Honda masih raja pasar motor sport 150cc

All New Honda CBR150R
All New Honda CBR150R
© Astra Honda Motor

Segmen pasar motor sport 150cc makin ramai dengan aneka model. Meski demikian, posisi Astra Honda Motor (AHM) sebagai pemimpin pasar belum tergoyahkan.

AHM masuk ke pasar ini lewat model CBR150R dan CB150R. Sedangkan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memproduksi R15 dan V-Ixion. Adapun Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja meluncurkan duo GSX-R150 dan GSX-S150.

Selama periode Februari-Maret 2017, AHM masih menguasai 59 persen segmen ini yang secara total menjual 81.084 motor sport 150cc. Di posisi kedua terdapat Yamaha dengan penguasaan pasar sebesar 25 persen, dan Suzuki berada di posisi ketiga dengan 16 persen.

Walau mendominasi, menurut data yang dirangkum dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor sport CBR150R pada kurun Maret-April 2017 justru menurun.

Pada Februari, motor yang diperkenalkan pebalap MotoGP Marc Marquez tersebut berhasil terjual sebanyak 7.568 unit. Namun pada Maret, penjualan turun sebanyak 22,93 persen menjadi 5.833 unit, dan terus merosot sebanyak 6,96 persen pada April dengan hanya menjual 5.427 unit.

Adapun secara total pada Februari-April 2017, penjualan CBR150R mencapai 18.828 unit. Tapi penjualan CB150R pada kurun yang sama cenderung fluktuatif dengan total unit 29.092.

Pada Februari, tipe ini laku sebanyak 11.731 unit, kemudian naik 10,14 persen pada Maret menjadi 12.920 unit, dan kembali terjun bebas 66,11 persen pada April dengan hanya menjual 4.378 unit.

2016 new #Honda #CBR150R (Indonesia) TV commercial #CBR150ROwnTheRide
© MotorcyclesDreams

Sedangkan R15 keluaran Yamaha terjual sebanyak 2.268 unit pada Februari, lalu turun 25,18 persen menjadi 1.697 unit pada Maret, dan melonjak sebesar 254,74 persen pada April dengan catatan penjualan 6.020 unit.

Sepanjang 3 bulan terakhir, YIMM total mengirimkan R15 ke garasi konsumen sebanyak 9.985 unit.

Adapun Yamaha V-Ixion pada Februari meraih penjualan tertinggi dengan membukukan pesanan motor sebanyak 6.368 unit, kemudian turun 62,81 persen pada Maret menjadi 2.368 unit.

Menginjak April, penjualan model ini pun kembali drop 33,66 persen dengan hanya membukukan penjualan 1.571 unit. Yamaha V-Ixion secara total berhasil terjual sebanyak 10.307 unit sepanjang Februari-April.

Sedangkan Suzuki sebagai pendatang baru di pasar ini langsung memikat para konsumen. GSX-R150 yang diluncurkan pada Februari lalu langsung terjual 4.216 unit meski kemudian turun sebesar 55,27 persen menjadi 1.886 unit pada Maret.

Gejala serupa terjadi pada April dengan mencatatkan angka penjualan 1.633 unit, atau turun 13,41 persen. Total selama 3 bulan, GSX-R150 laris sebanyak 7.735 ribu unit. Tentu saja pencapaian itu belum berhasil mendekati penjualan R15, apalagi CBR150R.

Produk Suzuki lainnya, GSX-S150, mencatat angka penjualan paling rendah di antara seluruh rivalnya di segmen ini. Selama Februari-April, hanya 5,2 ribu unit GSX-150R yang terjual.

Jadi secara umum, AHM mampu menjual angka 47,8 ribu unit sepanjang Februari-April. Sedangkan YIM berhasil melepas 20,4 ribu unit dan SIS hanya mampu menjual total 12,9 ribu unit.

Melihat data AISI di atas, selain AHM, target pasar pabrikan masih fluktuatif. Dua model SIS, misalnya, gagal mencapai target pada Februari karena hanya tipe GSX-R150 yang terjual cukup signifikan (29,7 persen).

"...kami menargetkan perolehan 15 persen dari jumlah tersebut untuk penjualan kedua motor ini," tegas Yohan Yahya, Sales and Marketing 2W SIS, kala itu.

Yohan mengklaim SPK (surat pemesanan kendaraan) yang melonjak tersebut merupakan gejala bahwa sekitar 80 persen pemesan di dalam negeri lebih memilih model sport fairing.

Sementara pada Maret, SIS mampu melebihi target; yakni 20,27 persen, atau 5,8 ribu unit. Pada Maret pula, pencapaian yang diraih model GSX-S150 justru melonjak tajam, atau menyumbang 20,3 persen (sport naked) dan 20,2 persen (sport fairing).

Namun pada April, SIS gagal meraih target karena hanya membukukan pencapaian 14,3 persen untuk kedua model. Padahal model GSX-S150 mampu berkontribusi 17,8 persen di segmen sport naked.

Suzuki GSX-R 150 & GSX-S 150 (TVC Official)
© Suzuki Motorcycles Indonesia

Sementara model baru YIMM, R15, yang diluncurkan secara resmi pada April berhasil menuai hasil positif dibanding versi lawas pada 2 bulan terdahulu. Model yang diperkenalkan pebalap MotoGP Maverick Vinales ini menguasai segmen sport fairing dengan 46,1 persen, unggul dari CBR150R (41,5 persen), dan GSX-R150 (12,3 persen).

Bahkan sebanyak 155 unit motor sport berteknologi mesin 155cc Variable Value Actuation (VVA) yang berbanderol Rp34,5 juta itu ludes terjual hanya dalam kurun 20 menit setelah prapemesanan daring dibuka.

"Aktivitas pemesanan All New R15 melalui booking online membuktikan antusiasme konsumen terhadap motor ini begitu besar. ...untuk konsumen booking online kami ucapkan terima kasih," kata M. Abidin, GM Aftersales & Public Relation YIMM dalam siaran persnya, Sabtu (1/4).

All New R15 - Live in The Racing Spirit (60 sec)
© Yamaha Motor Indonesia
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.