Kiat menjaga kestabilan motor pada kecepatan tinggi

SPONSOR: Yamaha Motor Indonesia
Ilustrasi kiat menjaga kestabilan motor
Ilustrasi kiat menjaga kestabilan motor | Shutterstock

Mengendarai sepeda motor bisa menyenangkan, bisa juga berbahaya. Keahlian untuk menyeimbangkan posisi motor saat berhenti, melaju, menikung, hingga pengendalian di kecepatan tinggi perlu dimiliki oleh pengendara demi keselamatan selama di jalan.

Menjaga kestabilan motor menjadi sebuah garis besar yang harus diperhatikan oleh para pengendara. Pasalnya, kestabilan selama berkendara menjadi faktor penting yang dapat menjaga keselamatan penunggang motor, terlebih bagi mereka yang hobi melaju kencang dan menyalip kendaraan lain.

Sedikit saja lengah, bukan tidak mungkin akan membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain. Kestabilan motor selama berada di jalan dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari penggunaan teknologi pada motor yang digunakan hingga lingkungan sekitar.

Berikut beberapa unsur yang harus diperhatikan sebelum Anda menunggangi motor dengan kecepatan tinggi di jalan.

Perhatikan karakter sepeda motor

Ketika duduk di atas motor, pengendara harus mengetahui karakter dan segala macam fitur yang dibenamkan pada sepeda motornya. Jika posisi dudukan cenderung pembuat pengendara santai dan nyaman, disarankan Anda tidak melakukan percepatan akselerasi saat melintas di tikungan karena jarak kendali pengendara dengan setang yang cukup jauh membuat Anda berpotensi kehilangan stabilitas saat menikung tajam.

Namun hal ini berbeda jika dudukan posisi motor membuat tubuh Anda berposisi ebih merunduk. Dengan posisi tubuh yang lebih dekat dengan tuas kendali motor dan jalan, pengendalian motor akan lebih maksimal baik di lintasan lurus maupun menikung. Fokus dan visibilitas pengendara pun lebih baik untuk melibas aspal yang akan dilalui.

Memilih ban yang sesuai

Sebagai bagian vital pada sepeda motor, pemilihan jenis ban sepeda motor dapat memengaruhi kestabilan pengendara dalam berbagai kondisi kecepatan. Dengan memilih ban yang sesuai kebutuhan dan traksi terbaik saat melewati kontur jalan, pengendara akan merasa aman jika alur ban sesuai dengan lintasan yang sehari-hari dilalui.

Bila Anda menggunakan sepeda motor untuk keperluan harian, Anda dapat memilih ban yang terbuat dari kompon karet keras --hard compound-- dan tahan pada suhu rendah. Ban jenis ini memiliki banyak tapak yang membuat pengendara merasa nyaman saat digunakan pada permukaan aspal basah dan kering.

Namun bila Anda senang memacu motor pada kecepatan tinggi di lintasan resmi atau sirkuit, Anda dapat menggunakan ban motor dengan karakter sport, supersport atau hypersport. Ban jenis ini menggunakan kompon karet lunak --soft compound-- yang digunakan untuk kebutuhan balap motor. Ban jenis ini tahan pada suhu yang relatif tinggi. Secara kontur, ban jenis ini tak memiliki banyak garis pada tapaknya.

Pemilihan suspensi

Suspensi merupakan elemen penting sepeda motor untuk memberikan kenyamanan posisi berkendara, stabilitas, dan keseimbangan kendaraan saat bermanuver. Oleh karena itu, pengendara harus mengetahui jenis suspensi paling ideal untuk mencapai rasa aman dan nyaman di atas sepeda motor.

Bila penggunaan sepeda motor untuk kebutuhan harian, Anda dapat menggunakan suspensi teleskopik. Suspensi yang jamak diterapkan pada sepeda motor, seperti skutik, bebek, maupun sport dengan mesin yang tak terlalu besar ini, memiliki komponen coil spring dan damper yang terletak di dalam tabung berbentuk teleskop dan sistem kerjanya cukup sederhana dan mudah dari segi perawatan seperti penggantian oli atau per suspensi.

Yamaha All New R15
Yamaha All New R15 | Yamaha Motor Indonesia

Namun bila membutuhkan suspensi dengan daya redam yang lebih baik, Anda dapat memilih suspensi upside down --USD. Suspensi dengan tabung utama terikat di segitiga motor ini biasanya diaplikasikan pada motor-motor sport atau motor dengan kapasitas mesin besar.

Dengan posisi garpu terbalik, penggunaan suspensi ini biasanya ditujukan menjaga kestabilan pada kecepatan tinggi dalam kondisi aspal yang baik. Suspensi yang kini juga diterapkan pada motor sport di kelas 150cc seperti pada Yamaha All New R15 2017, memiliki nilai dan banderol lebih tinggi dari teleskopik. Kemampuannya untuk mencapai handling dan kestabilan motor yang lebih sempurna, USD juga mampu menambah estetika pengendara di jalan raya.

SPONSOR: Yamaha Motor Indonesia
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR