MOTOR BARU

Honda PCX kini diproduksi lokal, harga lebih terjangkau

2018 new Honda PCX150 ABS / PCX150 CBS (Indonesia) teaser video /MotorcyclesDreams

Pada Rabu (13/12/2017), di Jakarta, PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi memperkenalkan All New Honda PCX 150. Motor berjenis skuter matik (skutik) yang menyasar segmen premium baru akan dijual mulai awal tahun 2018.

Skutik ini sudah dipamerkan di Jepang pada ajang Tokyo Motor Show dua bulan lalu. Seperti digambarkan dalam potongan gambar video (teaser) di atas, jelas PCX baru ini memiliki model bagian depan dan belakang yang berbeda dibandingkan generasi sebelumnya.

PCX sudah hadir di Indonesia sejak 2010, diimpor utuh (CBU) oleh AHM untuk mengisi segmen skutik premium. Harganya pun mencapai Rp40,5 juta per unit.

Walau pasarnya dulu amat terbatas, namun Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman, mengatakan Honda melihat kepuasan dan kebanggaan para pemilik PCX yang sangat tinggi.

Ia menyatakan banyak menerima permintaan dari konsumen untuk memproduksi skutik tersebut di Indonesia, terutama agar harganya bisa lebih murah dibandingkan mengimpor langsung.

"Kami menerima banyak permintaan dari konsumen untuk memproduksi Honda PCX di Tanah Air. Sebelum melokalkan produksi suatu model, kami berusaha menyajikannya lebih atraktif dan sesuai dengan harapan konsumen Indonesia," kata Johannes.

All new Honda PCX 150 warna merah dof.
All new Honda PCX 150 warna merah dof. | Mustafa Iman /Beritagar.id

Kini akhirnya permintaan tersebut bisa diwujudkan karena All New Honda PCX sudah diproduksi sepenuhnya di pabrik Honda di Sunter, Jakarta Utara.

AHM, menurut Direktur Pemasaran, Thomas Wijaya, butuh waktu lama sebelum memutuskan untuk memproduksi PCX di Indonesia. Ia menyatakan pihaknya tak mau gegabah.

"Perlu strategi yang matang untuk mendapatkan respon pasar yang maksimal," tegas Thomas.

Kedatangan PCX versi lokal ini akan membuat persaingan kelas skutik premium menjadi semakin panas di Indonesia yang sebelumnya dikuasai Yamaha NMax.

Pasalnya, PCX kini dijual dengan harga Rp27 juta (tipe CBS) dan Rp32 juta (tipe ABS), jauh di bawah harga PCX lama.

Harga itu juga tak berselisih jauh dari banderol NMax terbaru yang mencapai Rp26,3 juta (non-ABS) dan Rp30,2 juta untuk tipe ABS.

Akan hadir versi CBS dan ABS sob! #newhondapcx150

A post shared by All New Honda PCX150 Indonesia (@newhondapcx150) on

Tampil kaya fitur

Produksi lokal, klaim AHM, tidak berarti berkurangnya fitur-fitur mewah yang ada pada skutik tersebut. Mereka malah menambah beberapa fitur kelas atas yang hanya ada di motor-motor kelas atas.

Pada bagian panel dasbor, akan ada tampilan digital penuh yang memberikan banyak informasi dalam satu layar, Smart Key System baru yang terhubung dengan alarm dan Answer Back System.

Pada seluruh sektor pencahayaan, AHM memasangkan lampu jenis LED. Ada juga Idling Stop System danEnhanced Smart Power (eSP).

Selain itu, motor ini juga menyediakan soket pengisian daya untuk gawai, yang akan berguna bagi Anda yang menyenangi perjalanan jauh. Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 8 liter.

Model ini pun dilengkapi seat stopper yang menahan posisi jok agar tidak tertutup saat sedang menyimpan atau mengeluarkan barang.

Pada sektor kaki kaki, AHM menyematlan pelek dan ban yang lebih lebar, yakni pelek berukuran 14 inci dengan ukuran ban 100/80 pada bagian depan, dan 120/70 pada bagian belakang.

Kedua remnya kini menggunakan cakram, bukan kombinasi cakram (depan) dan tromol (belakang) seperti pada versi sebelumnya.

"Honda PCX telah didesain untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang berbeda melalui desain yang mewah, fitur berkelas dan posisi berkendara yang sangat nyaman," kata Presiden Direktur AHM, Toshiyuki Inuma.

"Kami sangat mengapresiasi konsumen setia di Indonesia yang menunggu cukup lama untuk memiliki motor impiannya ini yang didatangkan dari luar negeri. Namun akhirnya All New Honda PCX 150 diproduksi langsung di AHM yang tentunya hadir dengan harga semakin terjangkau dengan penyematan konsep dan fitur premium."

Sudah bisa dipesan

Saat ini AHM sudah membuka pemesanan PCX di diler-diler Honda dengan membayar uang muka sebesar Rp2 juta. Atau, jika lebih sabar, konsumen bisa juga menunggu unitnya siap di diler-diler seluruh Indonesia pada Februari 2018.

"Keran pemesanan sudah dibuka, dan dapat mulai dipesan melalui semua diler Honda di seluruh Indonesia. Dengan DP (down payment/uang muka), tentunya," jelas Thomas.

Ia menyatakan ada empat pilihan warna yang tersedia, yaitu hitam, putih, merah dof, dan emas terang.

Dengan turunnya harga ini, AHM menargetkan penjualan All New PCX bisa mencapai 150.000 unit sepanjang 2018, naik 30 kali dari 5.000 unit yang dibukukan hingga November 2017.

Kenaikan tersebut tampak amat besar, namun mereka mesti mewujudkannya untuk setidaknya bisa mendekati NMax. Skutik Yamaha itu, menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), laris 255.539 unit pada periode Januari-November 2017.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR