik 125cc Yamaha yang dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS).

Harga yang ditawarkan FreeGo cukup kompetitif, yaitu mulai dari Rp18,5 juta hingga Rp 22,5 juta, on the road DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kapasitas bagasi 25 liter milik FreeGo bahkan lebih luas dari Lexi dan NMAX
Kapasitas bagasi 25 liter milik FreeGo bahkan lebih luas dari Lexi dan NMAX | Randi Aditya /Beritagar.id

Perlengkapan berkendara pun semakin canggih

Tak hanya menampilkan sepeda motor baru berteknologi canggih, perlengkapan berkendara pun juga mengalami sentuhan teknologi yang tak kalah memukau.

Salah satu produsen helm yang meramaikan IMOS 2018, NHK memperkenalkan helm baru berteknologi MotoGP, yaitu NHK GP-R Tech.

Helm yang juga digunakan oleh pebalap MotoGP, Karel Abraham, kini dipasarkan untuk konsumen Indonesia. NHK GP-RTech dikembangkan dan diriset langsung oleh Karel Abraham. Tidak tanggung-tanggung, NHK GP-RTech melakukan pengetesan di 19 sirkuit MotoGP serta dengan beragam kondisi cuaca.

Tanpa penutup telinga sekalipun, NHK GP-RTech tetap kedap melaju di lintasan balap berkecepatan tinggi
Tanpa penutup telinga sekalipun, NHK GP-RTech tetap kedap melaju di lintasan balap berkecepatan tinggi | Randi Aditya /Beritagar.id

Ada beberapa inovasi yang disematkan pada NHK GP-RTech seperti ventilasi di samping kiri dan kanan. Selain itu, NHK GP-RTech juga memiliki teknologi yang mengurangi kebisingan suara pada saat udara atau angin masuk sehingga tidak mengganggu konsentrasi pengguna saat berkendara.

Dengan teknologi dan biaya riset yang tinggi, harga yang dibanderol NHK GP-RTech tidak semahal yang dibayangkan. Helm ini dibanderol Rp 2,8 juta.

Catatan redaksi: Beritagar.id merupakan mitra media acara Indonesia Motorcycle Show 2018
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR