Kiat menghindari aksi pencurian mobil selama Ramadan

SPONSOR: Asuransi Astra
Ilustrasi kiat menghadapi aksi pencurian saat Ramadan
Ilustrasi kiat menghadapi aksi pencurian saat Ramadan | Shutterstock

Ada perubahan perilaku masyarakat Indonesia ketika di bulan Ramadan. Menurut Google Indonesia, kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap barang di bulan puasa, meningkat 30 persen. Artinya, masyarakat akan mengeluarkan uang lebih banyak untuk berbelanja.

Selain berbelanja, kebutuhan terhadap nominal rupiah yang lebih banyak adalah faktor ingin memberikan kado atau dana THR untuk keluarga.

Momen seperti ini tidak jarang dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kejahatan. Mereka yang terpepet urusan finansial atau minim dana, bisa saja menghalalkan berbagai cara salah satunya dengan aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor), khususnya mobil.

Maraknya pencurian mobil di bulan Ramadan bukan tanpa alasan. Kebutuhan masyarakat akan mobil untuk mudik lebaran Idulfitri adalah penyebabnya. Mobil menjadi barang dagangan yang laku keras pada masa-masa ini.

Untuk menyiasati agar Anda terhindar dari aksi curanmor di bulan Ramadan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebagai langkah antisipasi.

Mengaktifkan alarm tambahan

Mobil lansiran tahun 2000 ke atas, biasanya sudah membenamkan fitur alarm untuk menunjang keamanan. Namun seiring berjalannya waktu, alarm standar pabrik bisa dipelajari oleh para pelaku curanmor untuk membobol mobil.

Untuk mencegah tindak pencurian mobil, Anda dapat membuat rangkaian instalasi alarm yang tertutup dan tersembunyi, di mana pabrikan mobil biasanya menginstalasi alarm dirangkai secara terbuka. Anda dapat menanyakan kepada mekanik profesional atau bengkel bersertifikat baik.

Kunci rahasia

Memasang kunci rahasia menjadi salah opsi paling populer untuk mengamankan kendaraan bermotor selain alarm. Fungsi kunci rahasia adalah memutus jalur kelistrikan dari kunci kontak ke baterai (aki).

Untuk pemasangan, Anda dapat memilih posisi yang tersembunyi namun tak jauh dari jangkauan tangan Anda. Hal ini untuk menghindari keberadaan kunci tersebut oleh mereka yang mengincar mobil Anda. Selain kunci rahasia, Anda juga bisa menggandakan keamanan dengan mengaplikasikan kunci setir.

Pastikan petugas parkir selalu siaga

Saat Anda memasuki area-area parkir, seperti pusat perbelanjaan, tempat peribadatan, atau pasar yang menyediakan kuliner khas bulan Ramadan, pastikan lokasi parkir mobil tersebut memiliki petugas parkir resmi dan menitipkan mobil Anda kepada petugas tersebut. Dengan begitu, keamanan mobil Anda bertambah berkat pengawasan petugas parkir.

Menambah pengamanan pasif

Untuk menghindari aksi kejahatan terhadap mobil, baik pencurian barang yang ditinggal di dalam mobil atau pencurian unit, Anda dapat menambah keamanan pasif, seperti memilih kaca film dengan tingkat gelap dan kepekatan dari luar yang tinggi.

Hal ini bertujuan mengeblok pandangan orang dari luar ke dalam mobil. Tidak jarang, aksi pencurian juga berawal dari pelaku yang tergiur dengan barang-barang yang ditinggalkan di dalam mobil.

Menggunakan jasa asuransi tepercaya

Di bulan Ramadan, khususnya mendekati Lebaran, pastikan mobil Anda sudah terlindungi dengan asuransi kendaraan terpercaya. Selain membantu Anda ketika terjadi pencurian mobil, penggunaan asuransi mobil juga bermanfaat melindungi Anda dan kendaraan dari kecelakaan atau kejadian tidak diinginkan lain.

Untuk urusan perlindungan kendaraan roda empat, Anda dapat mempercayakannya kepada Garda Oto. Asuransi di bawah naungan astra ini menawarkan perlindungan kendaraan hanya dengan sentuhan tangan melalui fitur Garda Oto Digital

Hanya dengan mengunjungi situs www.gardaoto.com, Anda bisa langsung mengisi formulir pengajuan asuransi, memilih jenis perlindungan tambahan, dan memilih lokasi survei kendaraan. Dalam hitungan menit dan tanpa keluar rumah atau kantor, Anda dapat memberikan perlindungan kepada kendaraan kesayangan. Yang lebih menarik, pembayaran asuransi dapat dicicil 0 persen.

Tak hanya itu, untuk memudahkan pengguna, semua informasi dan pengajuan klaim Garda Oto Digital saat ini dapat diakses melalui ponsel pintar atau gawai Anda lewat aplikasi Otocare dari Garda Oto Digital. Untuk informasi produk lebih detail, Anda dapat mengunjungi tautan berikut ini.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR