Dongkrak konsentrasi berkendara dengan aroma pilihan pengharum mobil

SPONSOR: Asuransi Astra
Ilustrasi dongkrak konsentrasi saat berkendara
Ilustrasi dongkrak konsentrasi saat berkendara | /Shutterstock

Penggunaan transportasi roda empat di Indonesia masih tergolong tinggi. Secara umum, masyarakat di Indonesia masih mengandalkan mobil pribadi untuk menunjang berbagai aktivitas, mulai dari berangkat kerja, pemanfaatan untuk transportasi daring, hingga pelesir bersama keluarga.

Bagi masyarakat yang rutin menggunakan mobil pribadi dalam menunjang aktivitas sehari-hari, sangat dianjurkan memperhatikan kenyamanan mobil, salah satunya adalah soal memilih aroma dalam kabin. Menurut beberapa studi, pemilihan aroma mobil yang sesuai selera pengemudi bisa meningkatkan konsentrasi dan mengurangi risiko kecelakaan.

Tersebab hal itu, ketika Anda hendak memilih pengharum untuk kabin mobil, pahami jenis aroma yang disukai serta sesuaikan dengan rute perjalanan yang sering Anda tempuh. Berikut pemaparan masing-masing aroma pada mobil yang bisa menjadi rujukan sebelum berkendara.

Lemon

Aroma lemon merupakan salah satu pengharum mobil yang digemari. Hal ini disebabkan aroma lemon bisa membuat nuansa kabin terasa segar yang bisa membuat penghuni kabin mobil lebih santai, sehingga cocok bagi pengemudi yang menempuh perjalanan jauh di tengah terik matahari dengan kondisi lalu lintas yang sangat padat.

Menggunakan lemon sebagai pengharum kabin mobil bisa dengan dua cara. Pertama, lemon diiris beberapa potong lalu tempatkan pada wadah. Kedua, irisan lemon tadi bisa ditambahkan air dan masukkan ke dalam wadah tertutup dengan diberi sedikit lubang agar aroma lemon menyebar ke seluruh kabin.

Kopi

Aroma pada kopi dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi, Tak hanya saat diminum saja, aroma kopi yang dijadikan pengharum pada kabin mobil juga bisa meningkatkan konsentrasi saat berkendara. Keuntungan lain dari roma kopi adalah bisa menutupi bau tak sedap di dalam mobil.

Aroma dedaunan

Bagi Anda yang memiliki indra penciuman yang sensitif sehingga mudah mual bila menghirup aroma pekat, perlu pengharum kabin dengan aroma alami seperti aneka dedaunan. Ada beberapa aroma dedaunan alami untuk kabin mobil seperti daun teh, daun pandan, hingga kayu manis.

Anda bisa memotong sekecil mungkin daun-daun tersebut dan menyimpan di bagian mobil yang diinginkan. Dengan begitu Anda bisa membuat nuansa di alam bebas selama berkendara.

Peppermint

Aroma peppermint (minyak min) juga direkomendasikan untuk pengharum mobil. Hal tersebut bisa membuat nuansa segar di dalam kabin dan membuat pengemudi tidak mudah bosan saat menyetir. Peppermint juga diyakini memiliki aroma yang membuat penghuni mobil lebih bersemangat menjalani rutinitas dan membuat perjalanan terasa lebih menyenangkan.

Aroma laut

Bila Anda merasa suntuk terkena macet saat berkendara mobil, cobalah menghirup udara laut atau pantai. Namun, Anda tidak perlu menunggu liburan panjang untuk menikmati nuansa laut tersebut. Caranya cukup mudah, Anda dapat meletakkan pengharum mobil beraroma laut di dashboard atau tempat yang tidak mengganggu jarak pandang Anda.

Aroma laut diyakini membuat pengemudi merasa lebih rileks dan fokus ketika berkendara di tengah kemacetan maupun perjalanan jarak jauh.

Usai menemukan aroma yang cocok untuk kabin mobil dalam menemani perjalanan, tentunya membuat tubuh dan pikiran Anda akan merasa lebih tenang. Hal tersebut bisa memengaruhi ketenangan Anda selama berkendara dan menjaga konsentrasi sepanjang perjalanan.

Namun, satu hal yang patut diingat adalah perilaku berkendara tiap orang berbeda-beda. Meski cara berkendara Anda sudah benar, tidak demikian dengan pengguna kendaraan lain. Terkadang, hal-hal di luar dugaan Anda bisa saja terjadi mendadak seperti tertabrak kendaraan lain atau tindakan kriminal.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat merugikan tadi, Anda dapat memberikan perlindungan tambahan berupa asuransi kendaraan tepercaya seperti Asuransi Garda Oto yang memberikan kemudahan untuk mendaftar maupun saat proses klaim.

Hanya dengan mengakses Garda Oto Digital melalui gawai, Anda bisa membeli asuransi dan melakukan klaim di tempat yang Anda tentukan dalam genggaman Anda.

Tak hanya itu, Garda Oto juga punya fitur Garda Akses (tim call center profesional yang dapat dihubungi kapan pun), Garda Siaga (tim yang siap membantu selama 24 jam jika terjadi masalah darurat) tanpa pungutan biaya, dan pengajuan emergency request sesuai kebutuhan yang dapat menghemat waktu dan biaya. #TauGitu tidak perlu menunggu lagi untuk mendaftarkan kendaraan Anda karena Garda Oto menawarkan beragam kemudahan.

Khusus di bulan Agustus, Garda Oto Digital memiliki momen kemerdekaan Indonesia ke-74 berupa bonus e-toll senilai Rp 800 ribu, voucer BBM Pertamina 25 liter hingga 65 liter, perluasan kecelakaan diri pengemudi dan penumpang dengan limit Rp 10 juta, serta nikmati cicilan 0% kartu kredit PermataBank, BCA, dan Mandiri.

Bagi Anda yang ingin mencari tahu lebih detail tentang promo kemerdekaan Garda Oto Digital, Anda dapat langsung mengakses tautan berikut ini.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR