Deru Toyota Sienta makin terdengar

Toyota Sienta 2015.
Toyota Sienta 2015. | /Newsroom.toyota.co.jp

Diresmikannya pabrik mesin baru Toyota di Karawang, Jawa Barat, Senin (7/3/2016), membuat rumor segera datangnya produk baru bernama Toyota Sienta bergulir semakin kencang.

Pabrik khusus mesin ketiga milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) itu akan memproduksi mesin bensin 1.300cc dan 1.500cc berkode NR, khususnya R-NR.

Mesin tersebut, menurut Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono kepada detikOto, memang diperuntukkan bagi model mobil baru dengan penggerak roda depan. Namun Warih menolak menyebutkan model baru apa yang akan menggunakan mesin tersebut.

"R-NR untuk introduction new model. Sabar sedikit," kata Warih.

Beberapa Sienta tipe V, X, dan G, seperti tercantum dalam rilis pers Toyota, menggunakan mesin 2NR-FKE 1,5 liter.

Sementara, seorang pejabat TMMIN yang tidak mau disebutkan namanya, kepada Viva.co.id membenarkan bahwa mesin tersebut diperuntukkan bagi multi-purpose vehicle (MPV) terbaru Toyota Sienta.

Ia menyatakan mobil tersebut bakal meluncur sebelum Idul Fitri 2016, yang jatuh pada tanggal 6 Juli, atau paling lambat saat diselenggarakannya Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2016 pada 11-20 Agustus 2016.

"Nanti juga ada undangannya, tunggu saja," kata sumber tersebut.

Pesaing Honda Freed

Jika Sienta jadi dirilis Toyota maka, Honda Freed, yang lama berkuasa sendirian di kelas medium MPV pasar otomotif nasional, akan menemukan pesaing hebat.

Rumor mengenai akan hadirnya MPV kelas menengah dari Toyota ini sudah bergulir sejak akhir tahun lalu. Kemudian pada Januari 2016, laman KompasOtomotif menerbitkan foto mobil mirip Sienta yang tertangkap kamera seorang pengendara motor tengah dites di kawasan Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah.

Lalu pada 20 Januari, Tribunnews mendapat bocoran dari seorang sumber di Toyota Indonesia yang menyatakan MPV 7 penumpang itu akan dipamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 yang berlangsung 7-17 April di Jakarta.

Akhir Januari, Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, enggan berkomentar saat dikonfirmasi walau dia kemudian menyatakan keberadaan MPV sangat penting di Indonesia.

"Biar bagaimanapun, segmen MPV akan lebih cocok untuk Indonesia. MPV sebenarnya ini besar, dan kalau dipelajari di dalamnya banyak perbedaan-perbedaan, dan selalu akan ada kebutuhan baru. Kami akan selalu berusaha memenuhi keinginan itu," kata Henry kepada Otodriver.

Gandhi Ahimsaputra, Product Knowledge PT TAM, menutup rapat-rapat informasi tersebut ketika ditanyakan para jurnalis disela-sela acara Test Drive All New Toyota Fortuner akhir Januari silam.

7, 6, dan 5 kursi

Sejak kemunculannya di Jepang pada 9 Juli 2015, Toyota Global sepertinya tertarik untuk memboyong varian Sienta ke Indonesia, tentunya guna mencicipi 'kue' yang selama ini didominasi Honda Freed.

Seperti dikabarkan Carscoops, Toyota Sienta disajikan dalam beberapa varian menarik yang bisa dipilih sesuai keinginan konsumen Negeri Matahari Terbit tersebut. Mulai dari seri G, X, Hybrid G, hingga model tuning khusus seperti Modellista dan TRD Sportivo.

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan Toyota Sienta adalah tata ruang dalamnya yang bisa diubah dari 7 kursi, menjadi 6 atau 5 kursi. Konfigurasi 5 kursi dikhususkan untuk penumpang berkursi roda.

Versi bensin dibekali mesin 4-silinder 1,5 liter dengan VVT. Dikabarkan versi tersebut mampu menghasilkan tenaga 109 hp, dengan konsumsi bahan bakar 20,6 km/liter.

Sedangkan untuk mesin hibrida, Toyota membekalinya dengan mesin bensin 1,5 liter dan motor listrik bertenaga 74 hp. Pada seri ini, guna memperoleh keringanan pajak dan mendapatkan pengakuan sebagai mobil ramah lingkungan, Toyota mencoba menekan konsumsi bahan bakar menjadi 27,2 km/liter.

Sekilas tampilannya mirip Toyota Aqua, namun Sienta tampil cukup kental dengan nuansa Sporty. Dengan ukuran panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.470 mm, kesan modern bisa dilihat dengan jelas pada sektor penerangan yang telah didukung oleh teknologi LED, serta ditunjang desain yang tampak mewah.

Mobil ini dibanderol mulai JPY1,6 juta, atau setara Rp185 juta, untuk model dasar, hingga versi mesin hybrid yang berharga JPY2,3 juta, atau sekitar Rp252 juta.

2015 トヨタ シエンタ(NSP170G)TOYOTA SIENTA /carmovie
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR