Kuota Forza 250 nyaris penuh, pemesan C125 membeludak

Honda Forza 250 dan C125 saat diperkenalkan di ajang GIIAS 2018, Kamis (2/8/2018).
Honda Forza 250 dan C125 saat diperkenalkan di ajang GIIAS 2018, Kamis (2/8/2018). | Mustafa Iman /Beritagar.id

Jenama Astra Honda Motor (AHM) selaku APM motor Honda di Indonesia mengaku bahwa telah berhasil menjual 1.000 unit motor sepanjang gelaran GIIAS 2018 yang berlangsung selama 11 hari pameran.

Model yang terlaris adalah skutik premium terbaru, Forza 250, yang diluncurkan pada hari pertama pameran tersebut, Kamis (2/8/2018). Motor yang diimpor utuh (CBU) dari Thailand yang memiliki harga cukup mahal, yakni Rp70 Juta, ini laku 321 unit sepanjang pameran.

Hal ini menegaskan bahwa keyakinan AHM atas riset model Forza 250 pun terbayar.

Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman, saat peluncuran model pernah mengatakan bahwa melalui riset tersebut pihaknya mendapati bertambahnya peminat skutik kelas premium di Indonesia.

Kumparan (13/8) mengabarkan bahwa pada lima hari pertama GIIAS 2018 digelar, pihak AHM sudah mendapat pemesanan 131 unit Forza 250. Artinya, pada enam hari berikutnya, pesanan bertambah 190 unit.

Sementara berdasarkan keterangan Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya, kepada Viva.co.id (16/8), secara umum kuota impor perdana Forza 250 hampir tercapai.

Total, kata Thomas, pemesan Forza 250 baik di pameran GIIAS 2018 maupun melalui Wing dealer, jumlahnya sudah mencapai 400 unit dari kuota yang ditetapkan 500 unit.

Honda Forza 250 mengusung mesin dengan konfigurasi SOHC dengan sistem pengkabutan injeksi (PGM FI) yang dilengkapi dengan pendingin udara. Tenaga mesinnya mencapai 23,7 hp pada 7.500 rpm dan torsi 24 Nm pada 6.250 rpm.

Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur AHM, mengatakan bahwa kemewahan desain, sematan fitur mutakhir, dan performa tinggi cukup menjadi daya tarik utama Forza 250.

Jika dibandingkan dengan pesaingnya, Yamaha XMax 250, tentunya Forza 250 memiliki beberapa kelebihan.

Setidaknya ada tiga fitur andal pada motor ini, yakni Honda Selectable Torque Control (HSTC) sebagai pengontrol traksi sepeda motor. Kemudian, ada digital panelmeter sebagai sumber informasi pengendara yang umumnya ditemui pada varian motor besar Honda. Terakhir, tersedia juga fitur electrical adjustable windscreen sebagai pengatur ketinggian pembelah angin (windshield) yang merupakan fitur paling modern di kelasnya.

Selain itu, motor ini pun telah dilengkapi fitur Honda Smart Key sehingga untuk menghidupkan motor tak perlu menggunakan anak kunci.

Pada sektor penerangan, semuanya telah mengadopsi lampu jenis LED sehingga tersedia slot pengisi gawai 12 volt pada kompartemen depan.

Kuota impor C125 ditambah

Sementara model lain yang tak kalah laris manis adalah motor bebek termahal di Indonesia saat ini, Super Cub C125.

Jumlah pemesannya saat pameran--GIIAS--pun terbilang bagus untuk ukuran motor bebek berharga Rp55 juta..

AHM mengaku sudah mendapatkan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) sebanyak 174 unit, padahal kuota yang tersedia untuk pengiriman pertama motor itu hanya 40 unit.

Sebelumnya, ketika jumlah pemesanan C125 mencapai 89 unit, Thomas Wijaya, dikutip Kumparan, berjanji akan menambah kuota motor yang diimpor langsung dari Jepang tersebut.

Motor bebek berbanderol Rp55 juta ini merupakan hasil restorasi dari model klasik Cub yang model pertamanya diperkenalkan pada Agustus 1968 di Tokyo, Jepang.

Versi modern dilengkapi dengan fitur terkini. Mulai dari lampu berbasis LED, Honda Smart Key, panel spidometer digital, dan pelek yang mengusung model palang (cast wheel).

General Manager Sales Division AHM, Ignatius Didi Kwok, senang karena keyakinan AHM untuk menjual motor-motor di segmen khusus itu ternyata mendapat respons baik.

"Terima kasih atas animo tinggi masyarakat terhadap jajaran motor Honda, terutama pada model-model yang baru kami luncurkan seperti Honda Forza dan Honda Super Cub 125. Kami akan segera mengirimkan beragamnya pilihan motor Honda yang telah terjual ini ke rumah konsumen,” kata Didi dalam Motoris.id (15/8).

Konsumen yang telah memesan kedua motor ini dikabarkan akan mendapatkan unit kira-kira pada Oktober 2018.

Catatan redaksi: berita diterbitkan kembali dengan beberapa perbaikan.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR