Komunitas Toyota bantu Sahabat Anak mendidik anak jalanan

Penyerahan donasi kepada Yayasan Sahabat Anak oleh komunitas Toyota Owners Community, Rabu (9/8/2017).
Penyerahan donasi kepada Yayasan Sahabat Anak oleh komunitas Toyota Owners Community, Rabu (9/8/2017). | Mustafa Iman /Beritagar.id

Membangun komunitas bermotor, jika dilandasi niat baik, bisa menghasilkan berbagai keuntungan. Selain menjalin komunikasi dengan rekan-rekan yang memiliki minat sama, pun bisa menyelenggarakan kegiatan yang memberi manfaat kepada masyarakat sekitar.

Itulah yang coba dilakukan oleh para anggota Toyota Owner Club (TOC). Mereka bersepakat untuk ikut membantu perkembangan dunia pendidikan di Indonesia dan diwujudkan pada ajang kumpul tahunan Toyota Regional Community Gathering 2017 di Serpong, Tangerang, Rabu (9/8/2017).

Sekitar 100 anggota TOC dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul untuk bersilaturahmi dan bekerja sama memberikan donasi kepada Sahabat Anak, sekaligus memperingati Hari Anak Nasional yang dirayakan bulan lalu, tepatnya 22 Juli.

Sahabat Anak adalah adalah yayasan nirlaba yang memberikan pendidikan serta memperjuangkan hal-hak anak-anak marjinal dan anak jalanan di Jakarta supaya mereka tidak terus hidup di jalan dan memiliki masa depan.

Yayasan yang mulai terbentuk sejak 1997 ini terkenal dengan acara Jambore Sahabat Anak yang kerap mereka lakukan untuk memberi pelatihan kepada para bocah jalanan, sekaligus mempertemukan mereka dengan orang-orang yang peduli terhadap nasib mereka.

M. Fahrin Chariz, Ketua Umum ACT (Avanza Club Tegal), mewakili komunitas regional menjelaskan bahwa kegiatan TOC dengan melibatkan Yayasan Sahabat Anak merupakan upaya komunitas untuk mendukung pengembangan talenta-talenta yang dimiliki oleh anak-anak jalanan.

"Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kami dalam memajukan perkembangan anak-anak Indonesia melalui anak-anak jalanan yang memiliki keinginan untuk maju dan bermanfaat bagi bangsa dan negara," jelas Fahrin.

TOC tidak mengumumkan berapa uang yang mereka donasikan untuk membantu kegiatan Sahabat Anak.

Frisca Hutagalung, pengurus Sahabat Anak, berterima kasih terhadap kepedulian komunitas Toyota ini terhadap nasib anak jalanan.

"Kami senang ada yang peduli dengan masa depan anak-anak jalanan. Ini dapat membantu kami untuk terus memberikan pendidikan dan layanan kepada anak-anak didik kami. Kami bisa membuat kegiatan lebih banyak dan bermanfaat serta dapat membeli buku-buku tambahan yang sekira dibutuhkan," terang Frisca kepada Beritagar.id.

Berawal dari laman toyotaownerclub.com, TOC didirikan pada 2006 untuk menjadi ajang kumpulnya para pengguna mobil jenama Jepang itu di Indonesia. Komunitas ini menerima anggota dari beragam perkumpulan penggemar dan pengguna mobil Toyota di seluruh Indonesia.

Sebagai salah satu komunitas terbesar yang tersebar luas di seluruh Indonesia, hingga saat ini TOC memiliki lebih dari 28.000 anggota yang menggunakan beragam jenis mobil Toyota, semisal Avanza, Xenia, Fortuner, Kijang, Yaris, Agya, Alya, Calya, Sigra, dan Sienta.

Pada Rabu malam itu, selain donasi pada Sahabat Anak, berbagai acara lain juga dilangsungkan. Suasana acara di Hotel Mercure Gading Serpong itu terasa meriah, menyenangkan, dan rasa kekeluargaan antar-anggota tampak nyata.

"Lewat kegiatan ini, kita dapat saling mengakrabkan diri dan berbagi cerita tentang kegiatan positif komunitas yang sudah diselenggarakan di daerah masing-masing," kata Fahrin.

Selain menjadi ajang guyub, kumpul tahunan TOC selalu berupaya memberikan manfaat sosial bagi masyarakat.
Selain menjadi ajang guyub, kumpul tahunan TOC selalu berupaya memberikan manfaat sosial bagi masyarakat. | Mustafa Iman /Beritagar.id

Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) yang hadir dalam acara tersebut, menyatakan Toyota merasa bangga karena ada komunitas yang bisa menyatukan keragaman anggota dari berbagai daerah, serta menjalankan kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Sesuai dengan semangat Let's Go Beyond, komunitas merupakan salah satu bagian penting Toyota. Kemajuan Toyota tidak lepas dari peran para komunitas yang selalu mendukung segala aktivitas Toyota," terangnya.

Para anggota Toyota Regional Community Gathering 2017 yang hadir juga diundang TAM untuk ikut memeriahkan gerai Toyota pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang berlangsung sejak Kamis (10/8) di ICE BSD, Tangerang.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR