G 310 R, motor kolaborasi TVS-BMW diproduksi massal

TVS-BMW G310R siap menggoyang pasar Duke Series di kelas 300cc
TVS-BMW G310R siap menggoyang pasar Duke Series di kelas 300cc | BMW motorrad.com

Motor yang dinanti-nanti itu akhirnya tiba. BMW Motorrad berkolaborasi dengan TVS memutuskan untuk memproduksi massal G 310 R, motor berkonsep street fighter yang ptototipenya diperkenalkan pada ajang Sao Paulo Auto Show di Brasil pada Oktober lalu. Demikian dikabarkan Motoroids, Rabu (11/11/2015).

Inilah motor pertama hasil kerjasama pabrik Jerman dan India yang dimulai pada 2013 itu. G 310 R, atau disebut juga TVS-BMW K03, merupakan produk pertama hasil kerja sama BMW Motorrad dan TVS yang dimulai sejak 2013. Motor ini dibuat dengan bimbingan dari juara dunia stunt riding empat kali Chris Pfeiffer.

Rencananya G 310 R akan diperlihatkan kepada publik untuk pertama kalinya dalam ajang ekshibisi sepeda motor dunia EICMA di Milan, Italia, 19-22 November 2015, menyusul kemudian di Delhi Auto Expo pada awal 2016.

Rancang bangun motor ini, yang berbasis desain seri S 1000 RR, seluruhnya dikerjakan di Munich, Jerman, oleh BMW Motorrad. Akan tetapi, agar harganya kompetitif, produksinya akan dilakukan di pabrik TVS di Bangalore, India.

Bagi BMW, ini adalah motor kelas pemula dengan volume mesin di bawah 500cc pertama yang pernah mereka produksi.

Rush Lane mengabarkan dukungan mesin inovatif liquid-cooled satu silinder 313 cc dengan dua overhead camshafts (DOHC) mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 34 hp pada 9.500 rpm. Dibekali transmisi manual 6 kecepatan, G 310 R mampu berlari kencang hingga 144 km/jam.

Dikatakan juga bahwa G 310 R memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang rendah dan efisien, diklaim untuk satu liter bahan bakar motor ini mampu menempuh jarak 36,05 km. Kapasitas tangkinya sendiri mencapai 11 liter.

Motor ini juga relatif ringan dengan bobot bersih 158,5 kilogram.

Sport Rider menganggap roadster ini bakal bisa diterima oleh para pecinta motor di Eropa dan Asia terutama karena performa mesinnya.

Desain rangka yang diklaim menunjang kelincahan motor ini juga dinilai sebagai sebuah nilai tambah. Sokongan suspensi depan yang bertipe Upside Down (USD) dan suspensi tunggal di belakang memungkinkan motor ini bermanuver dengan lincah.

"Satu silinder, ringan, performa dinamis dan bertenaga - BMW G 310 R memboyong esensi murni sebuah BMW roadster. Ia tidak berlebihan, juga tidak kekurangan. Pragmatik adalah kata yang tepat untuk menggambarkannya. Ia menawarkan semua yang diperlukan --performa dan kenyamanan, baik di kota maupun pedesaan," demikian dituliskan BMW dalam rilis resmi.

Di kelas di bawah 500cc, G 310 R akan bersaing dengan KTM Duke 200/390 dan RC200/390 (Duke series) yang juga dirakit di India.

Harga jual G 310 R belum dirilis namun Motoroids menyarakankan agar dibanderol tak jauh beda dengan KTM Duke series, yang dijual sekitar Rp46 jutaan di India.

BMW G 310 R Roadster:India (HD) /ABHIJITH AS
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR