Indikasi kemunculan Supra-X 150 menguat

Honda Winner 150 dalam ajang Vietnam Motorcycle Show 2016.
Honda Winner 150 dalam ajang Vietnam Motorcycle Show 2016. | Club Supra X 150 Vietnam /Facebook.com

Tanda-tanda segera hadirnya motor bebek baru bermesin 150cc dari Honda di Indonesia tampak semakin jelas. Motor tersebut diduga masuk pada kategori bebek super dan akan diberi nama Supra X-150, yang kehadirannya sudah ramai dibicarakan sejak awal tahun.

Pada 6 April, welovehonda.com --situs resmi para pecinta sepeda motor Honda yang dikelola Astra-Honda Motor (AHM)-- menayangkan video promosi sebuah produk baru dengan durasi 7 detik saja.

Hadirnya Chico Jericho, aktor dalam video tersebut, menunjukkan bahwa produk dalam video itu memang ditujukan untuk pasar lokal.

Sehari kemudian, 7 April, di Vietnam, Honda meluncurkan bebek terbaru bermesin 150cc yang diberi nama Winner 150. Para pengamat otomotif langsung menebak bahwa inilah motor yang akan dipasarkan dengan nama Supra X-150 di Indonesia.

Meski sudah resmi diperkenalkan, namun Honda Winner ini baru akan mulai dijual di Vietnam pada bulan Juni mendatang.

KompasOtomotif kemudian menemukan bahwa bentuk spidometer Winner 150 sama dengan bentuk spidometer motor dalam video yang tayang di laman welovehonda.com. Memperkuat indikasi Winner 150 dan Supra X-150 adalah motor yang sama.

Walau demikian, Direktur Pemasaran AHM Margono Tanuwijaya mengelak saat coba dikonfirmasi.

"Pokoknya tunggu saja. Saya juga belum bisa bilang, karena memang produknya juga kan belum ada,'' ujar Margono kepada KompasOtomotif .

Be Prepared for Great Feelings. Coming Soon! /Welovehonda Indonesia

Informasi lain datang dari pengamat otomotif lokal, Taufik Hidayat dari TMCblog. Ia menuliskan bahwa motor yang bakal menggunakan ban tapak lebar ini akan mulai diproduksi massal pada awal Mei 2016.

Spesifikasi Supra X-150 pun sudah banyak diprediksi oleh media otomotif lokal. Mesin Balap, misalnya, memperediksi bebek super itu akan menggunakan mesin berposisi tegak yang sama dengan Sonic 150R.

Penggunaan jeroan yang sama itu bisa menekan biaya produksi seminimal mungkin karena tidak perlu dilakukan proses riset dan pengembangan yang memakan banyak waktu dan biaya.

Oleh karena itu tak sedikit pengamat yang berani memastikan bahwa motor yang bakal menjadi pesaing Yamaha MX King ini akan menggunakan mesin DOHC satu silinder 4-tak, PGM-FI electronic 150cc, 6 kecepatan manual, lengkap dengan cairan pendingin.

Keluarga Supra adalah salah satu motor bebek terlaris di Indonesia sejak edisi perdananya diluncurkan pada 1997. Masa edarnya yang hampir 19 tahun ini bisa menjadi bukti.

Bahkan, berdasarkan data yang dikeluarkan Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) pada Maret 2016, seri Supra X masih masuk pada jajaran 10 besar motor yang laku dipasaran. Mencatatakan angka penjualan 16.359 unit, motor bebek andalan Honda ini nangkring di posisi kedelapan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR