Faktor yang memengaruhi kenyamanan mobil keluarga

SPONSOR: Mitsubishi Motors
Ilustrasi mobil keluarga yang nyaman.
Ilustrasi mobil keluarga yang nyaman. | /Mitsubishi

Mobil keluarga jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) merupakan salah satu jenis mobil yang paling laris di Indonesia. Faktor ukuran dan kenyamanan menjadi faktor utama yang membuat mobil jenis MPV laris manis.

Bicara mobil keluarga, kenyamanan memang faktor utama yang harus diperhatikan saat memutuskan membeli mobil baru. Jika tidak cermat dalam memilih mobil, perjalanan yang seharusnya memberikan pengalaman menyenangkan bagi seluruh keluarga, justru akan berbalik menjadi pengalaman buruk.

Faktor apa saja yang memengaruhi kenyamanan sebuah mobil keluarga? Simak uraian di bawah ini.

Ukuran kabin

Faktor yang paling memengaruhi kenyamanan sebuah mobil adalah ukuran kabinnya. Mobil yang terlihat besar belum tentu menawarkan kabin yang lega dan akomodatif, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, Anda perlu mencoba langsung mobil yang hendak dibeli di diler agar bisa merasakan langsung kenyamanan kabinnya. Pastikan jumlah kursi yang tersedia sesuai dengan jumlah anggota keluarga Anda, sehingga dapat memberikan kenyamanan untuk seluruh penumpang saat bepergian.

Ground clearance

Selain ukuran kabin, jarak pijak mobil ke tanah atau ground clearance juga sangat memengaruhi kenyamanan sebuah mobil keluarga. Mobil dengan jarak pijak yang tinggi lebih mudah diajak bermanuver melalui berbagai kontur jalan saat mobil dalam kondisi penuh penumpang. Jika jarak pijak ke tanah rendah, mobil akan terasa amblas saat penuh penumpang dan kolong mobil lebih berisiko terbentur saat melalui jalan yang tidak rata atau polisi tidur.

Fitur keamanan

Rasa aman juga merupakan bagian dari kenyamanan. Fitur keamanan yang lengkap pada mobil keluarga memberikan rasa nyaman saat bepergian dengan orang-orang tersayang. Pastikan mobil yang dipakai memiliki fitur keamanan lengkap yang menunjang keselamatan seluruh penumpang, seperti rangka yang kuat, airbag, ABS (Anti-lock Braking System), Active Stability Control, dan Hill Start Assist.

Fitur pelengkap

Karena ditargetkan untuk keluarga, mobil keluarga kelas MPV seharusnya memiliki sejumlah fitur pelengkap yang dapat mendukung kenyamanan saat digunakan untuk bepergian. Kapasitas bagasi yang besar dan AC double-blower merupakan contoh fitur pelengkap yang seharusnya ada di mobil keluarga. Dengan bagasi yang besar, Anda dapat menempatkan barang bawaan tanpa mengganggu kenyamanan penumpang. Sedangkan AC double-blower memastikan seluruh penumpang khususnya di bagian belakang mendapatkan udara dingin yang cukup sehingga kenyamanan selama perjalanan tetap terjaga.

Salah satu mobil MPV yang memenuhi seluruh kriteria di atas adalah Mitsubishi Xpander. Dengan desain yang futuristik, kabin yang luas, dan fitur yang lengkap, Xpander merupakan mobil yang menjanjikan kenyamanan saat pergi bersama keluarga.

Ditambah lagi khusus pembelian mobil Xpander bulan Maret 2019, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), sebagai distributor resmi kendaraan Mitsubishi, memberikan ragam promo menarik dan pembiayaan yang ringan. Detail promonya bisa Anda lihat pada tautan ini.

SPONSOR: Mitsubishi Motors
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR