Kawasaki klaim Versys-X 250 pelopor untuk turing adventure 250cc

Michael C. Tanadhi, Deputy Head Sales and Promotions KMI (kiri)dan Sucipto Wijono, Supervisor & Sales Promotion KMI sebelum melepas rombongan untuk menjajal performa Kawasaki Versys-X 250 (23/2/2017).
Michael C. Tanadhi, Deputy Head Sales and Promotions KMI (kiri)dan Sucipto Wijono, Supervisor & Sales Promotion KMI sebelum melepas rombongan untuk menjajal performa Kawasaki Versys-X 250 (23/2/2017). | Mustafa Iman /Beritagar.id

Melengkapi lini dagangnya, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merilis motor model Versys-X 250 dalam dua tipe, Tourer dan City. Pada 24-26 Februari 2017, kurang lebih 7 unit Versys-X 250 dipersiapkan oleh Kawasaki PT KMI untuk dijajal para narablog dan 50 orang jurnalis otomotif Indonesia.

"Pemilihan lokasi karena cocok untuk menguji kemampuan motor ini, medannya pas untuk adventure jadi kita pilih Bromo," jelas Deputy Head Sales & Marketing Division KMI, Michael Chandra Tanadhi.

Kedua tipe Kawasaki Versys-X 250 dibekali mesin injeksi 249cc segaris lengkap dengan cairan pendingin. Mesin tersebut mampu melesatkan tenaga motor 34 PS pada 11.500 rpm dan torsi 21,7 Nm pada 10.000 rpm.

Mesin tersebut juga merupakan pengembangan dari mesin Kawasaki Ninja 250 yang telah diubah torsinya menjadi lebih responsif dalam setiap rasio percepatan.

Selain memiliki perfoma yang tangguh, narablog Iwan Banaran yang juga mengikuti acara tersebut mengatakan kalau keunggulan lain dari motor ini adalah kualitas pengecatan body motor.

"...Selain itu material permaterial juga solid serta panel perpanel terikat sempurna. Soal ini IWB harus diakui grade (level) mereka termasuk cukup tinggi dan mampu dipertahankan oleh Kawasaki dengan sangat baik," pujinya.

Dalam acara uji coba motor yang diselenggarakan di kawasan gunung Bromo, Jawa Timur, KMI sekaligus mengumumkan harga baru motor bergenre petualang (adventurer) Versys-X 250 yang baru diluncurkan pada Desember 2016.

Model Tourer merupakan varian tertinggi, karena dilengkapi dengan rem ABS serta kelengkapan lain, seperti lampu kabut dan box panier di sisi kanan dan kiri motor. Sementara untuk tipe City, KMI minus fitur-fitur tersebut.

Saat peluncurannya Desember lalu, KMI membanderol tipe Tourer seharga Rp72,7 juta, namun kini harganya naik menjadi Rp73 juta. Sedangkan untuk model City, dari harga Rp61,9 juta menjadi Rp62,2 juta. Itu artinya ada kenaikan Rp300 ribu untuk masing-masing tipe.

KMI menargetkan 5.000 unit penjualan motor ini dalam setahun. Meski belum tersedia di diler, mereka optimistis karena motor yang diklaim sangat ditunggu pemotor pecinta turing itu sudah dipesan lebih dari 1.000 unit.

"Sejak diperkenalkan saja sudah 1.200 unit, ini pertanda baik," kata Michael Chandra Tanadhi, dilansir Okezone.com, Kamis (23/2/2017). Adapun wilayah di Indonesia yang paling banyak memesan motor ini berasal dari Jakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Angka tersebut, menurut Michael, sesuai target yang diharapkan PT KMI. Hingga saat ini memang belum ada motor yang mampu menyaingi model Versys-X 250. Kawasaki menjadi pelopor motor petualang di kelas 250cc.

"Hadirnya Kawasaki Versys-X 250 menjadi terobosan besar bagi Indonesia dalam memenuhi kebutuhan rider yang suka berpetualang dan menaklukkan tantangan jalanan beraspal maupun tidak beraspal dan berbatu. Sekali lagi, Kawasaki menjadi pioner di kelas 250cc turing adventure di Indonesia, " paparnya lagi, menukil Oto.com.

Meski ada Honda CRF250 Rally yang digadang sebagai saingan, menurut Michael motor tersebut dasarnya adalah trail yang diubah menjadi model adventure. Selain itu, jenis ban yang dipakai Honda CRF250 Rally dengan Kawasaki Versys-X 250 berbeda.

"Jadi, menurut saya, keduanya beda segmen. Itukan basic-nya trail dibuat model adventure dengan tanki besar, harusnya itu bersandingan dengan KLX 250 kami," kata dia kepada Dapurpacu.com. "Kalau Versys kan tidak memakai ban cross, sedangkan Honda CRF250 Rally memakai ban cross," imbuhnya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR