Honda CBR250RR panaskan persaingan motor sport

All New Honda CBR250cc silinder ganda resmi meluncur di Jakarta, Senin (25/6/2016)
All New Honda CBR250cc silinder ganda resmi meluncur di Jakarta, Senin (25/6/2016) | Wahyu Putro A./Antara

Teka-teki mengenai kemunculan All New Honda CBR250RR terjawab sudah. Pada Senin (25/7/2016) di Jakarta, PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan motor bermesin dua silinder ini kepada khalayak ramai.

Indonesia dipilih Honda sebagai tempat peluncuran motor sport yang berbasis pada motor konsep Light Weight Super Sport Concept (LWSSC ), yang dipamerkan pada Tokyo Motor Show 2015 tersebut, karena produksinya akan dilakukan di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat.

Presiden Direktur AHM, Toshiyuki Inuma optimistis jika produk ini bisa mendapatkan respon yang baik dari masyarakat.

"Kami sangat optimistis bahwa motor ini akan diterima secara antusias oleh para pengendara sepeda motor di Indonesia, dan akan meningkatkan level sekaligus menjadi standar baru sebuah sepeda motor," kata Toshiyuki dilansir Viva.

Ia juga melihat masyarakat Indonesia memiliki tradisi berkendara yang kuat dan sangat menyukai motor. Motor dilambangkan sebagai alat transportasi yang memberikan kebebasan, namun juga menjadi sarana penyalur hobi.

Oleh karena itulah Honda memutuskan untuk "melahirkan" CBR250RR di Nusantara.

"Passion dan minat yang tinggi penggemar motor di Indonesia ini mendorong kami menghadirkan All New Honda CBR250RR ini," kata Toshiyuki, seperti dikutip detikOto.

CBR250RR akan hadir dalam dua tipe yakni standar dan berteknologi ABS. Namun AHM belum menetapkan secara pasti harga masing-masing tipe tersebut.

"Untuk harga masih menggunakan range. Ada dua tipe yang standar dan ABS standar range-nya Rp63 sampai Rp68 juta ABS, Rp64 sampai Rp74 juta. Di mana, range harga disampaikan di wing diler pada saat pre-order nanti," jelas Direktur Pemasaran AHM Margono Tanuwijaya.

Penjualan CBR250RR ini akan didukung oleh 135 Wing Dealer dan semua diler tersebut telah memulai proses pra-pemesanan pada Selasa (26/7/2016) pukul 12.00.

Margono menyatakan pemesan perlu memberikan booking-fee sebesar Rp5 juta dan motor kemungkinan bakal dikirim pada kuartal terakhir 2016.

"Bayar Rp 5 juta sebagai tanda jadi. Karena kami perlu memastikan kualitas jadi ini sampai dengan akhir tahun baru bisa," kata Margono kepada detikOto.

Tenaga dan desain dahsyat

Dua musisi memainkan biola dengan latar depan motor supersport All New Honda CBR250R ketika peluncuran di Jakarta, Senin (25/7).
Dua musisi memainkan biola dengan latar depan motor supersport All New Honda CBR250R ketika peluncuran di Jakarta, Senin (25/7). | Wahyu Putro A./Antara

Secara spesifikasi, Mesinbalap menuliskan, pada CBR250RR ini Honda memasangkan mesin Parallel Twin-Cylinder 250cc, DOHC 8-klep, 6-percepatan, dengan pendingin cairan dan sistem injeksi PGM-FI.

Honda mengklaim mesin ini mampu menyemburkan tenaga dahsyat sejak putaran bawah. Akan tetapi AHM belum mengungkap berapa tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin tersebut.

Namun kepada Otomania.com, Production Engineering Director AHM Masahiko Ikegami menjelaskan bahwa mesin baru tersebut sudah dijejali dengan beragam teknologi tercanggih. Mulai dari primary driver gears ke dalam cam chain, oil pump di sisi kanan yang terintegrasi dengan mesin, penempatan saluran pernapasan mesin di belakang silinder, dan peletakan water pump di kepala silinder mirip dengan RC213V.

Selain itu, seperti dikabarkan sebelumnya, sitem puntiran gas motor sport ini telah menggunakan Ride By Wire Throttle System, lengkap dengan sensor akselerasi. Fitur ini menjadi pembeda antara CBR250RR dengan para pesaing beratnya --Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250.

Project Leader CBR250RR Kenji Kawai menjamin motor ini akan membuat pengendara menikmati kesenangan saat bermanuver tetapi tetap bisa mengontrol motor sepenuhnya.

Untuk urusan kaki-kaki, hadirnya suspensi depan upside down (USD) membuat motor ini semakin unggul dalam hal kenyamanan berkendara.

Desain CBR250RR tampak dahsyat dan tajam karena mengusung konsep "speed shape". Cukup dengan melihat bodinya Anda sudah bisa membayangkan betapa kencangnya motor ini.

Dibandingkan dengan Honda CBR250 seri sebelumnya, Honda CBR250RR terlihat lebih gagah dan sporty dengan lekukan motor yang lebih tegas serta perubahan bentuk di banyak bagian.

Tertarik?

All New Honda CBR250RR /Welovehonda Indonesia
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR