Fitur pada mobil yang berguna saat perjalanan jarak jauh

SPONSOR: Asuransi Astra
Fitur mobil untuk perjalanan jauh
Fitur mobil untuk perjalanan jauh | /Shutterstock

Idulfitri menjadi momen berharga untuk menghabiskan waktu bersama kerabat dan keluarga. Situasi Lebaran, biasanya dimanfaatkan untuk mengunjungi sanak saudara yang berbeda kota serta menikmati libur panjang lebaran dengan mengunjungi tempat-tempat wisata.

Hal yang tak dapat dihindari dari libur panjang Lebaran adalah tingginya pengguna mobil pribadi. Besarnya jumlah pengguna mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya keleluasaan untuk berhenti di mana pun, kemudahan untuk mengangkut penumpang dan barang, serta mampu memprediksi waktu tiba.

Dalam pelaksanaannya, hampir seluruh pemudik atau pelancong yang berwisata di masa libur panjang Lebaran, membutuhkan mobil dengan fitur-fitur keselamatan dan kenyamanan selama di perjalanan. Apa saja fitur-fitur yang dimaksud tersebut? Berikut daftarnya.

AC climate control

Sistem climate control berfungsi mengatur besaran angin yang dihembuskan dari kisi-kisi AC secara otomatis. Fitur ini mampu membaca kecepatan kipas, arah ventilasi, kerja kompresor, dan sistem pemanas. Bila suhu udara di luar sangat dingin, climate control akan mengatur kompresor AC berhenti bekerja, menutup saluran evaporator, dan mengalirkan udara hangat dari heater core.

Sebaliknya, jika udara di luar panas, climate control akan menutup ventilator dan memutar kipas pendingin dengan kecepatan maksimum.

Cruise control

Fitur cruise control merupakan fitur pada mobil dengan fungsi mengatur kecepatan mesin tanpa membutuhkan pijakan pedal gas. Fitur ini memungkinkan mobil untuk tetap bergerak dengan kecepatan yang stabil tanpa kaki harus menginjak pedal gas. Untuk mengaktifkan cruise control, Anda harus memacu kecepatan sesuai yang diinginkan, misalnya 60 kilometer per jam kemudian tekan tombol cruise control pada lingkar kemudi.

Vehicle stability control (VSC)

VSC berfungsi untuk menjaga kendaraan agar tetap stabil mengikuti jalur. Saat mobil menikung atau berpindah jalur dan terjadi gejala kehilangan traksi pada salah satu roda, sistem VSC secara otomatis membantu mengurangi tenaga. Hal ini dapat membantu pengemudi tetap mengontrol kendaraan secara aman. Fitur keselamatan ini bisa mencegah mobil mengalami understeer atau oversteer ketika menikung. Karena umumnya, traksi ban tidak semua sama ketika menikung, terutama ketika melintasi jalanan licin atau berpasir.

Hill start assist (HSA)

Fitur yang mulai banyak diaplikasi pada mobil adalah Hill Start Assist (HSA). HSA merupakan fitur tambahan keselamatan yang sifatnya aktif ketika mobil sedang dalam posisi menanjak. Cara kerja fitur ini secara otomatis akan menahan rem selama 2-3 detik dan memberikan waktu lebih luas bagi pengemudi untuk menguasai mobilnya saat berada di tanjakan.

Adanya fitur ini akan memberikan momentum mobil tidak bergerak turun atau merosot ketika pengendara melepas rem tangan atau pedal rem ketika memulai menginjak gas untuk berakselerasi.

Fitur HSA sangat cocok digunakan saat menghadapi kemacetan di jalan menanjak. Hal tersebut dapat membantu orang yang tak mahir melaju di tanjakan dan menghindari tabrakan akibat mobil kehilangan momentum ketika menanjak.

Untuk menghindari hal-hal yang tak terduga selama berkendara, Anda dapat memberikan perlindungan asuransi kendaraan dari Garda Oto Digital untuk mobil kesayangan. Pasalnya, selama dalam perjalanan, terutama perjalanan jarak jauh, berbagai kejadian tak terduga terus mengintai Anda.

Salah satu layanan yang ditawarkan oleh Garda Oto Digital adalah kemudahan proses pendaftaran dan proses klaim hanya dengan mengakses aplikasi melalui gawai jika memerlukan bantuan terkait asuransi kendaraan pemilik.

Dengan fitur kemudahan yang diberikan oleh Garda Oto Digital, Anda dapat dengan mudah mendaftarkan kendaraan Anda, memantau klaim, antar jemput kendaraan menuju bengkel yang telah Anda tentukan, hingga melaporkan dan mengecek polis asuransi.

Yang lebih menarik, Garda Oto Digital memberikan kemudahan pembayaran dengan cicilan 0 persen bagi pemegang kartu kredit. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, #TauGitu tentu Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk memberikan perlindungan pada mobil. Yuk, cari tahu lebih detail tentang informasi Garda Oto Digital dengan mengakses tautan ini.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR