Kiat mudik nyaman bersama lansia

SPONSOR: Asuransi Astra
Tips mudik bersama lansia
Tips mudik bersama lansia | /Shutterstock

Meroketnya harga tiket pesawat menjelang Lebaran tahun ini membuat sebagian orang beralih menggunakan mobil pribadi untuk mudik bersama keluarga. Sebagai dampaknya, lonjakan penggunaan kendaraan pribadi pada musim mudik kali ini diperkirakan akan meningkat hingga 10 persen.

Momen berkumpul bersama sanak saudara setahun sekali saat Lebaran nyaris tidak pernah dilewatkan oleh mereka yang masih punya kampung halaman. Konsekuensi menempuh perjalanan jauh dengan durasi panjang pun seolah bukan penghalang.

Tahun ini, para pemudik dihadapkan pada melonjaknya harga tiket pesawat. Imbasnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pun memprediksi adanya lonjakan penggunaan kendaraan pribadi di jalur trans Jawa.

Tingginya antusiasme penggunaan mobil sebagai kendaraan mudik karena pemudik menilai bahwa mudik bersama keluarga tetap lebih hemat dengan mobil dibandingkan dengan pesawat atau kereta. Mengingat kapasitas daya tampung mobil yang cukup banyak. Setidaknya, satu mobil minivan bisa membuat 6-7 orang penumpang sekali jalan.

Bagi Anda yang tahun ini berencana mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi bersama orang tua, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menunjang kenyamanan dan kesehatan selama dalam perjalanan.

1. Konsultasi ke dokter sebelum berangkat mudik

Durasi perjalanan yang panjang kerap menimbulkan ketidaknyamanan, khususnya untuk orang tua, dan berpotensi menimbulkan gangguan fisik. Oleh karena itu, sebelum berangkat sebaiknya konsultasi ke dokter agar Anda mendapat obat-obatan tertentu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Pilih waktu keberangkatan tepat

Saat berangkat mudik, disarankan untuk memilih waktu berangkat pada malam hari ataupun setelah subuh. Pada kedua waktu ini, setidaknya penumpang, khususnya orang tua bisa beristirahat sepanjang perjalanan.

3. Bawa tisu pembersih

Menjaga kebersihan sepanjang perjalanan adalah utama agar tetap sehat selama mudik. Pastikan di tas tersedia cukup tisu pembersih, terutama ketika Anda akan makan atau setelah selesai dari toilet umum yang tidak memiliki sumber air cukup.

4. Berhenti dan istirahat secara berkala

Kondisi fisik orang tua tentu berbeda jauh dengan kondisi Anda yang masih berada di usia produktif. Agar orang tua tidak terlalu lelah di perjalanan, pastikan Anda beristirahat di rest area secara berkala agar bisa tidur. Saat singgah di rest area, usahakan juga untuk melakukan sedikit aktivitas fisik.

5. Konsumsi air dengan cukup

Pastikan selama perjalanan mudik, Anda dan seluruh penumpang, khususnya orang tua mengonsumsi air dengan cukup. Cairan yang dianjurkan adalah air putih, bukan teh atau kopi yang mengandung kafein.

6. Pastikan mobil dalam kondisi prima

Menempuh perjalanan jauh bersama orang tua artinya Anda harus benar-benar memastikan mobil yang dibawa dalam kondisi yang benar-benar prima. Masukkan mobil ke bengkel resmi sebelum berangkat mudik untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

Setelah memastikan kondisi mobil dalam keadaan terbaik, yang juga tidak kalah penting adalah memberikan perlindungan tambahan pada mobil Anda dengan Asuransi Garda Oto. Selain memberikan perlindungan akibat kecelakaan, Garda Oto juga menyediakan kemudahan untuk melakukan klaim hingga jaminan suku cadang asli dan bengkel resmi untuk perbaikan. Bahkan, untuk membeli produk asuransi ini, Anda tidak perlu lagi menyambangi kantor pemasaran.

Tidak hanya sampai di situ, fitur Near Me yang terdapat pada Otocare juga dapat membantu Anda mencari lokasi fasilitas-fasilitas umum dan vital, seperti lokasi rumah sakit, pom bensin terdekat. Dengan segala fitur dan fasilitas yang ditawarkan, #TauGitu tidak perlu pikir panjang untuk melindungi mobil Anda dengan Garda Oto.

Untuk menikmati fasilitas tersebut pun cukup mudah, tinggal akses Garda Oto Digital dan unduh aplikasi Garda Mobile Autocare untuk dapat merasakan manfaat dan kemudahan yang diberikan.

Jangan pertaruhkan kenyamanan dan keselamatan keluarga Anda. Pastikan mobil prima dan perbekalan cukup tersedia selama perjalanan. Selamat mudik.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR