Konsep desain Honda CBR 250RR muncul ke permukaan

Honda CBR series dalam sebuah pameran otomotif.
Honda CBR series dalam sebuah pameran otomotif. | Sebastiao Moreira / EPA

Honda akan tampil habis-habisan pada ajang Tokyo Motor Show 2015, yang berlangsung 28 Oktober-8 November. Raksasa otomotif Jepang ini dalam situs resminya, Rabu (30/9/2015), telah merilis produk apa saja yang akan mereka tampilkan, termasuk yang paling menarik perhatian para biker, Honda Light Weight Super Sports Concept (LWSSC), yang desainnya sangat agresif.

Dalam siaran persnya itu Honda menyatakan bahwa motor konsep tersebut akan menjadi dasar dari generasi motor sport mereka di masa datang. Namun mereka belum merilis spesifikasi dan detail lainnya soal motor ini.

Laman otomotif lokal Dapurpacu.com, Kamis (1/10/2015), menyatakan bahwa sosok CBR 250RR silinder ganda, motor yang digadang akan menggantikan CBR 250R versi 2014 dan telah ramai dibicarakan di Tanah Air, akan mengacu pada desain LWSSC.

Sumber Dapurpacu.com (1/10/2015) bahkan mengungkapkan kalau CBR 250RR nantinya bakal diproduksi di Indonesia dan mulai dijual tahun depan. Jika benar maka pertarungan merebut perhatian biker di kelas motor sport seperempat liter dua silinder akan semakin seru mengingat sudah ada Kawasaki Ninja 250, Yamaha R25, dan produk Honda lainnya, CBR 250CC.

Blogger otomotif lokal Kobayogas.com yang aktif mengamati rumor kemunculan CBR 250RR sejak awal pun terkejut dengan keberanian Honda mendesain motor secara agresif ini. Desain yang menurutnya lebih mirip dengan produk Kawasaki Ninja.

"Harapannya motor ini akan hadir di ajang Tokyo Motor Show 2015 nanti. Kalau benar ini Honda loh yah, soalnya agak-agak gak percaya kalau Honda dapat mendesain sportnya dengan desain seagresif ini," tulis blogger asal Bekasi ini.

Berdasarkan gambar yang beredar itu, Kobayogas mencoba memperkirakan fitur unggulan apa saja yang akan disematkan pada motor yang menurut sumber Metrotvnews.com akan dijual dengan harga sekitar Rp60 juta tersebut.

Ia melihat adanya engine cut off yang biasanya akan didampingi oleh passing beam. Sasis motor, menurut Kobayogas, terlihat lebih kokoh dengan double tubular frame seperti yang tersemat pada Kawasaki ER6, lengkap dengan suspensi depan Up-Side Down (USD) buatan Showa, dan, yang terpenting, mesin silender ganda segaris (in-line).

Walau demikian, Kobayogas sepertinya masih skeptis bahwa Honda akan menerapkan sepenuhnya desain LWSSC pada versi produksi CBR 250RR nantinya.

"Apakah Honda akan mempertahankan desain konsep ini terhadap mass production CBR 250RR 2 silinder nantinya? Atau desain ini hanya sekedar gimmick keperluan show off semata? Semoga tidak," tulis Kobayogas.

Honda CBR250RR Concept /Taufik TMCBlog
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR