Hati-hati, bahan-bahan berikut dapat membahayakan komponen mobil

SPONSOR: Asuransi Astra
Ilustrasi bahan yang berbahaya bagi komponen mobil
Ilustrasi bahan yang berbahaya bagi komponen mobil | /Shutterstock

Rajin membersihkan eksterior dan interior mobil kesayangan sendiri wajar saja dilakukan. Hal tersebut bisa menjaga kualitas komponen mobil tetap terjaga dan membuat harga jual kembali kendaraan di posisi stabil.

Namun, tak sedikit pemilik mobil yang melakukan perawatan secara ekonomis. Pemilik cenderung menggunakan bahan atau cairan yang mudah didapat dengan harga relatif murah. Hal tersebut justru memperpendek usia komponen-komponen mobil dan merusak komponen tersebut.

Untuk menghindari perusakan dini pada komponen mobil, ada baiknya pemilik kendaraan menjauhi penggunaan bahan-bahan berbahaya kala membersihkan komponen mobil sebagai berikut.

Oli mesin

Bagi sebagian pemilik mobil, oli mesin yang tidak terpakai kerap digunakan untuk memoles bagian mesin atau pinggiran ban agar terlihat kinclong dan mengilap. Padahal, tetesan oli mesin yang mengenai bagian busi bisa merusak sistem pengapian. Sementara, bila oli mesin digunakan untuk menyemir ban akan berisiko membuat traksi ban ke aspal jauh berkurang sehingga ban lebih mudah selip.

Minyak rem

Minyak rem memiliki kemampuan mengilapkan kembali bagian plastik-plastik yang menempel pada bodi mobil seperti karet penahan lumpur (kepet) yang mulai mengusam.

Namun, di satu sisi minyak rem memiliki sifat fluida yang merupakan cairan berbahaya perusak cat mobil. Bila terkena minyak rem, cat mobil dapat mengelupas hingga timbul risiko karat atau korosi. Pilihlah pemoles khusus mobil yang memiliki bahan lebih aman.

Pembersih jamur kaca murah

Ketika kaca mobil berjamur, pemilik biasanya mengambil jalan pintas dengan menggosok dengan obat pembersih jamur kaca mobil berharga murah. Untuk jangka pendek, jamur kaca bisa hilang, namun dampak jangka panjangnya bisa membuat kaca baret atau menimbulkan noda permanen. Jika sudah demikian, estetika dan pandangan saat berkendara juga bisa terganggu.

Losion anti nyamuk

Losion anti nyamuk bisa digunakan sebagai solusi sementara untuk menyamarkan goresan pada bodi mobil. Pasalnya losion anti nyamuk memiliki senyawa filler yang bisa menambal goresan. Hanya saja, penggunaannya hanya sementara dan langsung hilang ketika mobil dicuci atau terkena air.

Namun, senyawa filler ternyata memiliki tingkat keasaman tinggi. Hal ini mengakibatkan rusaknya cat mobil karena tingkat keasaman yang tinggi. Pemilik mobil sebaiknya membawa kendaraan ke bengkel tepercaya atau membeli cairan yang dikhususkan untuk menyamarkan goresan bodi mobil.

Detergen dan sabun colek

Beberapa pemilik mobil menggunakan detergen dan sabun colek untuk mencuci pelek atau ban mobil. Musababnya, detergen dan sabun colek memiliki harga relatif murah dan mudah didapatkan.

Padahal, kandungan pada detergen dan sabun colek cenderung keras dengan tekstur kasar. Bila dua bahan tersebut digunakan untuk mencuci mobil, risikonya bisa merusak lapisan pelindung cat bodi, memudarkan warna cat, dan membentuk noda yang sulit hilang.

Solusi tepat agar komponen mobil tetap awet dalam waktu lama adalah melakukan perawatan di salon-salon mobil tepercaya. Selain mendapatkan kualitas pengerjaan terbaik, Anda dapat berkonsultasi kepada teknisi ahli mengenai komponen mobil mana saja yang bisa dirawat sendiri secara optimal.

Kenali Bahan Berbahaya Bagi Komponen Mobil /Beritagar ID

Setelah Anda memahami cara merawat komponen mobil secara benar, langkah selanjutnya yang membuat tampilan mobil tetap maksimal adalah memberikan perlindungan tambahan dari hal tak terduga seperti tabrakan atau kecelakaan yang membuat mobil harus mendapat perbaikan total. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa membeli asuransi mobil tepercaya seperti Asuransi Garda Oto.

Kelebihan Asuransi Garda Oto adalah memberikan kemudahan saat mendaftar maupun melakukan proses klaim. Cukup mengakses Garda Oto Digital melalui gawai, Anda bisa membeli asuransi dan melakukan klaim di lokasi yang telah disepakati. Kemudahan asuransi sepenuhnya berada di genggaman Anda.

Khusus momen menjelang kemerdekaan Indonesia ke -74, Garda Oto Digital memiliki bonus melimpah berupa bonus e-toll senilai Rp 800 ribu, voucer BBM Pertamina 25 liter hingga 65 liter, perluasan kecelakaan diri pengemudi dan penumpang dengan limit Rp 10 juta, serta nikmati cicilan 0% kartu kredit PermataBank, BCA, dan Mandiri.

Untuk Anda yang ingin mencari informasi lebih jauh seputar periode promo dan kode promo merdeka Indonesia k-74 bersama Garda Oto Digital, dapat langsung mengakses tautan berikut ini.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR