MOTOR BARU

Kawasaki awali 2019 dengan peluncuran model W175 Cafe

Peluncuran Kawasaki W175 pada acara Kawasaki Bike Week 2017.
Peluncuran Kawasaki W175 pada acara Kawasaki Bike Week 2017. | Randi Aditya /Beritagar.id

Pada 4 November 2018, Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk pertama kali mengendarai motor kustom terbarunya saat melakukan kunjungan ke Pasar Anyar, Tangerang. Motor kustom tersebut berwarna hijau dan disinyalir bahwa motor dengan model retro yang ditunggangi Jokowi adalah Kawasaki W175.

Motor yang dipesan orang nomor satu di Indonesia tersebut dilakukan kala Presiden Jokowi mengunjungi pameran Otobursa Tumplek Blek 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada 21 Juli 2018. Namun, berbeda dengan tampilan standar yang disuguhkan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), W175 milik Jokowi mendapat sentuhan modifikasi oleh bengkel Katros Garage.

Tak hanya Jokowi yang menyenangi desain Kawasaki W175, respons pasar yang diperoleh motor ini juga cukup baik. Dalam rentan waktu 1 tahun, komunitas Kawasaki W175 sudah tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Bermodalkan model yang mengedepankan sisi klasik, motor ini tak sulit untuk mendapat tempat di hati konsumen tanah air.

Sebagai pabrikan sepeda motor yang menjadi pionir di beberapa segmen terutama dari nilai autentik dan sejarah tersendiri dari keluarga W series, KMI pun tak ragu mengawali tahun 2019 dengan meluncurkan seri W175 Café.

Motor ini masih menggunakan dasar yang serupa dengan model sebelumnya dengan beberapa sentuhan. Perbedaan paling kentara dari W175 Café terletak pada desain meter visor yang atraktif dan dibuat senada dengan warna bodi bergaya 60-an. Perpaduan ini diklaim KMI untuk mempertegas kesan cafe style dari motor yang sepenuhnya dibuat di Jepang ini.

Selain meter visor, kesan café racer juga ditekankan pada pola jok. W175 Café memadukan dua warna pada jok; coklat dan hitam untuk mencerminkan tampilan klasik dan elegan. Sementara, pada kontur bagian belakang jok dibuat lebih tebal untuk memberikan efek siluet single seat cover (jok tunggal) khas motor beraliran café racer.

Pola jok Kawasaki W175 versi cafe mengedepankan unsur retro yang terinspirasi dari motor beraliran cafe racer
Pola jok Kawasaki W175 versi cafe mengedepankan unsur retro yang terinspirasi dari motor beraliran cafe racer | /Kawasaki Motor Indonesia

Tak sampai disitu, kesan kuat café style juga merambah bagian spakbor belakang W175 Café. KMI merevisi spakbor belakang yang dibuat lebih pendek dibanding versi sebelumnya. Sentuhan kecil lain adalah berupa penyematan krom pada pelindung knalpot sehingga mengesankan motor yang lebih berkelas.

Permainan warna dan sentuhan kecil pada W175 Café, diakui oleh Michael C. Tanadhi, Head Sales and Promotion PT KMI sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen Indonesia yang ingin memodifikasi W175 tampil lebih sporty dan elegan namun dikemas dalam nuansa retro.

“Untuk customer yang menyukai tipe café racer tidak perlu memodifikasi motornya karena telah kami sediakan,” ucap Michael C. Tanadhi, saat peluncuran W175 Café di Como Park, Kemang, pada Senin, (14/1/2019).

Di Indonesia, Kawasaki W175 Café hadir dalam tiga warna atraktif; Pearl Brilliant Yellow, Metallic Flat Graystone, dan Candy Fire Red. Kawasaki W175 edisi Café ini dibanderol Rp32.600.000,-. Harga tersebut berlaku untuk wilayah Jabodetabekser.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR