HUT RI lintas tiga negara ala komunitas Toyota

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata (kiri) bersama Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto (kedua kiri), President Director Anzon Toyota, LT Susanto (kedua kanan), Direksi Anzon Toyota, Herman Sutrisna (kanan) dan Direktur Auto 2000 Jakarta, Biyous (ketiga kanan) melepas peserta rombongan saat acara cara Kick Off Touring Tiga Negara di Pontianak, Kalbar, Jumat (4/8). Dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72, PT TAM bersama dua komunitas yaitu Toyota Owner Club Velozity dan Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) menggelar perjalanan melintasi tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.
Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata (kiri) bersama Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto (kedua kiri), President Director Anzon Toyota, LT Susanto (kedua kanan), Direksi Anzon Toyota, Herman Sutrisna (kanan) dan Direktur Auto 2000 Jakarta, Biyous (ketiga kanan) melepas peserta rombongan saat acara cara Kick Off Touring Tiga Negara di Pontianak, Kalbar, Jumat (4/8). Dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72, PT TAM bersama dua komunitas yaitu Toyota Owner Club Velozity dan Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) menggelar perjalanan melintasi tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. | Jessica Helena Wuysang /ANTARA FOTO

Komunitas Toyota bertualang lintas tiga negara, Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Perjalanan makan waktu total 12 hari, dengan jarak kurang lebih 3.000 kilometer.

Perjalanan diawali dari Jakarta sampai Pontianak, berlanjut menuju Malaysia, melewati Serian, Kuching, Sebu, Bintulu, Miri, Kuala Belait, dan berakhir di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Akhirnya, komunitas Toyota sukses memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Kedutaan Besar Republik Indonesia Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam bersama masyarakat Indonesia di negara tersebut. Perjalanan lima hari melintasi tiga negara sejak Sabtu (12/8) ini bertajuk Beyond Indonesia 72nd Independence Day with Toyota.

"Kami sangat mengapresiasi semangat dari seluruh peserta rombongan Journey Kemerdekaan 3 Negara yang telah tiba di Brunei Darussalam," kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto melalui keterangan resmi, Kamis (17/8).

Komunitas yang ikut dalam petualangan lintas tiga negara ini terdiri dari 16 anggota komunitas Avanza-Veloz (Velozity) dan 25 anggota Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) yang tergabung dalam Toyota Owner Club (TOC), serta beberapa jurnalis. Menggunakan empat unit Toyota Avanza-Veloz ditambah enam unit Toyota Kijang mulai generasi pertama hingga generasi terakhir.

Selain untuk menanamkan semangat meraih kemerdekaan di antara generasi muda Indonesia, kegiatan inisiatif komunitas Velozity serta TKCI yang didukung oleh TAM tersebut juga untuk menunjukkan kemampuan industri otomotif Indonesia mengembangkan kendaraan tangguh. Tentunya yang terbukti andal menempuh jarak jauh, sesuai kondisi geografis dan karaktersitik masyarakat.

Menyusuri jalan-jalan raya di Kalimantan yang memiliki kontur beragam dan terkadang melintasi kawasan hutan merupakan tantangan tersendiri bagi peserta. Namun, dengan berbagai fitur yang dimiliki Toyota Avanza-Veloz dan Kijang, hal itu tak jadi kendala.

Dua MPV andalan

Toyota Avanza-Veloz dan Toyota Kijang adalah dua MPV (multi purpose vehicle) produk global Toyota Indonesia yang kehadirannya diklaim mampu melebihi ekspektasi masyarakat.

Keduanya tercatat sudah terjual lebih dari tiga juta unit di pasar domestik dan mancanegara, terhitung sejak generasi pertama Kijang yang diluncurkan 40 tahun lalu (1977) dan generasi pertama Avanza pada tahun 2004.

Hingga saat ini ada enam generasi kijang yang beredar. Kijang generasi pertama yaitu kendaraan sederhana jenis BUV (Basic Unit Vehicle) yang dikenal sebagai Kijang Buaya. Kijang Generasi ke-2 adalah Kijang Doyok (1981-1985), Generasi ke-3 1986-1996 (Kijang Super), Generasi ke-4 1997-2004 (Kijang Kapsul), Generasi ke-5 (Kijang Innova) dan Generasi ke-6 2015-sekarang (All New Kijang Innova).

Selama itu pula, keunggulan kijang yang tercermin dari moto "Kijang memang tiada duanya" membuatnya jadi pilihan utama keluarga Indonesia. Ada alasan untuk ini.

Pertama, kijang sebagai produk Jepang jelas nyaman dan ramah biaya--murah suku cadang, nilai pajak rendah, dan mudah dirawat. Kedua, menggaet nama besar Toyota dengan jaminan kualitas tinggi tanpa cacat. Ketiga, punya pemasaran dan layanan unggul ketimbang kompetitor lain. Keempat, fitur optimal-harga bersaing alias terjangkau. Kelima, harga jual kembalinya tetap tinggi.

Faktanya, selain mampu menguasai lebih dari 90 persen segmen medium MPV pasar otomotif nasional, All New Toyota Kijang dengan komponen lokal mencapai 85 persen, juga telah menjadi salah satu andalan ekspor industri.

Demikian halnya Toyota Avanza-Veloz. Kendaraan di segmen Low MPV yang kerap disebut mobil sejuta umat ini berhasil menembus angka penjualan 1,6 juta dimulai dari 14 tahun silam.

Sejak awal, karakter kendaraan didesain untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia dan karakteristik geografi dengan berbagai konturnya. Harga relatif murah dan fitur relatif lengkap yang ditawarkan juga menjadi daya tarik utama.

Avanza-Veloz menggunakan penggerak roda belakang untuk meminimalkan kendaraan tergelincir saat melalui tanjakan tajam, yang juga mendukung daya tahan komponen kaki-kaki dan suspensi.

Selain itu, kendaraan yang dikenal berdaya tahan tinggi ini juga didukung ground clearance yang ideal (200mm). Begitu pula kemampuan unggul desain Unibody untuk menahan beban berat, dipadu dengan teknologi Global Outstanding Assesment (GOA) dari Toyota, sepenuhnya memberi perlindungan pada seluruh penumpang sehingga aman dan nyaman digunakan berkendara jauh. Apalagi fitur keselamatannya juga terbilang mumpuni.

Avanza-Veloz juga mampu bergerak lincah di berbagai jalan sempit pelosok Indonesia karena didukung oleh kemampuan radius putarnya yang hanya 4,7 meter. Tak ada kendala berarti untuk keluar masuk jalanan kecil atau parkir di jalan sempit.

Sesuai janji, "Kehadiran Kijang dan Avanza-Veloz merupakan komitmen Toyota untuk senantiasa menghadirkan kendaraan yang mengerti kebutuhan masyarakat Indonesia, sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi yang ada," tutup Soerjopranoto.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR