Kiat berkendara aman di malam hari

SPONSOR: Asuransi Astra
Ilustrasi berkendara di malam hari.
Ilustrasi berkendara di malam hari. | Author /Shutterstock

Masih ingatkah Anda dengan peristiwa kecelakaan mobil yang menabrak apotek beberapa waktu lalu? Pengemudi mobil diduga kurang konsentrasi ketika berkendara saat dini hari sehingga tidak dapat mengontrol laju mobilnya saat menikung di Jalan Senopati Raya.

Kecelakaan tersebut tidak hanya menyebabkan rusaknya mobil dan bangunan apotek, namun juga menimbulkan korban jiwa. Petugas keamanan di apotek tersebut meninggal di tempat kejadian akibat luka berat yang dialami.

Kejadian tersebut menjadi pelajaran berharga bagi para pengendara mobil, khususnya yang terpaksa berkendara saat dini hari. Konsentrasi berkendara harus tetap dijaga meski waktu sudah lewat tengah malam. Selain itu, ada beberapa kiat yang dapat diterapkan agar berkendara saat dini hari lebih aman. Silakan simak di bawah ini.

Jangan berkendara sendirian

Jika terpaksa berkendara saat dini hari, usahakan ada orang lain yang menemani selama perjalanan. Jika kondisi fisik sudah terlalu lelah dan konsentrasi berkendara telah menurun, Anda dapat mengajak teman seperjalanan untuk bergantian menyetir. Hadirnya teman lain di dalam mobil juga dapat membantu Anda terhindar dari rasa kantuk atau bosan saat mengendarai mobil di malam hari.

Periksa kondisi mobil

Berkendara saat dini hari menghadirkan tantangan tersendiri. Selain suasana yang lebih gelap, konsentrasi dan stamina para pengendara biasanya sudah mulai menurun. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan mobil dalam kondisi prima, khususnya lampu-lampu pada mobil. Lampu utama, lampu rem, dan lampu sein memiliki peran penting sebagai tanda bagi kendaraan lain saat berkendara di jalan yang gelap. Lampu-lampu yang tidak menyala dapat menjadi sumber penyebab kecelakaan.

Menjaga kecepatan mobil

Jalan sepi saat dini hari terkadang membuat pengendara terpancing untuk memacu mobil lebih kencang dari biasanya. Anda wajib menjaga kecepatan mobil secara wajar, jangan melaju terlalu kencang dan patuhi segala peraturan lalu lintas agar terhindar dari risiko kecelakaan. Meski jalanan terlihat kosong, jangan menerobos lampu merah karena dapat membahayakan nyawa Anda dan orang lain.

Meski Anda sudah berhati-hati dan tertib di jalan, kecelakaan masih bisa saja terjadi akibat kelalaian pengguna jalan yang lain. Untuk perlindungan ekstra, lengkapi mobil Anda dengan Asuransi Garda Oto yang memberikan perlindungan menyeluruh.

Selain memberikan perlindungan terhadap kendaraan kesayangan yang rusak, Garda Oto juga dapat memberikan ganti rugi asuransi tunjangan pihak ketiga kepada korban kecelakaan, dengan catatan bahwa pengemudi berkendara dalam keadaan sadar dan tidak di bawah pengaruh obat terlarang, alkohol, dan zat terlarang lainnya.

Dengan slogan Peace of Mind, Garda Oto memberikan kenyamanan dan kepraktisan saat saat membeli atau klaim Asuransi. Proses klaim asuransi Garda Oto lebih praktis dan mudah diakses melalui aplikasi Garda Mobile Otocare atau dapat dilakukan di Garda Center. Informasi selengkapnya silakan klik tautan ini.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR