Kenali kondisi oli lewat gejala yang ditimbulkan motor

SPONSOR: Yamaha Motor Indonesia
Ilustasi kenali kondisi oli lewat gejala yang ditimbulkan motor
Ilustasi kenali kondisi oli lewat gejala yang ditimbulkan motor | Shutterstock

Periode penggantian oli kendaraan, seperti pada motor matik, memiliki jangka waktu tertentu agar kondisi oli bisa tetap bekerja optimal. Sebagai pengguna motor matik, memahami fungsi oli yang bekerja melumasi komponen-komponen mesin menjadi wajib hukumnya.

Penggantian oli motor matik tak melulu soal kualitas oli sudah buruk baru diganti, tetapi juga bisa dipantau pada periode waktu berjalan, tergantung kapan terakhir kali mengganti oli. Bila penggunaan motor matik digunakan sebagai moda harian, waktu penggantian ideal oli adalah setiap 2 bulan sekali.

Meski mayoritas pengguna motor matik sudah memahami fungsi utama oli bagi mesin, ada saja pengguna yang lalai mengganti oli secara berkala. Hal ini terjadi karena ada beberapa faktor, salah satu alasannya untuk menekan biaya pengeluaran atau menunggu pencapaian jarak tempuh sesuai odometer.

Padahal, ada risiko besar bila pengguna motor matik sering lalai mengganti oli. Efek buruk pertama adalah konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Kondisi oli yang sudah tidak bagus dan terus dipaksa bekerja, membuat komponen-komponen yang mestinya dilumasi lebih cepat aus.

Komponen-komponen tersebut meliputi piston, ring piston, atau katup-katup. Ketiga komponen ini menjadi area penting yang bila tidak dilumasi dengan baik akan rentan mengalami kerusakan. Efek buruk lain adalah konsumsi oli lebih boros sehingga bisa membuat dinding silinder baret terdampak gesekan berlebih.

Untuk mengetahui bagus tidaknya kondisi oli bagi motor matik, berikut beberapa gejala pada motor matik yang dapat dirasakan penggunanya.

Suara mesin tetap halus

Tingkat kehalusan motor matik, dapat dirasakan apabila getaran pada mesin dan bodi hampir menyamai saat pembelian pertama motor. Dalam memilih oli, pastikan sudah disesuaikan dengan spesifikasi oli mesin yang tertera pada buku manual motor.

Hindari penggunaan oli yang terlalu encer atau terlalu kental. Selain itu, sesuaikan kadar kekentalan oli dengan tahun produksi motor dan jenis rute yang sering dilalui.

Perhatikan putaran mesin

Kondisi oli yang masih baik dan cocok untuk motor matik mampu memberikan akselerasi ringan dan responsif. Selain dua hal tersebut, oli yang masih dalam kondisi bagus memiliki efisiensi bahan bakar yang maksimal.

Suhu mesin stabil

Oli yang sempurna untuk mesin pastinya memberikan kestabilan suhu, baik dalam cuaca panas maupun dingin. Kondisi oli dikatakan optimal bila mampu memecah komposisi oli saat panas berlebih dan melepaskan partikel karbon. Pasalnya, apabila partikel karbon dibiarkan menumpuk, seiring berjalannya waktu akan membentuk deposit yang berakibat menurunnya performa mesin.

Penguapan oli yang minim

Oli menguap disebabkan karena adanya celah antara dinding liner dan piston yang tidak sesuai batas toleransi. Efeknya, oli dari crankcase menyelinap masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar. Indikasinya terlihat keluarnya asap putih dari ujung knalpot. Semakin minim penguapan oli, maka semakin maksimal kerja oli pada ruang mesin.

Untuk mengurangi gejala-gejala tadi, dibutuhkan oli atau pelumas yang dirancang khusus bagi motor matik, seperti Yamalube Power Matic.

Oli resmi milik Yamaha ini memiliki kandungan material semi synthetic dengan kadar viskositas (kekentalan) 10W-40. Tingkat kekentalan ini cocok di gunakan untuk motor matik modern di Indonesia. Selain itu dengan adanya teknologi X-peed dari Yamalube, mampu melindungi mesin dari keausan serta menjaga suhu mesin berada di kondisi ideal. Efeknya, kerja mesin menjadi lebih ringan dan penggunaan bahan bakar tetap hemat.

Yamalube Power Matic juga memiliki kemasan baru yang lebih ringan dan kuat, sehingga tidak perlu khawatir terjadi kebocoran yang dapat menyebabkan penurunan kualitas oli.

Selain itu, Anda juga dapat mengikuti program hadiah langsung yang tersedia pada kemasan baru oli tersebut hingga Desember 2018, dengan cara sebagai berikut.

1. Beli oli Yamalube tipe Power Matic (kemasan baru).

2. Sobek label pada botol Power Matic.

3. Temukan hadiah dibalik label Power Matic.

4. Pembeli oli yang beruntung akan mengirimkan label botol tersebut ke PO BOX 1015 JKT 13000 berserta data diri (fotokopi KTP/SIM) dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Periode program ini sudah berjalan sejak Juli 2018 dan akan berakhir pada Desember 2018 mendatang. Segera beli produk Yamalube Power Matic Motor Oil dan dapatkan hadiah menarik dari Yamalube oli asli Yamaha #semuabisapakai.

SPONSOR: Yamaha Motor Indonesia
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR