Ini yang harus diperhatikan bagi pembeli mobil pertama

SPONSOR: Asuransi Astra
Ilustrasi tip membeli mobil pertama
Ilustrasi tip membeli mobil pertama | /Shutterstock

Saat ini, mobil bukan hanya dijadikan sebagai alat transportasi harian. Penggunaan mobil mulai dilirik sebagai pilihan investasi menarik bagi para pemilik. Pertimbangan tersebut juga terlihat dari tren pemilihan mobil dengan reputasi serta popularitas tinggi.

Namun, kepopuleran jenama bukan tolok ukur bahwa mobil tersebut merupakan pilihan terbaik dan tepat. Ada kriteria yang harus diperhatikan terutama bagi Anda yang baru pertama kali membeli mobil. Apa saja kriteria tersebut? Berikut pertimbangan sebelum Anda membeli mobil untuk pertama kali.

Sesuaikan mobil menurut kebutuhan

Sebelum meminang mobil pertama, pastikan Anda mengetahui peruntukan mobil yang hendak dibeli. Belilah mobil sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya Anda menginginkan mobil keluarga, maka pilihlah model multi purpose vehicle (MPV) atau mobil keluarga lain berdesain kompak.

Pilih mobil dari diler resmi dan tepercaya

Sebagai pemilik awam, pastikan Anda membeli unit mobil dari diler dengan kredibilitas baik untuk mendapatkan penawaran menarik. Selain itu, diler dengan reputasi baik bisa memberikan jaminan kendaraan dalam kondisi prima dan memudahkan Anda untuk kepengurusan dokumen kendaraan.

Ketersediaan bengkel

Hal penting yang tak boleh dilupakan ketika membeli mobil untuk pertama kali adalah ketersediaan bengkel resmi. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan Anda bila ingin memperbaiki mobil dan mengganti suku cadang yang telah mengalami malfungsi.

Perhatikan harga jual kembali

Bila Anda harus memikirkan harga jual kembali sebelum membeli mobil, pastikan harga jual kembali mobil yang Anda beli memiliki rentang harga yang bagus dan stabil.

Untuk mendapatkan informasi tersebut, Anda bisa mencari info harga mobil bekas di situs e-dagang otomotif atau menanyakan kerabat pegiat otomotif yang paham seluk-beluk harga mobil.

Fitur keselamatan

Sebagai pemilik baru dengan jam terbang berkendara mobil yang minim, Anda harus memperhatikan fitur-fitur mobil incaran Anda. Bila ingin berkendara dengan aman dan nyaman, pastikan mobil tersebut telah dilengkapi fitur-fitur keselamatan, seperti kantung udara (airbag), palang baja di setiap sisi pintu, serta fitur keselamatan aktif pada pengereman dan pengendalian.

Lakukan test drive

Setelah Anda cocok dengan dimensi dan fitur pada mobil yang telah dipilih, lakukan pengujian kendaraan (test drive) untuk menyesuaikan diri dan mobil ketika melaju di jalan raya. Hal tersebut bertujuan supaya Anda mendapatkan mobil dengan fungsionalitas dan kenyamanan terbaik.

Salah satu tempat untuk melakukan pengujian kendaraan terbaru dapat Anda lakukan pada ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Ajang yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang digelar pada 18 hingga 28 Juli 2019.

Mobil pertama untuk Romi
Mobil pertama untuk Romi | Fatah A. /Beritagar.id

Dukungan asuransi

Membeli mobil secara tunai atau kredit, dukungan asuransi tetap menjadi hal penting untuk Anda yang pertama kali membeli mobil. Program yang ditawarkan asuransi bisa membantu Anda untuk menghindari pengeluaran berlebih jika mobil mengalami kerusakan atau kecelakaan.

Tersebab hal itu, pilihlah asuransi kendaraan yang memberikan kemudahan untuk mendaftar maupun saat akan melakukan klaim, seperti Garda Oto. Hanya dengan mengakses Garda Oto Digital melalui gawai, Anda bisa membeli asuransi dan melakukan klaim di tempat yang Anda tentukan hanya dalam genggaman Anda.

Tidak hanya itu, Garda Oto juga memiliki fitur Garda Akses (tim call center profesional yang dapat dihubungi kapan saja), Garda Siaga (tim yang siap membantu selama 24 jam jika terjadi masalah darurat) tanpa pungutan biaya, dan pengajuan emergency request sesuai kebutuhan sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Dengan beragam kemudahan yang ditawarkan Garda Oto, #TauGitu tidak perlu menunggu lagi untuk mengasuransikan mobil pertama Anda. Untuk Anda yang ingin mencari tahu lebih detail tentang informasi Garda Oto Digital, Anda dapat langsung mengakses tautan berikut ini.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR