Kawasaki persiapkan edisi terakhir KLX250 dan D-Tracker X

Kawasaki KLX250 Final Edition
Kawasaki KLX250 Final Edition | /Kawasaki-motors.com

Akhir pekan lalu, laman resmi Kawasaki Jepang memperlihatkan edisi terbaru dari 2 jenis motor Supermoto KLX250 dan D-Tracker X. Kedua motor ini menggunakan akhiran "Final Edition", mengisyaratkan bahwa Kawasaki takkan lagi memproduksi motor-motor itu.

Keistimewaan pada seri terakhir itu diberikan Kawasaki dalam bentuk grafik dan warna yang menghiasi motor.

KLX250 Final Edition dikemas dengan warna Lime Green (hijau jeruk). Mulai dari shroud (penutup mesin) hingga tangki dihiasi dengan desain grafik warna cerah, logo "KLX250 Final Edition" terpampang di bagian bodi kiri dan kanan motor. Jok berwarna biru membuat motor ini begitu terlihat istimewa.

Sementara untuk D-Tracker X Final Edition, Kawasaki memberi tutup tangki warna biru dengan grafik huruf D besar. Selain itu, pelek motorpun diberi sentuhan gradasi warna biru.

Kedua motor ini memiliki basis mesin yang sama, yaitu mesin berkapasitas 250cc (tepatnya 249cc), 4-langkah, silinder tunggal, DOHC 4-valve, berpendingin cairan (radiator), lengkap dengan transmisi 6-percepatan.

Mesinnya diklaim mampu menyemburkan tenaga 18 kW pada putaran mesin 9.000 rpm dan torsi 21 Nm pada 7.000 rpm.

Berat kosong motor mencapai 138 kg dan dilengkapi tangki bahan bakar berkapasitas 7,7 liter.

Perbedaan KLX250 dan D-Tracker X ada pada kegunaan. KLX250 lebih dikhususkan pada penggunaan off-road sementara D-Tracker dipasangi ban yang lebih cocok dipakai ngebut di jalan aspal.

Kehadiran kedua motor ini langsung menarik perhatian media otomotif, seperti Morebikes.co.uk, maupun narablog lokal TMCblog. Semuanya masih mempertanyakan apakah ini benar-benar versi penghabisan dari motor yang diluncurkan pertama kali pada pertengahan 1980-an itu.

"Akankah ke depan akan ada motor varian baru lagi atau berhenti sampai di sini?" tanya Taufik Hidayat dari TMCblog.

Hingga berita ini ditulis belum ada keterangan dari Kawasaki mengenai hal ini.

Yang jelas, kedua produk ini baru akan diluncurkan pada Mei mendatang di Jepang, dengan harga selisih JPY10 ribu dibandingkan dengan versi standar.

KLX250 Final Edition dibanderol JPY564 ribu, atau sekitar Rp67,4 jutaan, sedangkan D-Tracker X Final Edition menyentuh harga YEN585 ribu, atau setara Rp70 jutaan.

Kawasaki KLX 250 & Kawasaki D Tracker X 250 Final Edition 2016 /Oto Motif
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR